• Home
  • News
  • 72 Tahun Indonesia : Terima Kasih Para Pejuang
Kamis, 10 Agustus 2017 20:17:00

72 Tahun Indonesia : Terima Kasih Para Pejuang

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi sangat menghargai para veteran dan mengucapkan terima kasih atas jasa-jasa perjuangan tanpa pamrih membela tanah air tercinta ini.

"Terima kasih kepada orang-orang tua kami, para pejuang tanah air, jasamu akan dikenang sepanjang masa," ucap Erry pada acara ramah tamah dan silaturahmi dengan perintis dan pejuang kemerdekaan dalam rangka menyambut HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia 2017, di rumah dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Medan, Kamis (10/08/2017).

Erry menyebutkan, jika para perintis dan pendiri Republik Indonesia yang kita cintai ini telah memberikan segala-galanya untuk kemerdekaan dan kejayaan bangsa, maka tugas kita sekarang adalah mengisi dan memberi makna kemerdekaan melalui pembangunan di segala bidang. "Perjuangan kita saat ini tidak lagi mengangkat senjata, melainkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pembangunan dan kemakmuran bangsa," ucap Erry.

Erry juga mengajak masyarakat Sumatera Utara untuk tetap mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan dan pejuang bangsa karena dalam merebut kemerdekaan bangsa kita, para pahlawan dan pejuang kita telah mengalami masa perjuangan yang jauh lebih sulit lagi dari apa yang kita hadapi saat ini.

Namun berkat semangat kesatuan dan persatuan serta rasa cinta tanah air, keuletan yang dilandasi dengan jiwa, semangat dan nilai-nilai '45 dari pejuang kita maka kemerdekaan bangsa kita dapat kita wujudkan. "Mari kita renungkan kembali akan perjalanan sejarah perjuangan para pahlawan dan pejuang dalam merebut kemerdekaan bangsa kita ini. Karena bangsa yang besar adalah bangsa dapat menghargai jasa-jasa para pahlawannya," tutur Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry mengajak semua pihak khususnya generasi muda dan generasi penerus bangsa menjadikan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 tahun 2017 sebagai momentum dan motivasi untuk membangun dan meningkatkan semangat berkarya agar bangsa ini segera keluar dari berbagai krisis multidimensional demi suksesnya agenda reformasi yang mengalami proses berkesinambungan, khusus dalam mencapai misi visi Sumatera Utara menuju masyarakat yang sejahtera dan berdaya saing. "Mari bekerja dan kerja bersama," cetus Erry.

Pada kesempatan itu Gubsu Erry juga mengharapkan para perintis dan pejuang kemerdekan di Sumatera Utara agar terus berkiprah di berbagai lapangan kehidupan terutama dalam pelestarian dan penerusan nilai-nilai kejuangan dan keperintisan kepada generasi muda. "Kami berharap nilai-nilai kejuangan dapat terus diwariskan kepada generasi muda, khususnya untuk generasi muda Sumatera Utara," pinta Erry.

Erry menambahkan, sebagai pejuang sejati dan pengabdian rakyat, ia yakin para perintis kemerdekaan dan pejuang kemerdekaan tidak akan pernah berhenti berjuang selama denyut nadi masih berdetak. Sesuai dengan kemampuan masing-masing artinya tidak hanya sekadar rintisan dan perjuangan kemerdekaan melainkan juga berjuang mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dengan semangat persatuan dan kesatuan dan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Tekad dan semangat inilah yang perlu dijadikan suri teladan bagi setiap generasi penerus, khususnya generasi muda dalam mengemban meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai kejuangan dan kepahlawanan serta pengabdian demi kepentingan yang lebih besar yakni kepentingan bangsa dan negara," ucap Erry.

Sebelumnya Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dalam sambutan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada para perintis dan pejuang kemerdekaan karena generasi saat ini bisa menikmati kemerdekaan. "Kita harus bersyukur dan terus bangkit untuk membangun NKRI khususnya Sumatera Utara lebih baik, lebih baik, lebih baik lagi kedepannya," ajak Wagirin.

Ketua Karang Taruna Provsu Solahuddin Nasution pada kesempatan tersebut mengajak para pemuda agar dapat melestarikan nilai-nilai kejuangan yang telah dilakukan para pejuang dan perintis kemerdekaan.

Selain itu hasil dari perjuangan itu dapat direalisasikan para pemuda dengan aktifitas-aktifitas positif dalam mendukung pembangunan khususnya untuk Sumatera Utara. "Kegiatan ramah tamah ini jangan hanya sekedar seremonial saja. Para pemuda harus dapat melestarikan nilai-nilai kejuangan dan mengisi kemerdekaan dengan aktifitas-aktifitas untuk peningkatan bangsa dan menjauhi aktifitas-aktifitas yang bertentangan dengan ideologi NKRI," harap Solahuddin.

Dalam kesempatan itu, Gubsu menyerahkan tali asih kepada 4 janda perintis, serta pemberian bantuan kepada 11 organisasi pejuang.

Hadir Ketua DPD LVRI Sumut Kolonel (Purn) Awaluddin, Ketua DHD 45, FKPD Sumut, sejumlah SKPD Provsu, Organisasi Pejuang, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda Sumatera Utara, serta para keluarga perintis dan pejuang kemerdekaan.(TAp)
  BeritaTerkait
  • PB AMCI Gelar Rakernas I Tahun 2017

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I 2017 yang pertama PB (Pengurus Besar) Aliansi Media Cyber Indonesia yang diselenggarakan di Kafe RF Coffe Jalan Sei Batang Hari Medan yang dihad

  • Karirpad Tembus 3 Juta Pengguna Per Bulan

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Membuka bulan Agustus 2016, Karirpad menggelar syukuran sederhana.  Perusahaan Startup yang berlokasi di Slipi, Jakarta Barat ini merayakan jumlah kunjungan ke situs me

  • Selamat Jalan Kwarcab Kota Medan Menuju Jamnas X Cibubur

    tahun lalu

    "Untuk itu saya minta kepada adik-adik pramuka yang mengikuti Jamnas X tahun 2016 ini, agar terus menjaga kesehatan. Selalin itu perhatikan stamina dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh suapaya dapat mengikuti kegiatan Jamnas ini sampai selesai.

  • Gubernur Apresiasi Turnamen Gaplek Wartawan

    12 bulan lalu

    Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengapresiasi suksesnya Turnamen Gaplek (Dam Batu) dan berharap menjadi agenda tahunan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Permainan rakyat yang digelar rekan-rekan jurnalis di warkop Jl. H Agus Salim

  • 29 Tahun Perguruan Sultan Iskandar Muda Cetak  Siswa Berprestasi

    12 bulan lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi berharap Perguruan Sultan Iskandar Muda terus mencetak generasi muda yang cerdas , berkarakter dan selalu menjunjung  Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi akar dari  perguruan tersebut. Sejak berdiri 29 t

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online