• Home
  • News
  • Anak Rantau Minta Bupati Taput Bangun Jalan Akses Hutajulu-Sampinur
Senin, 19 September 2016 13:31:00

Anak Rantau Minta Bupati Taput Bangun Jalan Akses Hutajulu-Sampinur

BAGIKAN:
hariansib
Kondisi jalan dari Parmonangan menuju Hutajulu pada Februari 2016 yang lalu

Medan (Pelita Batak) :
Desa Hutajulu yang berada di Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumut, merupakan daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar. Sektor pertanian menjadi andalan masyarakat setempat.

Seperti buah-buahan musiman, andaliman, kemenyaan, dan yang lainnya diproduksi dearah ini. Sayangnya, akses transportasi masih sangat terbatas. Produk pertanian warga kerap tidak memiliki nilai secara ekonomis karena kendala transportasi.

"Mestinya ini menjadi perhatian dari pemerintah, khususnya pemerintah Tapanuli Utara yang kini dipimpin Bapak Nikson Nababan, karena upaya masyarakat untuk bangkit secara ekonomi akan mustahil berhasil tanpa akses transportasi yang memadai," ujar Tagor Hutasoit salah satu anak rantau dari Hutajulu, Senin (19/9/2016).

Menurutnya, akses jalan beraspal dari Silangkitang-Aek Raja-Ranggitgit-Sisoding-Parmonangan-Hutajulu memang sudah bisa dilalui oleh kendaraan dengan baik. Namun jarak yang harus ditempuh cukup panjang. Sementara, ada akses jalan yang bisa dilalui dengan jarak tempuh yang lebih pendek. "Dari Hutajulu ke Sampinur ada sejak dahulu, memang masih jalan setapak selama ini. jalan itu sudah ada, tinggal diperlebar oleh Pemkab saja," katanya.

Jika akses tersebut dibangun, maka masyarakat akan memiliki alternatif akses jalan untuk mendistribusikan hasil pertaniannya. Jauh lebih dekat menuju pusat kota, Tarutung.

Memotong ongkos distribusi, menurut Tagor, akan jauh lebih bermanfaat bagi para petani. Apalagi saat musim buah-buahan tiba, seperti durian, dan yang lainnya yang dihasilkan dari desa-desa tetangga akan lebih mudah didistribusikan ke kota Tarutung.

Senada juga disampaikan oleh anak rantau lainnya, Hitler Manalu, bahwa pembukaan akses jalan itu dibutuhkan daerah tersebut. "Tentu, kita sangat berharap ada kebijakan yang bisa membangun daerah ini ke depannya," ujarnya.

Kemudian, dilanjutkannya, bahwa akhir-akhir ini pemerintah Kabupaten Taput juga terkenal dengan program pembangunan infrastruktur jalannya. Untuk itu, pihaknya berharap Bupati Nikson Nababan akan memperhatikannya.

Selain itu, akses dari Sidondamon yang tembus ke Sigarap, berbatasan dengan Tapteng juga agar terus dikerjakan. Sebab, diketahui kawasan Tumus, Hajoran, Dano, Simarsalaon dan sekitarnya merupakan daerah penghasil tanaman perkebunan seperti karet dan coklat. Jika akses ini tidak dibangun, maka hasil bumi dari sebagian besar wilayah kecamatan Parmonangan ini akan didistribusikan ke Tapteng.

"Kita sangat berterimakasih, jika Bupati Nikson mengatakan alat berat terus dipekerjakan di lintasan tersebut. Semoga saja akan membuahkan hasil," kata Adol Frian Rumaijuk anak rantau lainnya.

(TAp)

  BeritaTerkait
  • DPRD Sumut akan Panggil Bupati JR Saragih

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan memanggil Bupati Jopinus Ramli (JR) Saragih maupun Kepala Dinas Pendidikan Resman Saragih untuk m

  • Musrenbang Kepulauan Nias, Bersama Kita Bangun Daerah Tertinggal

    9 bulan lalu

    Gunugsitoli (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menegaskan bahwa saat ini pemerintah sangat konsen untuk meningkatkan pembangunan pada daerah tertinggal. &quo

  • Guru Honor ke DPRD Sumut 'Minta Tolong' Tagih Janji Bupati JR Saragih

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Ratusan massa gabungan dari guru honorer dan aktivis mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Utara (Sumut), Jalan Imam Bonjol Medan, Rabu (26/4/201

  • Menko Maritim Minta Percepat Proyek Otorita Danau Toba

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan meminta berbagai pihak untuk mempercepat implementasi proyek Badan Otorita Danau Toba di kawasan Sibisa. Diharapkan dalam tahun ini, masalah

  • Toba Cross Run Sipinsur Meriah

    2 bulan lalu

    Humbang Hasundutan (Pelita Batak):Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) Luhut Binsar Panjaitan bersama Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menghadiri even Toba Cross Ru

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online