• Home
  • News
  • AMCI : Kapolres Batubara Tak Paham Tugas Jurnalistik
Jumat, 23 September 2016 13:26:00

AMCI : Kapolres Batubara Tak Paham Tugas Jurnalistik

BAGIKAN:

Medan (Pelita Batak) :
Aliansi Media Cyber Indonesia menyayangkan sikap Kapolres Batu Bara AKBP S Bonaparte Silalahi yang melaporkan wartawan (jurnalis) Metro24.co (Metro24 Group) Bima Pasaribu atas tuduhan pencemaran nama baik hingga disangkakan telah melanggar UU No 11 tahun 2008.

AMCI menilai, Kapolres Batubara tak paham dengan kerja dan tugas jurnalistik.

"Pencemaran nama baik Kapolres yang mana yang dicemarkan seorang Bima. Kapolres dinilai telah mengangkangi UU Pers No 40/1999 dan mengetahui aturan Pedoman Media Siber yang dikeluarga Dewan Pers," kata Ketua Umum AMCI Devi Marlin dalam rilisnya, Jumat (23/9/2016).

Sebagai penegak hukum, Kapolres seharusnya menempuh mekanisme Hak Jawab dan Hak Koreksi sesuai dengan UU Pers No 40 tahun 1999 dan Pedoman Pemberitaan Media Siber.

"Saya rasa Kapolres Batubara tidak paham dengan kerja dari Jurnalistik. Laporan Kapolres Batubara juga bertentangan dengan Kebebasan Pers dan UU No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik," ucapnya.

Untuk itu, AMCI sebagai organisasi yang menaungi perusahaan (pemilik) media online mendorong pihak metro24.co untuk mengajukan kasus yang dialami Bima ke ranah hukum.

"AMCI siap mengawal kasus yang dialami Bima ke ranah hukum. AMCI akan bersama Metro 24.co (group Metro 24) juga siap melaporkan Kapolres Batubara ke Polda Sumut dan Dewan Pers," jelasnya. (TAp/rel)

  BeritaTerkait
  • Hari Buruh 1 Mei 2017: Berserikat Sekarang atau Celaka Nanti!

    8 bulan lalu

    Lanskap industri media berubah cepat seiring dengan perkembangan teknologi digital, termasuk di Indonesia. Di Amerika Serikat saat ini sudah ada robot yang sudah menulis berita lebih dari 1 miliar.

  • Kapolres Karo akan Beri Hadiah untuk Siswi Bantu Polisi Ungkap Kasus Sabu

    tahun lalu

    Kabanjahe (Pelita Batak) : Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan menjadi inspektur upacara (irup) di SMP Negeri 2 di Jl Jamin Ginting Kabanjahe Senin (5/9/2016) sekaligus memberikan hadiah penghargaan/reward kepada 2 orang siswi yang berani ikut membantu

  • Kapolres Humbahas Ajak Semua Elemen Peduli Lingkungan

    tahun lalu

    Humbahas (Pelita Batak):  Untuk menuju program Jokowi ke Sumatera Utara soal destinasi Danau Toba, Kapolres Humbahas AKBP Idodo Simangunsong mengajak seluruh elemen untuk peduli akan lingkunga

  • Bupati Darwin Siagian Ajak Pajabat Memberi Hati Pikiran dan Tenaga Melayani Masyarakat

    11 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak) :Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir Darwin Siagian meminta agar pejabat struktural di lingkungan Kabupaten Tobasa memberikan hati, pikiran dan tenaganya dalam menjalankan tugas. Melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan keten

  • Jenazah Ipda (Anumerta) M Sigalingging Diberangkatkan Dari Polres Tapsel ke Kabupaten Batubara

    6 bulan lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Jenazah Ipda (Anumerta) M Sigalingging akan disemayamkan di Desa Sukarame Kecamatan Air Putih Kabupaten Batubara.Prosesi pemberangkatan dilaksanakan dengan upacara di

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online