• Home
  • News
  • Anggota DPD RI Jemput 5 Nelayan Warga Langkat Pasca Ditahan di Malaysia
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 08 November 2018 16:48:00

Anggota DPD RI Jemput 5 Nelayan Warga Langkat Pasca Ditahan di Malaysia

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Anggota DPD RI Parlindungan Purba SH MM bersama para nelayan dan keluarga saat berada di KNIA
Medan (Pelita Batak):
Anggota DPD RI asal Sumut Parlindungan Purba SH MM menjemput 5 nelayan asal Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat yang tiba di Kualanmu Internasional Airport (KNIA), Deliserdang, Sumut, Kamis (8/11/2018). Kelima nelayan ditahan Malaysia saat melaut mecari ikan dan didapati melewati lintas batas laut wilayah Malaysia pada 15 Maret 2018 yang lalu.

Setelah sebelumnya mengunjungi keluarga para nelayan yang ada di TPI Pangkalan Brandan, 1 November 2018 yang lalu, Parlindungan Purba mendapat informasi bahwa ada nelayan yang sudah bebas dari tahanan namun belum dipulangkan ke Indonesia. Untuk itulah, saat itu Ketua Komite II DPD RI ini langsung berkomunikasi dengan Konjen Indonesia untuk Malaysia dan Kementerian Kelautan dan Perikanan, supaya lima nelayan Indonesia diantaranya Ismail Bin Yusof,  Nazri Bin Riduan , Armansyah Bin Musahirin, Juriansyah Bin Sapirudin, dan Imam Sapii Bin Rusli. Kelimanya terbang dari Malaysia dan tiba di KNIA, Kamis 12:10 WIB.



"Kita sengaja menyambut para nelayan yang telah sekian lama tidak bertemu dengan kelaurganya. Mereka ini adalah pejuang-pejuang ekonomi bangsa lewat susah payahnya memenuhi kebutuhan keluarganya dengan melaut," kata Parlindungan.

Parlindungan juga dengan tegas menyampaikan selamat datang kembali di tanah air untuk lima nelayan tersebut. "Kita sangat terbeban kemarin, saat bertemu dengan keluarga mereka di Pangkalan Brandan, ada naak-anak masih kecil harus ditinggal ayahnya, orangtua dan seluruh anggota keluarga," ujarnya.

Kedepan, kata Parlindungan, pemerintah baik pemerintah daerah maupun isntansi terkait agar memperhatikan hal ini. Bagaimana ke depan, ada batas yang jelas di lautan dan nelayan bisa menagkses garis tapal batas. Sehingga tidak lagi terjadi penagkapan-penangkapan karena diduga melewati tapal batas.

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Nelayan juga harus memahami bagaimana prosedur dan aturan di laut lepas," katanya.

Proses pemulangan para nelayan tidak terlepas dari peran serta Menteri Kelautan dan Perikanan Menstri Susi Pujiastuti yang diwakili Pratiwi, Menteri Luar Negeri  Retno Lestari Priansari Marsudi, Konjen RI di Penang, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili Dinas Kelautan, Bupati Langkat diwakili Dinas Perikanan, dan Imigrasi KNIA.

"Terimakasih untuk seluruh pihak yang turut memberi perhatian dan upaya untuk memulangkan nelayan yang merupakan warga Sumut," ujar Parlindungan.(TAP)

  BeritaTerkait
  • Parlindungan Purba Temui Keluarga Nelayan yang Masih Ditahan di Malaysia

    3 minggu lalu

    Langkat (Pelita Batak):Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba SH MM didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat, Subianto, mengunjungi para keluarga nelayan di TPI Pangkalan Br

  • JTP, Memang"GILA"

    7 bulan lalu

    Oleh: JJ. Tobing, SEPada saat acara "Syukuran & borhat borhat" di Desa Simatupang, Muara, beberapa waktu yang lalu;  Ibu Neny Purba atau Nyonya JTP didaulat memberi kata sambutan, dimana seba

  • Urgensi Partisipasi elemen Organisasi Sosial dan Politik dalam Demokrasi

    5 bulan lalu

    A. PendahuluanManusia hidup dengan membangun peradaban dunia agar ia mampu mempertahankan kehidupannya di muka Bumi ini. Cara mempertahankan manusia tersebut berbeda-beda tergantung tingkat pemahaman

  • Langkat Miliki 76 Tenaga Kerja Asing, Berpotensi Hasilkan PAD Rp 1,2 Miliar Per Tahun

    2 tahun lalu

    Langkat (Pelita Batak): Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu   mengatakan jumlah Tenaga Kerja Asing yang bekerja  di Kabupaten Langkat sebanyak 76 orang. Potensi  Pendapatan asl

  • Bupati Taput Kunker Selama 2 Hari ke Kecamatan Garoga.

    tahun lalu

    Garoga (Pelita Batak) :Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si Kunjungan Kerja selama 2 hari (23-24 Juni) ke Kecamatan Garoga didampingi beberapa Anggota DPRD Taput Sahat Sibarani, Poltak Pakp

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb