• Home
  • News
  • 600 Hektar Lahan PLTA Simarboru Sudah Bersertifikat
KSP Makmur Mandiri
Kamis, 20 Juli 2017 20:52:00

600 Hektar Lahan PLTA Simarboru Sudah Bersertifikat

BAGIKAN:
Saut Ritonga
Halal Bi Halal
Padangsidimpuan ( Pelita Batak) : Keberadaan Pembangunan PLTA Simarboru (Sipirok-Marancar dan Batangtoru) membawa keuntungan bagi daerah kabupaten Tapanuli Selatan yaitu penyerapantenaga kerja, pertumbuhan ekonomi kerakyatan dan juga adanya peningkatan Pendapatan Asli Daerah melalui PAD.

"Terus terang setelah terbitnya sertifikat seluas sekitar 600 hektare untuk kebutuhan PLTA maka sejak itu pendapatan untuk daerah dan peningkatan pembangunan daerah tersebut sudah mulai mengalir," ujar SekdakabTapanuli Selatan Parulian Nasution saat sambutan Halal bi halal insan Pers dan Pegiat Lingkungan digelar PT.North Sumatera Hydro Energy, di Aula Hotel Mega Permata, Padangsidimpuan, Kamis 20 Juli.2017.

Disebutkannya, PLTA Simarboru membangun sumber energi listrik berkapasitas  510 Mega Watt sejalan mendukung program strategis nasional dalam energi baru terbarukan sebesar 35 ribu MW.

"Oleh karenanya keberadaan PLTA Simarboru yang dikerjakan PT NSHE bernilai investasi mencapai lebih kurang Rp 20 triliyun sangat penting menjawab kebutuhan krisis energi listrik Sumut,' ujarnya.

Dia utarakan bahwa sampai saat ini ada 420 ribu rumah tangga di Sumut belum dapat menilkmati listrik, demikian sejumlah industri juga masih membutuhkan energy listrik tersebut.

"Harapan kita dengan selesainya PLTA Simarboru lima tahun kedepan sesuai rencana PT NSHE bisa menjawab dan bermanfaat bagi masyarakat luas Sumut," katanya.

Selanjutnya, Sekda Parulian Nasution berharap melalui halal bi hala inil dapat meningkatkan hubungan insan pers dan pegiat lingkungan dalam percepatan pembangunan PLTA Simarboru tersebut.

Sementara pihak PLTA NSHE Agus Supriyono dalam sambutannya mengatakan kegiatan itu bertujuan meningkatkan silaturrahim dan juga persaudaraan antar sesama termasuk insan pers dan pengiat lingkungan.

"Tapi yang jelasnya pembangunan PLTA berkomitmen untuk kemaslahatan masyarakat baik di wilayah Sumut dan Indonesia, dan berharap dapat didukung penuh stakeholder terutama masyarakat Tapsel," ujarnya.

Untuk mengambil khidmat dalam acara itu, Al-Ustadz Arif Siregar juga memberikan siraman rohani bagi semua yang hadir.(Saut Togi Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Natal Nasional di Humbahas, 1.000 Sertifikat Tanah Diberikan Kepada Warga di Sumut

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Menteri Koordinator Kemaritiman RI Jend TNI (Purn) Luhut Binsar Panjaitan didampingi Gubsu HT Erry Nuradi menyerahkan seribu sertifikat tanah

  • Jeritan Warga Sekitar PLTA Simarboru Saat Reses DPRD Sumut

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Simarboru yang terletak di Kecamatan Sipirok, Marancar dan Batangtoru Tapanuli Selatan kembali melakukan pengambilan paksa tanah m

  • Berkah Sertifikat Tanah, Jokowi Wujudkan Mimpi Petani dan Masyarakat Kecil Sumatera Utara

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Program Jokowi berupa bagi-bagi sertifikat gratis yang dinilai politikus nasional Amien Rais sebagai suatu 'pengibulan', mendapat respon dari petani dan warga Sumatera U

  • Mentan Optimis Sumut Kembali Lima Besar Produksi Padi

    2 tahun lalu

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut untuk mengejar target produksi pertanian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di tahun 2016. Dengan demikian, Sumut dapat kembali menempati urutan lima besar nasional sebagai

  • Marandus Sirait : Hutan Kemasyarakatan Memerlukan Kerjasama

    2 tahun lalu

    Keberhasilan pengelolaan hutan kemasyarakatan memerlukan kerjasama dengan barbagai pihak sehingga tujuan akhirnya berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat bisa dicapai.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb