• Home
  • News
  • AMPI ajak Warga Sumut Jaga Kondusifitas Jelang Pilgub
Minggu, 27 Agustus 2017 15:46:00

AMPI ajak Warga Sumut Jaga Kondusifitas Jelang Pilgub

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Muhammad Faisal Jafar SE
Medan (Pelita Batak):
Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) menyerukan elit dan masyarakat di Sumatera Utara harus saling menjaga proses perjalanan Pemilihan Gubernur agar  berjalan jujur, adil, damai dan demokratis,serta tanpa sentimen suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).
    
"Kami, AMPI Sumut,  mengajak masyarakat memberikan suara dengan sebaik mungkin. Disamping kita sama-sama menjaga untuk tidak membuat gerakan yang bisa memicu konflik," kata Ketua AMPI Sumut Muhammad Faisal Jafar SE, kepada wartawan, Minggu (27/8).
    
Wakil Rakyat Dapil II Kota Medan ini mengatakan, menjadi sebuah kewajaran bagi masyarakat untuk mendukung pasangan calon tertentu, apalagi yang namanya pesta demokrasi untuk menentukan siapa calon pemimpin yang amanah nantinya.
    
Namun, bila kontelasi politiknya dominan menonjolkan isue SARA menurutnya, yang mambuat kepentingan bersama membangun Sumatera Utara (Sumut) bisa terganggu.
    
"Pada prinsipnya pilkada di Sumatera Utara sama seperti di daerah-daerah lain. Tapi uniknya hampir di semua kabupaten di Sumut yang memiliki 14 juta penduduk dapat dikatakan masih pragmatis.
    
Politik identitas masih kental. Makannya perlu konsep yang jelas agar hal-hal yang mengganggu pelaksanaan pilkada bisa diantisipasi," imbuh Faisal.
    
Fungsionaris DPD Golkar Sumut ini juga mengatakan, dinamika politik di Sumut saat ini belum terlihat potensi mengarah ke konflik. 
    
Tetapi, menurutnya, kewaspadaan bersama perlu terus mendapatkan perhatian karena bukan tidak mungkin polarisasi kekuatan berdasarkan isue murahan SARA akan muncul setelah pasangan calon mendaftar ke KPUD.
    
"Gesekan tentu pasti ada, apalagi kalau di pilkada nanti yang muncul head to head  dengan calon berlatar belakang perbedaan tertentu. Sekarang sudah ada wacana di masyarakat head to head, ini harus diantisipasi," ulasnya.
    
Selain itu Faisal menyerukan Pilgub 2018 mendatang bebas dari politik uang.Namun masih kuatnya pragmatisme, kondisi mayoritas masyarakat menengah ke bawah.
    
Termasuk demografi Sumut yang luas dan sulit ditempuh dengan cepat membuat tugas menjaga Pilgub bebas money politics lumayan berat.
    
"Ini tugas berat. Sekarang bagaimana kejelian penyelenggara pemilu, KPUD dan Bawasluda, mengantisipasi masalah ini. Tentu saja dengan melibatkan partisipasi masyarakat," demikian M Faisal Jafar. (rel)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Sumut: Jaminan Keamanan Dan Ketersediaan Sembako, Listrik, BBM Cukup

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyebutkan seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara sangat menginginkan kondisi daerahnya senantiasa kondusif, aman dan terkendali.

  • Pak Wali Ajak Masyarakat Jaga Kesehatan Jantung

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Wakil Wali Kota, Ir Akhyar Nasution bersama masyarakat mengikuti senam jantung sehat di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (8/1). Senam ini dinilai sangat penting, sebab manfaatnya untuk me

  • Sumut Ikut Pilkada 2018, Warga Diimbau Tetap Jaga Kebersamaan

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Jelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 yang juga akan dilaksanakan di sejumlah kabupaten dan kota termasuk pemilihan Gubernur di Sumut, dihara

  • Golkar Inginkan Sosok Birokrat Berpengalaman Pimpin Dairi

    10 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak):Jelang Pilkada Kabupaten Dairi, sejumlah nama bakal calon sudah bermunculan. Salah satunya adalah  Kegiatan deklarasi pasangan calon pasangan Depriwanto Sitohang-Ebdi

  • Gubernur Pimpin Apel Ramadniya, Jaga Pangan, Kenyamanan, Mudik dan Arus Balik

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi  bertindak sebagai inspektur upacara (irup) pada Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Toba 2017 di Lapangan Merdeka Medan,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet