• Home
  • News
  • Ada Jalan Longsor, Hati-hati Melintas di Jalan Parlilitan- Pearaja Humbahas
Selasa, 19 September 2017 16:41:00

Ada Jalan Longsor, Hati-hati Melintas di Jalan Parlilitan- Pearaja Humbahas

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Jalan longsor di Humbahas
Parlilitan(Pelita Batak): Akibat curah hujan deras yang melanda Parlilitan dua pekan terakhir ini. Bukan hanya menyebabkan sejumlah aktifitas warga terganggu tetapi  juga mengakibatkan jalan Parlilitan menuju Pearaja (Sibulbulon)  longsor  tepatnya di dusun Sikualkual II, Desa Sionom Hudon Selatan, Kecamatan Parlilitan.

Karena itu, dihimbau kepada pengendara atau pengguna jalan yang hendak melintas agar lebih waspada.

Hingga berita ini diterbitkan terlihat jalan  longsor sepanjang lebih kurang 5 meter dengan kedalaman 15 meter. Selain bahu jalan, sekitar 30 cm badan jalan  juga ikut terbawa longsor menyebabkan jalan mengalami penyempitan yang signifikan dan dikhawatirkan berpotensi menimbulkan kecelakaan terutama saat kendaraan berpapasan atau bagi pengendara yang belum pernah melintas di jalur tersebut.

Hingga kini belum ada tanda/rambu yang dipasang oleh pihak dinas perhubungan daerah setempat sebagai warning bagi pengguna jalan.

Binsar Malau, warga setempat  menyebutkan, kejadian itu terjadi mulai Kamis 7 September 2017 saat hujan deras mengguyur dusunnya. Saat itu dia bersama 3 orang rekannya sedang mengerjakan sebuah peroyek (membangun gedung PAUD) yang hanya berjarak 40 meter dari tempat kejadian. 

"Saat itu kami sedang berteduh di tenda di lokasi tempat kami bekerja. Kami tidak mendengar suara adanya longsor meskipun hanya berjarak 50 meter karena hujan sangat deras, tetapi saat pulang, kami melihat kondisi jalan sudah seperti itu," sebutnya.

Binsar mengaku, posisi longsor berada di ujung sebuah tikungan sehingga pengendara hanya bisa mengetahui jalan sudah  menyempit  ketika  sangat dekat dengan lokasi longsor dimaksud. Sehingga, sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.  Padahal,  jalur tersebut selalu ramai  pada waktu-waktu tertentu terutama pada  jam berangkat dan pulang sekolah.

Warga berharap, pemerintah melalui dinas terkait agar memperhatikan serta secepat mungkin memperbaiki  jalan tersebut untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta kelancaran lalu lintas. "Minimal diberi tanda atau rambu peringatan," tukas warga lain menimpali.

Binsar menambahkan, penyebab lain longsor tersebut adalah diakibtkan karena saluran/ parit jalan sama sekali tidak berfungsi sehingga luapan air hujan melintas memotong badan jalan dan menggerus jalan serta menyebabkan jalan longsor.
"Seharusnya disana dibuatkan gorong-gorong agar tidak terjadi genangan. Apabila  tidak cepat ditangani,  hujan dapat menimbulkan longso yang lebih parah. Apalagi sekarang musim hujan bisa jadi jalan itu putus," ujarnya.

Sementara itu, terpisah Camat Parlilitan Eliapzan Sihotang, S.Sos mengaku telah meninjau lokasi kejadian tersebut serta  melaporkannya  kepada  Badan Penanggulangan Bencana Daerah. "Kita sudah mengetahuinya dan kami sudah turun ke lokasi serta langsung kita laporkan kepada badan penanggulangan bencana saat itu juga," kata Eliapzan.

Sekedar dijetahui, jalan dimaksud merupakan akses menuju salah satu wisata terkemuka di Humbanghasundutan yakni Markas besar Raja Sisingamangaraja XII dan wisata makam Raja Sisingamangaraja XII beserta Panglima Raja dan Putri Lopian yang berada di Desa Pearaja Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbamghasundutan.(AR)
  BeritaTerkait
  • Amblas Satu Meter, Waspada Lintasi Jalan Desa Parnapa-Sibuluan, Onan Ganjang Humbahas

    7 bulan lalu

    Humbahas(Pelita Batak): Kapolsek Onan Ganjang beserta anggota polsek meninjau jalan rusak amblas di jalan lintas perbatasan Desa Parnapa-Sibuluan. Keadaan jalan yang turun sejauh lebih kurang 1 met

  • Aek Sibundong in Harmony Peduli Korban Kebakaran di Humbahas

    11 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Sebagai tindak lanjut konser amal bertajuk "Aek Sibundong in Harmony" di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu 22 Oktober 2016. Panitia penyelenggara konser yakni Pars

  • Ada legenda Ular Menjadi Batu di Humbahas

    tahun lalu

    Terletak di Dusun Parduaduaan Desa Sihas Tonga Kecamatan Parlilitan. Desa ini merupakan batas Kecamatan Parlilitan dengan Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbanghasundutan.   Kalau kit

  • Dr Ronsen Pasaribu SH MM : Orang Batak Jangan Tergusur dari Tempat Leluhurnya

    tahun lalu

    Samosir (Pelita Batak) :Dalam rangka mendukung pembangunan industri pariwisata di kawasan Danau Toba dan sekitarnya, pihak Forum Bangso Batak Indonesia(FBBI) bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI (Kemenpar) mengadakan pelatihan kompetensi tenaga pe

  • PHR Medan Tampilkan Seni dan Tari 5 Etnis

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pertunjukan tari dan seni dari 5 etnis yang ada di Kota Medan mengisi panggung hiburan rakyat yang digelar Jalan Bukit Barisan Medan, Sabtu (19/11/2016) malam. Atraksi yang ditampilkan para penari maupun penyanyi dari kelima etnis ya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online