• Home
  • News
  • Akhyar Nasution Buka Festival Barzanji XVI DPD AMPI Medan
Kamis, 29 Desember 2016 06:38:00

Akhyar Nasution Buka Festival Barzanji XVI DPD AMPI Medan

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi membuka Festival Barzanji Marhaban XVI di halaman Masjid Raya Al Mahsun Medan, Rabu (28/12/2016). Selain untuk melestarikan dan mengenalkan lebih jauh barzanji marhaban di tengah masyarakat, festival yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPI Kota Medan ini diharapkan semakin menguatkan keimanan serta menambah rasa toleransi dan kerukunan hidup antar umat beragama di Kota Medan.

Akhyar menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya festival barzanzi marhaban tersebut. Mantan anggota DPRD Medan itu pun berharap agar kegiatan positif seperti ini, semakin ditingkatkan lagi pada masa mendatang, guna lebih memantapkan keimanan warga dalam rangka menjadikan Medan Rumah Kita.

Diungkapkan Akhyar, barzanji merupakan suatu doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad SAW yang biasa dilantunkan dengan nada dan irama barzanji. Sedangkan barzanji itu itu diambil dari nama pengarangnya yang termasyur, seorang sufi bernama Syaikh Ja’far Bin Husin Bin Abdul Karim Bin Muhammad Al-Barzanji.

Selain dipandang sebagai seorang mufti, Akhyar mengatakan Barzanji juga menjadi khatib di Masjid Nabawi dan mengajar di dalam masjid yang mulia tersebut. Di samping itu tambahnya lagi, Barzanji jugatidak hanya dikenal dengan ilmu, ahlak dan takwanya, tapi juga dengan karomah maupun doa-doanya.

Oleh karenanya Akhyar ingin festival yang digelar rutin setiap tahunnya ini, dapat terus berkembang dan menjadi salah satu sarana pembinaan mental spiritual generasi muda lewat pendekatan seni budaya. Dengan demikian mampu memberikan pengaruh positif dalam mendorong umat, terutama generasi muda menjadi kader-kader bangsa yang memiliki ketahanan mental dan kekuatan spiritual yang lebih tangguh.

Selain itu papar Eldin, festival ini dapat memotivasi warga Kota Medan, khususnya kaum ibu pengajian maupun generasi muda yang ingin merefleksikan diri dalam mensuarakan senandung irama barzanji marhaban yang bernuansa Islami. “Yang lebih penting lagi, even ini dapat dijadikan sebagai ajang sialturahmi sehingga tidak ada jarak antara pemerintah dengan masyarakat. Dengan begitu, insya Allah masyarakat akan mendukung seluruh program Pemko Medan,” ungkapnya.

Selanjutnya Akhyar tak lupa mengucapkan terima aksih kepada DPD AMPI Kota Medan yang telah menggelar festival ini. Selain sebagai wadah pembinaan generasi muda dengan berbagai kegiatan yang dilakukan,  Akhyar juga melihat AMPI peduli dengan syiar Islam sehingga menjadikan festival barzanji marhaban ini sebagai kegiatan rutin setiap tahunnya.

Sebelumnya Ketua DPD AMPI Kota Medan, Mulia Asri Rambe SH dalam sambutannya mengatakan, festival barzanji marhaban ini mereka persiapkan dalam wakktu relatif singkat. Begitu terpilih menjadi Ketua DPD AMPI Kota Medan, dia bersama seluruh pengurus langsung mempersiapkan digelarnya festival barzanji marhaban.

"Dipotong hari libur, praktis cuma tiga hari waktu kami yang efektif untuk mempersipkan digelarnya festival barzanji marhaban pasca terpilihnya kami  sebagai Ketua DPD AMPI Kota Medan. Untuk itu kami bekerja siang dan malam, sebab festival ini merupakan agenda rutin DPD AMPI Kota Medan. Festival yang kita gelar ini merupakan yang ke-16 kalinya, artinya sudah 16 tahun digelar. Alhamdulillah kita berhasil menggelarnya,” jelas Arsri.

Dikatakan Mulia, tujuan inti  digelarnya festival ini untuk syiar Islam sekaligus menjadi sarana untuk melesatrikan barzanji marhaban di tengah masyarakat. Tidak hanya kegiatan keislaman, pria yang akrab disapa Bayek itu menegaskan, DPD AMPI Kota Medan juga selalu melaksanakan kegiatan keagamaan yang lainnya, sebab AMPI bersifat nasional.

Kemudian Bayek berpesan kepada dewan juri  agar benar-benar melakukan penilaian secara objektif, sehingga peserta terbaiklah yang keluar sebagai pemenang. Ditegaskannya, AMPI tidak akan melakukan intervensi sedikit pun maupun memberikan rekomendasi kepada dewan juri. “Jadi berikanlah penilaian yang  adil, jujur dan benar-benar objektif,” harapnya.

Pembukaan festival barzanji marhaban ini turut dihadiri Sekretaris DPD AMPI Sumut, H.M Harris Lubias SE, Kadispora Kota Medan, Drs Abd. Azis, Kompol Suharno SH MH mewakili Kapolrestabes Medan, Wakil Ketua DPD Golkar Kota Medan, H Amen Ginting, tokoh agama, tokoh masyarakat, alim-ulama, peserta barzanji serta seluruh keluarga besar DPD AMPI Kota Medan. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Gubernur Sumut Buka Festival Nasyid XX

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi membuka secara resmi Festival Nasyid XX tingkat Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Kamis (1/12/2016) malam, ditandai dengan menabuh rebana (gendang nasyid). Kota Medan selaku tuan

  • Ajak Buka Puasa Bersama, Ini Harapan Wali Kota untuk OKP Ormas dan Wartawan

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh elemen masyarakat, khususnya pengurus Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP), Organisasi Masyarakat (Ormas) dan W

  • Akhyar Nasution Buka Festival Nasyid/Seni Qasidah Tingkat Kota Medan

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wakil Walikota Medan, Ir.H.Akhyar Nasution MSi secara resmi membuka festival nasyid/seni qasidah tingkat Kota Medan tahun 2017, di Lap. Bola Rengas Pulau, Kec.Medan Marelan,Senin

  • Kopi Sidikalang Dipamerkan di MICF 2016

    2 tahun lalu

    Diungkapkan Akhyar, Indonesia merupakan negara terbesar ketiga penghasil kopi di dunia setelah Brazil dan Vietnam dengan produksi rata-rata sebesar 685 ribu ton per-tahun (8,9 %) Dari produksi kopi dunia. Saat ini ada 11 kopi Indonesia yang telah mempunya

  • Akhyar Buka Turnamen Sepak Bola Kiyam Paul Mas Cup 2016

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Kota Medan, hampir disetiap Kelurahan sesungguhnya banyak telah terjaring atlet-atlet berbakat melaaui turnamen yang telah diselenggarakan baik oleh masyarakat, ste

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet