• Home
  • News
  • ASN Tanam Jagung di Humbahas, Kebijakan Bupati yang Rentan Penyalahgunaan Kekuasaan
Rabu, 14 Februari 2018 13:39:00

ASN Tanam Jagung di Humbahas, Kebijakan Bupati yang Rentan Penyalahgunaan Kekuasaan

BAGIKAN:
Ist|pelitabatak
Logo Kabupaten Humbahas
Medan (Pelita Batak) :
Tugas Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah untuk memberikan pelayanan publik lewat satuan kerja masing-masing. Sebagaimana diamanatkan UU No 5/2014 tentang Aparatus Sipil Negara. Dan Pemerintah Daerah seharusnyalah memberikan edukasi kepada masyarakat lewat program pemerintah yang dibiayai oleh keuangan daerah.

"Dengan menginstruksikan ASN untuk bertanam jagung di Kabupaten Humbahas oleh Bupati dengan Surat Edarat No520/332/DP/I/2018, rentan penyalahgunaan kekuasaan. Selain menyimpang dari ketentuan, kebijakan ini juga akan mengkerdilkan masyarakat petani di Humbahas," ujar tokoh masyarakat Humbahas, Dr Jon Patar Simamora kepada PelitaBatak, Rabu (14/2/2018).

Dr Jon Patar menyayangkan kebijakan Bupati Humbahas dengan mengeluarkan surat edaran tentang  Percepatan Pertanaman Jagung Bagi Aparatur SIpil Negara (ASN) di lingkungannya. Dimana dalam SE tersebut, mulai dari staf hingga pejabat eselon II diinstruksikan untuk menanam tanaman jagung dengan luas lahan sesuai eselon masing-masing. Kebijakan ini dinilai sangat tidak berdasar, ASN mestinya memberikan pelayanan public bukan malah melakukan apa yang semestinya dilakukan oleh masyarakat, khususnya petani dalam hal ini.
"Ini kebijakan yang tidak benar, dan merupakan instruksi yang salah alamat," ujar Dr Jon Patar dengan tegas.

Sisi lain dari kebijakan ini, masyarakat petani akan merasa diabaikan pemerintah. Semestinya pemerintah membina petani, kini malah membina ASN menjadi petani.

"Kalaupun ada agenda lain di balik program ini, mestinya bupati lebih cermat. Sehingga dalam hal ini, petani tidak akan dirugikan," ujarnya.

Selain masyarakat petani, ASN menurut Dr Jon Patar mestinya menolak kebijakan ini. Dengan alasan, bahwa tugas ASN adalah melakukan pelayanan public bukan pelaksana kegiatan masyarakat. "Petani juga harus menolak ini, karena akan rentan dimanfaatkan pejabat tertentu untuk kepentingan tertentu dan akan merugikan masyarakat. Peruntukan bantuan pertanian yang seharusnya kepada petani, kita khawatirkan disalah alamatkan," ujarnya.

"semestinya pemerintah mempersiapkan penyuluh pertanian untuk membimbing masyarakat petani, bukan 'mematikan' para petani," ujarnya.
Sebelumnya, beredar informasi tentang Surat Edaran Bupati Humbahas yang berisi tentang adanya instruksi bagi setiap ASN di lingkungannya melakukan pertanaman jagung. (Tap)

  BeritaTerkait
  • Tengku Erry Serahkan Bantuan Pertanian untuk Humbahas Rp12 Miliar Lebih

    10 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa

  • Tokoh Masyarakat Kumpul di Medan, Sampaikan Keprihatinan Atas Kondisi Humbahas

    9 bulan lalu

    Laporan Benny PasaribuMedan(Pelita Batak): Tokoh masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumut bertemu dalam acara sambung rasa tokoh masyarakat Humbahas di Hotel Danau Toba Internasional,

  • Akhirnya Paripurna DPRD Humbahas Setujui Hak Angket Terhadap Bupati Humbahas

    8 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Sidang paripurna DPRD Humbanghasundutan (Humbahas) menyetujui pengajuan hak angket terhadap Bupati Dosmar Banjarnahor, Rabu 13 September 2017. Sidang paripurna dihadiri 21

  • Ini Isi Lengkap Surat Bersama ini kami Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbang Hasundutan (FP3HH) ke DPRD Humbahas

    8 bulan lalu

    Nomor : 01.SI/FP3HH/IX/2017Lampiran : 1 (satu) berkasPerihal         : DUKUNGAN HAK ANGKET                         

  • Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbanghasundutan (FP3 H H) Gelar Aksi Unjukrasa

    8 bulan lalu

    Humbahas(Pelita Batak):  Forum Pemrakarsa Pendiri Pemerhati Humbanghasundutan (FP3 H H) Gelar Akasi Unjukrasa  Rabu 13 September 2017 yang berlokasi di depan Gedung DPRD Kabupaten Humbanghas

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet