• Home
  • News
  • ASN Mesti Pacu Pembangunan Kota
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 19 Maret 2019 12:14:00

ASN Mesti Pacu Pembangunan Kota

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Wali Kota Medan, HT Dzulmi Eldin MS
Medan (Pelita Batak):
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH mengajak kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus bekerja keras dan bekerja ikhlas untu memacu pembangunan di wilayahnya masing-masing sehingga mewujudkan visi kota yakni Medan Kota Masa Depan Yang Multikultural, Berdaya Saing, Humanis, Sejahtera dan Religius. Selain bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab ASN juga diminta untuk mengayomi masyarakat. Sebab, ASN merupakan abdi negara sekaligus pelayan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Medan saat memimpin upacara bendera Peringatan Hari Kesadaran Nasional di halaman depan Balai Kota Medan, Senin (18/3). Upacara ini dihadiri Sekda Kota Medan Ir. Wiriya Al Rahman, MM, Pimpinan OPD diantaranya Asisten Pemerintahan dan Sosial Drs Musaddad Nasution, Kadis Kominfo, Zain Noval, SSTP, MAP dan Kasat Pol PP, M. Sofyan.

Lebih lanjut, dalam sambutannya Wali Kota juga mengemukakan penyelenggaraan pemerintahan tingkat kecamatan dan kelurahan merupakan bentuk pelayanan dasar yang berada pada garis terdepan, yang berkomunikasi langsung dengan masyarakat. Untuk itu Kecamatan dan Kelurahan, bahkan kepala lingkungan harus mampu berkomunikasi, berinteraksi dengan masyarakat, dengan baik serta mampu membangun citra pelayanan umum yang semakin baik di tengah-tengah masyarakat.

"Penyelenggaraan pemerintah ditingkat Kecamatan dan Kelurahan, memiliki dimensi yang luas, baik dibidang pemerintahan, pembangunan, maupun dibidang pembinaan kemasyarakatannya. Oleh karena itu, baik Camat, Lurah maupun Kepling harus memiliki kecakapan berkomunikasi sehingga dapat mengajak masyarakat untuk turut terlibat dalam pembangunan," ucap Wali Kota.

Selain kemampuan berkomunikasi, sambung Wali Kota, Camat, Lurah, serta aparatur Kecamatan dan Kelurahan harus memiliki sikap cepat tanggap dan responsif terhadap berbagai aspirasi dan keluhan yang muncul pada masyarakat. Karenanya, menurut Wali Kota, Camat dan Lurah harus lebih banyak berdialog dan mengunjungi masyarakat di wilayah masing-masing.

"Baik Camat, Lurah serta aparatur Kecamatan haruslah bersikap cepat tanggap dan responsif terhadap keluhan yang muncul pada masyarakat. Untuk itu para Camat dan Lurah harus lebih banyak berdialog dan mengunjungi masyarakat di wilayahnya masing-masing," sambung Wali Kota.

Wali Kota meminta kepada Camat dan Lurah agar merencanakan program-program yang ada di kecamatan untuk membangun kota dan benar-benar memperioritaskan kepada penyediaan sarana/prasarana publik serta pelayanan umum yang diselenggarakan ditingkat kecamatan/kelurahan, termasuk dalam pengembangan aspek-aspek pemberdayaan masyarakat.

"Saya minta agar program-program pembangunan kecamatan benar-benar diprioritaskan kepada penyediaan sarana/prasarana publik serta pelayanan umum yang diselenggarakan ditingkat kecamatan/kelurahan, termasuk pengembangan aspek-aspek pemberdayaan masyarakat," sebut Eldin.

Kemudian Wali Kota menjelaskan, dalam menyusun program kerja Tahun 2020 nantinya, agar setiap OPD mempedomani usulan-usulan pembangunan yang masuk dari hasil-hasil Musrenbang Kecamatan, Reses, Forum OPD, serta Musrenbang RKPD yang baru saja dilaksanakan beberapa hari yang lalu, untuk dimasukkan kedalam rencana kerja pembangunan Tahun 2020.

"Setiap OPD harus mempedomani usulan-usulan pembangunan yang masuk dari hasil-hasil Musrenbang Kecamatan, Reses, Forum OPD, serta Musrenbang RKPD yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, untuk dapat dimasukkan kedalam rencana kerja pembangunan Tahun 2020 mendatang," jelas Wali Kota.

Apalagi pesta demokrasi sudah semakin dekat, tambah Wali Kota, untuk seluruh ASN agar netral dalam menentukan pilihan nantinya. "Kinerja pembangunan dan pelayanan umum tidak boleh terganggu, bahkan harus lebih ditingkatkan. Pembangunan yang bersifat partisipatif harus terus ditumbuhkembangkan," tambah Wali Kota.

Diakhir sambutannya, Wali Kota mengingatkan untuk terus meningkatkan pelayanan kebersihan, penciptaan ketentraman umum dan ketertiban masyarakat. "Pemeliharaan berbagai infrastruktur kota yang yang sudah tersedia, pemeliharaan parit-parit lingkungan, pembuatan taman-taman lingkungan, dan lain-lain sehingga seluruh lingkungan masyarakat menjadi sehat dan layak untuk semua orang," tegas Wali Kota.

Usai memberikan sambutan, kemudian Wali Kota menyerahkan Surat Keputusan dan memberikan penghargaan Kenaikan Pangkat Pengabdian kepada 10 ASN yakni dr Daud Ginting Sp PD Dokter Pendidikan Klinis RSU Dr Pirngadi Medan, Nurizah Kepala Sub Bagian Keuangan Kecamatan Medan Labuhan, Zulham Pelaksana Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah Kota Medan, Hj Rosmanida S Pd Guru SD Negeri 060829 Kecamatan Medan Kota, Haposan SPd Guru SMP Negeri 29 Medan, Ir Rukiah Iriani Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Zulham SH Pelaksana Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Medan, Endang Rita Ayunda SH Kepala Seksi Kajian Lingkungan Hidup Strategis dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup Amdal Dinas Lingkungan Hidup Kota Medab, Anwar Pelaksana Dinas Perindustrian Kota Medan, dan Zulfizar Pelaksana Dinas Perhubungan Kota Medan.

Selanjutnya Wali Kota juga menyerahkan Surat Keputusan dan memberikan penghargaan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil Periode 1 April diberikan kepada 2 orang ASN yakni Martinijal SE MSP Kepala Seksi Bina Ketahanan Remaja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan dan Buhari Akbar Nasution SSos Analisis Kesejahteraan Sumber Daya Manusia Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Medan.(RF|KR|TAp)
  BeritaTerkait
  • Ini Pendapat Ephorus Emeritus HKBP Pdt JR Hutauruk tentang Pdt Robinson Butarbutar

    3 tahun lalu

    Sipoholon (Pelita Batak) :<br></br> Emeritus Ephorus HKBP (Periode 1998-2004) Pdt Dr JR Hutauruk meminta kepada seluruh warga jemaat dan para calon untuk tetap menjaga semangat kedamaian serta persatuan HKBP dalam melaksanakan Sinode Godang d

  • Jargon Minoritas-Mayoritas Keagamaan Belum Hilang

    3 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Inteligensia Kristen Indonesia (PIKI) Masa Bakti 2015 – 2020, Baktinendra Prawiro,MSc,MH mengatakan persoalan politik di I

  • Kadin Komitmen Dukung Pertumbuhan Ekonomi Sumut

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sumatera Utara (Sumut) berkomitmen turut terlibat aktif dalam mendongkrak pertumbuhan perekonomian Sumut. Sebagai pintu gerbang Indonesia bagian

  • Pengembangan Kepulauan Nias Dan Pembangunan Kawasan Strategis di Indonesia

    tahun lalu

    Oleh : Firman Jaya Daeli Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Indonesia Raya dengan ideologi Pancasila, yang dapat diletakkan dan dipetakan dalam beberapa pertimbangan. Indonesia R

  • Kongres Nasional dan Seminar Nasional PERMAHI "Strategi Pembangunan Hukum Nasional Dalam Bingkai NKRI"

    11 bulan lalu

    Jawa Tengah (Pelita Batak): Kongres Nasional dan Seminar Nasional Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI), berlangsung di Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 2 November 2018. Acara pembukaan dilak

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb