• Home
  • News
  • Akhyar Nasution : Kelurahan Menjadi Satgas Anti Narkoba
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 15 September 2016 15:52:00

Akhyar Nasution : Kelurahan Menjadi Satgas Anti Narkoba

BAGIKAN:

Medan (Pelita Batak) :
Wakil Wali Kota Medan Ir Akhyar Nasution mewakili Wali Kota dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat di Balai Kota Medan, Kamis (15/9/2016) mengadakan pertemuan membicarakan masalah yang terjadi di Kota Medan, terutama menyangkut kantibmas, begal, paham radikal serta narkoba.

Dalam pertemuan tersebut, Kapolresta Medan Pol  Mardiaz Kusin Dwihananto memaparkan kondisi kantibmas yang terjadi di Kota  Medan saat ini.  Walaupun hanya memiliki jumlah 2.400 personel, Polresta Medan berupaya memberikan pelayanan keamanan terbaik kepada seluruh masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada amsyarakat saat ini, jelas Kapolresta, pihaknya telah membentuk Satgas Anti Begal (SAB). Satgas ini terdiri dari polisi berpakaian preman dan shabara. Mereka selanjutnya ditempatkan di 28 titik di jalan-jalan utama di Kota Medan. Mereka siap untuk melindungi para warga yang berpergian dengan mengendarai sepeda motor, terutama tengah malam.

"Bagi warga yang membutuhkan perlindungan saat berkenderaan pada malam hari, terutama tengah malam, mereka bisa minta kepada petugas SAB.  Sebab, mereka kita tempatkan di pos-pos lantas  yang ada di jalan-jalan utama Kota Medan,” kata Kapolresta.

Kemudian Kapolresta memaparkan, berdasarkan hasi pengungkapan selama ini, hampir 90 persen pelaku begal merupakan remaja yang berusia antara 19 sampai 19 tahun. Usai melakukan begal, hasilnya dibagi rata dan dipergunakan membeli narkoba. “Tidak satupun pelaku yang mengaku uang hasil begal digunakan untuk biaya kehidupan,” jelasnya

Oleh karenanya itulah bilang Mardiaz, pihaknya terus membatasi ruang peredaran narkoba, termasuk 38 lokasi yang dijadikan tempat peredaran narkoba dengan terus melakukan razia. Di samping itu Kapolresta mensinyalir warnet-warnet yang beroperasi sampai tengah malam dan pagi hari dijadikan tempat tongkrongan para begal sebelum beraksi.

Selanjutnya dalam pertemuan ini, Kapolresta juga  mengajak FKUB, Kementrian Agama Kota Medan, tokoh agama untuk mendeteksi pengajian-pengajian yang ada di Kota Medan. Hal ini dilakukan dalam rangka menghempang paham radikalisme. Pasalnya berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap pelaku aksi teror di salah satu gereja di Kota Medan belum lama ini,  mengaku pernah mengikuti salah satu pengajian di Jalan Setia Budi.

Pertemuan ini diisi dengan tanya jawab. Selain memberikan usulan, para peserta juga menyampaikan langkah-langkah yang telah diambil dalam rangka menekan peredaran narkoba seperti yang dilakukan Kecamatan Medan Johor bekerjsama dengan Polsek dan Koramil setempat. Selain ingin membuka poskor bersama di sekitar kanal, serta membangkar lapak peredaran narkoba di pinggiran sungai.

Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi segera menindaklanjuti semua masukan-masukan yang tertuang dalam pertemuan sesuai dengan kewenangan yang dimiliki Pemko Medan. Khusus untuk warnet, Akhyar minta agar Dinas Kominfo Kota Medan segera melakukan razia warnet yang tidak memiliki izin dan melanggar waktu operasional.

Di samping itu akan memantau lokasi penjualan onderdil bekas di sejumlah lokasi di Kota Medan. Sebab, ditengarai sepeda motor hasil pembegalan selanjut ‘dicincang’ dan  dijual kepada para pedagang onderdil bekas tersebut.

"Terkait peredaran narkoba, kita minta kelurahan-kelurahan menjadi satgas anti narkoba dimana unsur intinya terdiri dari lurah, babinsa dan babin kanitbmas serta tokoh agama dan tokoh masyarakat sehingga ada sentral penanganan narkoba  di tingkat kelurahan,” ujar Wakil Wali Kota. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Ciptakan Kondisi Aman, Akhyar Nasution Hadiri Pertemuan FKPD dan OKP Kota Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi menghadiri pertemuan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan dan Organisasi Kepemudaan (OKP). Pertemuan yang diadakan di aula utama Polresta Medan, Jumat (23/9/2016) ini dalam

  • Eldin Tindak Camat dan Lurah, Ini Alasannya...

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengeluarkan 6 instruksi yang harus dilakukan seluruh camat dan lurah secepatnya. Inti instruksi ini untuk menekankan kepada para camat dan lurah supaya peka terhadap kondisi wilayah tugas

  • Kompol Daniel Marunduri : Masyarakat Jadi Pelopor Keamanan

    2 tahun lalu

    Petugas Polsek Sunggal menggelar dialog dan penyuluhan dengan warga di Kelurahan Sei Sikambing B Kecamatan Medan Sunggal, Jumat (12/8/2016).

  • AKBP Mahedi Surianda Harapkan Media 'Sejukkan' Medan

    2 tahun lalu

    Waka Polresta Medan AKBP Mahedi Surianda,SH,SIK menyampaikan harapannya agar konusifitas di ibu kota Provinsi Sumut ini semakin meningkat dibutuhkan peran media. Pemberitaan yang 'menyejukkan'

  • Akhyar Buka Turnamen Sepak Bola Kiyam Paul Mas Cup 2016

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Sepak bola merupakan olahraga yang sangat digemari oleh masyarakat Kota Medan, hampir disetiap Kelurahan sesungguhnya banyak telah terjaring atlet-atlet berbakat melaaui turnamen yang telah diselenggarakan baik oleh masyarakat, ste

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb