• Home
  • News
  • APBD Perubahan 2017 Disahkan di Jakarta? Masyarakat Minta Klarifikasi!
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 22 Oktober 2017 16:46:00

APBD Perubahan 2017 Disahkan di Jakarta? Masyarakat Minta Klarifikasi!

BAGIKAN:
Freddy Hutasoit
Wakil Ketua DPRD Tobasa Asmadi Lubis
Balige(Pelita Batak):  Isu suap menjadi perbicangan hangat masyarakat Tobasa. Diduga ada beredar sejumlah uang untuk menggolkan pengesahan P-APBD 2017. Ini berbagai masalah terkait Pemkab Tobasa dan DPRD, setelah sebelumnya ramai dengan penganggaran biaya jalan-jalan ke Perancis sebesar Rp700 juta.

 Sahala P, warga masyarakat Tobasa epada Pelita Batak, Sabtu 21 Oktober 2017 membeberkan sejumlah masalah di daerahnya. Selain ricuh dana ke Perancis, ada lagi hibah mobil dinas ke berbagai instansi vertikal. Lalu terakhir merebak informasi, katanya, APBD Perubahan 2017 dibahas dan disahkan di Jakarta.

"Ini diketahui dari status akun facebook Wakil Ketua DPRD Tobasa Asmadi Lubis," ujarnya. Ini perlu diklarifikasi dari pihak berwenang, apa benar demikian.

Asmadi Lubis kepada Pelita Batak saat dihubungi melalui selulernya mengatakan akan membuka semua bobrok tersebut.  "Saya tidak mau Kabupaten Tobasa ini dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan juga oknum-oknum yang hanya ingin memperkaya dirinya. Sebab saya duduk sebagai anggota DPRD hanya memiliki tiga tugas pokok fungsi, yakni membentuk peraturan daerah bersama Bupati, membahas dan memberikan persetujuan rancangan Peraturan Daerah mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah yang diajukan oleh Bupati, dan melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah dan APBD," jelasnya.

Tugas ini menurut Asmasi, harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Kabupaten Tobasa. "Kita duduk di kursi legislatif merupakan perwakilan masyarakat Tobasa. Bukan mencari keuntungan untuk memperkaya diri," tegasnya.

Ketua LSM Pijar Keadilan Sumatera Utara Osborn Siahaan menyebutkan pernyataan Wakil Ketua DPRD sudah dapat sebagai bukti permulaan bahwa adanya praktek suap dalam pengesahaan P-APBD 2017 bagi pihak penegak hukum. "Dalam hal ini pihak penegak hukum telah dapat jemput bola atau kordinasi dengan Wakil Ketua DPRD Asmadi Lubis, jangan menunggu bola," katanya.

Lanjut Osborn, Bupati bersama Ketua dan anggota DPRD harus mampu memaparkan pengesahaan anggaran dan juga menjelaskan dampak anggaran yang disahkan bagi pembangunan di Kabupaten Tobasa

"Apabila tidak dipaparkan kepada masyarakat, tentu adanya praktek penyimpangan anggaran yang disahkan, atau dapat dikatakan ada sesuatu di antara legislatif dan eksekutif," katanya.(FH)
  BeritaTerkait
  • 7 Anggota DPRD Sumut Kembali Divonis Bersalah, KPK Harus Bawa ke Pengadilan Semua yang Terima Suap

    3 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Hakim menyatakan tujuh anggota DPRD Sumatra Utara periode 2009-2014 dan 2014-2019  bersalah karena terbukti menerima suap dari mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nu

  • Akhyar Nasution : ASN Pemko Medan Harus Lebih Efektif

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengingatkan seluruh Apratur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Medan untuk bisa menyelenggarakan roda pemerintahan dengan

  • Akhirnya Paripurna DPRD Humbahas Setujui Hak Angket Terhadap Bupati Humbahas

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Sidang paripurna DPRD Humbanghasundutan (Humbahas) menyetujui pengajuan hak angket terhadap Bupati Dosmar Banjarnahor, Rabu 13 September 2017. Sidang paripurna dihadiri 21

  • Ini Parpol yang Bisa Usung Calon KDH di Pilkada

    3 tahun lalu

    Dalam UU ini diatur antara lain, bahwa Partai Politik yang dapat mendaftarkan pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota merupakan Partai Politik yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    3 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb