• Home
  • News
  • Wali Kota Ajak Satukan Persepsi dan Langkah Pelihara Ukhuwah Islamiyah
Senin, 19 Juni 2017 13:41:00

Gelar Pertemuan Dengan Forkominda, MUI, Ustaz/Ustadzah & Nazir Masjid

Wali Kota Ajak Satukan Persepsi dan Langkah Pelihara Ukhuwah Islamiyah

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak  seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan  Daerah (Forkominda), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan, serta ustad/ustadzah dan nazir Masjid se-Kota Medan untuk menyatukan persepsi. Di samping  membangun jembatan hati sekaligus  memelihara ukhuwah Islamiyah, juga sebagai salah satu modal sosial dan semangat untuk membangun ibukota Provinsi Sumatera Utara ini.

Ajakan ini disampaikan Wali Kota ketika menggelar pertemuan dengan unsur Forkopimda dan MUI Kota Medan, ustadz/ ustadzah serta nazir masjid se Kota Medan Di Asrama Haji Jalan A.H Nasution, Jumat (16/6/2017).

Diungkapkan Wali Kota,  salah  satu visi Kota Medan tahun 2021 adalah mewujudkan Medan sebagai kota religius. Oleh karena itu kehadiran semua dalam pertemuan ini, khususnya unsur  MUI, tuan-tuan  guru, para ustad/ ustadzah dan segenap nazir masjid ini merupakan bagian dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

"Mari kita satukan persepsi  dan langkah  untuk memelihara ukhuwah Islamiyah di Kota Medan, sebagai salah satu modal sosial semangat membangun kota ini. Artinya,  jangan pernah sekalipun kita berhenti membangun kualitas iman dan ketakwaan sebagai hamba Allah SWT, baik dalam bentuk kesolehan pribadi maupun sosial," ajak Wali Kota.

Selanjutnya mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini memaparkan, bulan puasa  ini sesungguhnya merupakan moment yang sangat berharga, karena mengajarkan kepekaan dan kepedulian sosial kepada sesama manusia. Untuk itu melalui kepekaan sosial ini, Wali Kota mengetuk pintu hati semua agar  memiliki rasa kepedulian terhadap sesama dengan memberikan bantuan sesuai kemampuan masing-masing, terutama bagi warga yang hidup dalam kekurangan.

"Kepekaan sosial sangat erat  kaitannya dengan perwujudan masyarakat yang harmonis dan peduli satu sama lain. Selain itu juga akan membangun masyarakat yang madani sesuai nilai - nilai agama, budaya serta sosial kemasyarakatan yang luas. Jadi di bulan yang suci dan penuh berkah ini, mari kita tingkatkan rasa kepedulian dan semangat berbagi kepada saudara-saudara kita yang kurang mampu," harapnya.

Pertemuan sekaligus buka puasa bersama ini turut  dihadiri Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Ketua MUI Kota Medan, Prof Dr Mohd Hatta, mewakili Dandim 02/01 BS dan Kakanwili Kemenag  Sumut,  pimpinan SKPD lingkungan Kota Medan, tokoh agama, alim-ulama, serta ustadz/ustadzah dan nazir masjid se-Kota Medan.

Sementara itu Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho Sik dihadapan seluruh yang hadir memenuhi Gedung Asrama Haji tersebut  mengatakan,  Kota Medan merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia dengan masyarakat yang heterogen. Meski terdiri dari beragam suku dan agama namun masyarakatnya hidup berdampingan dengan rukun dan damai. Itu sebabnya Kota Medan menjadi salah satu contoh kota yang sangat menjaga kerukunan dan toleransi  antar sesama warganya di Indonesia.

"Terima kasih kepada seluruh warga yang telah menjaga kekondusifan dan keamanan di Kota Medan selama ini. Keamanan kota tidak dapat terwujud apabila warganya tidak saling menjaga toleransi. Untuk itu demi meningkatkan keamanan dan kekondusifan,  mari kita bersama-sama  hidup berdampingan dengan selalu menjaga toleransi," kata Kapolrestabes Medan.

Acara pertemuan ini dirangkaikan dengan buka puasa bersama. Setelah itu dilanjutkan dengan Shalat Maghrib berjemaah serta makan malam bersama. Melalui kegiatan ini, Wali Kota berharap keinginan untuk menjadikan Medan sebagai kota yang religius dapat terwujud. (H|Sum)
  BeritaTerkait
  • Eldin Dukung Pengelolaan Masjid Secara Profesional

    12 bulan lalu

    Ada sekitar 1.069 masjid di Kota Medan namun sebagian besar pengelolaan masih dilakukan secara konvensional dan tidak difungsikan secara maksimal. Padahal selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid juga dimanfaatkan untuk berbagai aktifitas keagamaan

  • Opick Ajak Dzikir dan Doa Bersama Puluhan Ribu Masyarakat Tabagsel

    2 bulan lalu

    Padangsidempuan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel menghadiri acara Dzikir dan Tabligh Akbar masyarakat Tapanuli Ba

  • Pemko Medan Ajak Masyarakat Karo Aktif Dukug Pembangunan

    tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengajak seluruh masyarakat Karo di Kota Medan untuk terlibat aktif dalam pembangunan . Eldin dan seluruh jajaran Pemko Medan minta didukung penuh dalam rangka menata ibu kota Provinsi Sumatera Urara ini agar m

  • Jika Ingin Go UNESCO, Ulos Harus Menjadi 'Ulos Indonesia'

    12 bulan lalu

    Pengajuan ulos sebagai warisan budaya tak benda menjadi warisan budaya internasional atau dunia harus pertama sekali ulos menjadi milik Indonesia. Tidak lagi disebut sebagai ulos batak atau yang lainnya, melainkan menjadi 'ulos Indonesia'.

  • RE Nainggolan: Harus Satukan Sikap dan Tekad Agar UNESCO Akui Ulos

    12 bulan lalu

    Tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan,MM mengajak seluruh elemen masyarakat menyatukan sikap dan tekad untuk mengajukan ulos sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Rencana dan pekerjaan yang mulia, jika masih ada orang maupun kelompok yang mau memperjuangkan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online