• Home
  • News
  • 8.669 Suara Satu Kursi DPRD Tapsel
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 19 Desember 2017 18:30:00

8.669 Suara Satu Kursi DPRD Tapsel

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Rapat koordinasi KPU Tapsel
Tapsel ( Pelita Batak ) : Estimasi untuk menjadi anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan didasari Bilangan Pembagi Penduduk Daerah (BPPD) sebesar 8.669 suara pada pemilu yang akan berlangsung pada 2019 mendatang.

Hal tersebut  berdasarkan perhitungan jumlah penduduk Kabupaten Tapanuli Selatan  berdasarkan agregat sebanyak 303.428 jiwa jika dibagi sebanyak 35 kursi.

Demikian terungkap dalam rapat koordinasi KPU Kab Tapsel dengan stakeholder terkait penataan daerah pemilihan (Dapil) dan simulasi perhitungan kursi anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan pada Pemilu tahun 2019 yang diselenggarakan di Hotel Torsibohi, Selasa 19 Desember 2017.

"Penataan dapil ini diamanatkan UU pemilu yang dilaksanakan oleh KPU untuk menyerap aspirasi stakeholder dan nantinya akan menjadi usulan ke KPU Pusat untuk ditetapkan," ujar Ketua KPU Tapsel Potan Edi Siregar.

Dikatakannya, untuk kursi DPRD Tapsel terdapat penambahan, yang sebelumnya sebanyak 30 kursi menjadi 35 kursi  sejalan dengan jumlah penduduk sebanyak 303.428 jiwa.

"Kabupaten Tapanuli Selatan merupakan satu-satunya kabupaten/kota di Sumatera Utara yang mengalami penambahan kursi DPRD," ujarnya.

Sementara itu Bupati Tapanuli Selatan yang diwakili Asisten Setdakab Hamdan Zen dalam sambutannya mengharapkan dengan rapat koordinasi tersebut dapat merumuskan hasil yang terbaik untuk pemilu 2019 yang akan datang dengan tetap menjaga kekondusifan daerah.

Pantauan wartawan, dalam penataan dapil dengan 35 kursi DPRD muncul 3 opsi yaitu mengikuti dapil yang lama (5 dapil), pengurangan (4 dapil) dan  penambahan (6 dapil), namun opsi yang dominan disetujui stakeholder pimpinan dan Pengurus partai politik adalah mengikuti dapil lama dengan penambahan 1 (satu) kursi di masing masing dapil.

Rapat koordinasi itu dipimpin Ketua KPU Tapsel Potan Edi Siregar didampingi Komisi KPU Syawaluddin Lubis, Mustar Edi Hutasuhut, Rafika Nawari, Panataran Simanjuntak itu juga dihadiri mewakili Panwaslu, Kadisdik Capil, mewakili MUI dan undangan lainnya.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Kader Partai NasDem Diimbau Dukung Program Pemkab Humbahas

    2 tahun lalu

    Dolok Sanggul (Pelita Batak) : Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Sabtu (25/2/2017), di Kantor DPD Partai NasDem Humbang Hasundutan (Humbahas) Ja

  • Hadapi Pilkada Kota Padangsidimpuan, PDI Perjuangan Diminta Usung Kader

    tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Sebagai partai terbanyak memperoleh kursi di DPRD Kota Padangsidimpuan, PDI Perjuangan diminta usung kader sendiri dalam Pilkada 2018 yang akan datang.Hal itu diungkap

  • Dapat Mandat Partai Golkar, Tengku Erry Pastikan Satu Tempat di Pilgub 2018

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Keluarnya surat rekomendasi DPP Partai Golkar mengusung Tengku Erry Nuradi dan Ngogesa Sitepu sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan diusung pada Pemilihan

  • Team Pemenangan Kec Sipoholon, Siap Menangkan JTP FRENDS

    7 bulan lalu

    Laporan Jeje TobingPelantikan Team Pemenangan JTP FRENDS terus dilaksanakan di berbagai Kecamatan. Hari ini, Senin 5 Maret 2018, team Pemenangan JTP FRENDS Kabupaten bersama kedua orang Paslon melanti

  • DJOSS Sapa Warga Dari Sepeda Motor

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pelaksanaan kampanye damai oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) di Medan diikuti dua pasangan calon yang bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb