• Home
  • News
  • Sentra HKI Nommensen Terima Insentif Dari Kemenristekdikti
Rabu, 16 Agustus 2017 15:39:00

Satu-satunya PTS Dari Sumatera

Sentra HKI Nommensen Terima Insentif Dari Kemenristekdikti

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Manager Sentra KI Nommensen Ir. Rosnawyta Simajuntak, MP bersama Team sedang diskusi mengenai program kerja Sentra KI Nommensen di Kantor Sentra KI UHN.
Medan (Pelita Batak) :
Sentra Kekayaan Intelektual Universitas HKBP Nommensen (Sentra KI Nommensen) berhasil memperoleh insentif penguatan Sentra Kekayaan Intelektual Tahun 2017 dari Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berdasarkan surat No 41/E/KPT/2017.

Sebagaimana Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan dalam keterangannya yang dikutip dari Humas UHN Jonson Rajagukguk, S. Sos, SE, M.AP mengatakan yang memperoleh Insentif penguatan kekayaan intelektual  (KI) ini adalah hanya 20 perguruan tinggi dari semua perguruan tinggi di Indonesia, Selasa (15/07/2018).

Sementara dari Pulau Sumatera hanya Universitas HKBP Nommensen kampus PTS yang memperolehnya, Tegas Manager Sentra HKI UHN Ir. Rosnawyta Simanjuntak, M.Si didampingi oleh Para pengurus Sentra KI Drs. Samse Pandiangan, M.Sc, PhD, Dr. Budiman NPD Sinaga, SH, MH, Parulian Sirait, S. Kom, Jonson Rajagukguk S. Sos, SE, M.AP dan Alida Simanjuntak, S.Pd.

Sebagaimana dikatakan oleh Manager Sentra KI Nommensen Ir. Rosnawita Simanjuntak, M.Si sebelumnya Sentra KI UHN mengirimkan proposal Insentif Kekayaan Intelektual, dan berdasarkan penilaian Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Sentra HKI UHN layak menerima insentif penguatan Kekayaan Intelektual.

"Tentu ini merupakan kepercayaan yang sangat besar dari Kemristekdikti kepada UHN," tegas Ir Rosnawyta Simanjuntak, MP.

Dengan adanya Insentif Penguatan Kekayaan Intelektual ini kedepan Sentra HKI UHN akan melakukan berbagai kegiatan bagaimana supaya kesadaran akan hak kekayaan intelektual ini bisa semkain bagus.

Bahkan dikalangan internal UHN, hak kekayaan intelelektual ini telah kita sosialisasikan dengan baik. "Bahkan ada dosen  UHN yang telah punya  Kekayaan Intelektual dan sudah terdaftar di Kemenkumham RI," tegas Ir. Rosnwyta Simajuntak, MP.

Sehubungan dengan itu, bagi dosen peneliti dan mahasiswa yang punya karya dan ingin didaftarkan sebagai kekayaan intelektual baik berupa PATEN, hak cipta, merek, varietas tanaman, indikasi geografis, tata letak sirkuit terpadu supaya dikoordinasikan dengan Sentra KI Nommensen. Manager Sentra KI Nommensen juga mengatakan, "bahwa target dari Insentif Penguatan Sentra KI ini adalah meningkatkan jumlah PATEN dan hak cipta dosen yang terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM RI".

Sementara Rektor UHN Dr. Ir Sabam Malau sangatbangga dan memberikan apresiasi khusus kepada Sentra KI UHN karena bisa memperoleh Insentif Penguatan Hak Kekayaan Intelektual ini, dimana keberhasilan Sentra KI ini sangat mendukung pencapaian Akreditasi Prodi dan Institusi, dan juga untuk jenjang akademik dosen.

Rektor UHN Dr. Ir. Sabam Malau juga  mengatakan sudah saatnya Sentra HKI Nommensen mempelopori inovasi dan temuan-temuan yang bermanfaat bagi masyarakat tambah Rektor lagi. Sementara Rektor juga mengatakan inovasi yang dilakukan oleh Pendidikan Tinggi sudah saatnya dilindungi oleh UU menjadi hak kekayaan intelektual.

Sementara Ketua LPPM UHN Prof. Dr. Monang Sitorus, M.Si yang juga pembina Sentra KI Nommensen juga mengatakan sangat senang dengan adanya insentif penguatan kekayaan intelekltual dari Kemristekdikti RI ini.

Ini merupakan kepercayaan yang sangat besar dari Kemristekdikti RI, dan kepercayaan ini akan kita balas dengan melakukan kegiatan yang mengarah kepada terciptanya kesadaran akan hak kekayaan intelelektual kepada semua dosen dan juga mahasiswa.

"Untuk itu, jangan ragu kuliah di UHN," tegas Prof. Dr. Monang Sitorus. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Kesadaran Akan Paten Harus Dimulai Dari Perguruan Tinggi

    4 hari lalu

    Medan (Pelita Batak):Semua bangsa di dunia ini saat ini berlomba dalam inovasi dan kreativitas sehingga memacu produktivitas. Berangkat dari era globalisasi yang menghubungkan interaksi antar warga ne

  • Spontanitas Bunga dan Lillin Penuh Makna Untuk Ahok

    4 bulan lalu

    Berawal  dengan karangan bunga yang penuh dengan cinta dan kasih, kemudian muncul gerakan seribu lilin untuk Ahok sebagai ungkapan yang penuh dengan cinta dan kasih atas apa yang dialami oleh

  • Bekerja Lebih Baik & Terus Tingkatkan Pelayanan

    tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi memimpin apel pagi hari pertama kerja pasca liburan panjang pasca Hari Raya Idul Fitri 1437 H di halaman tengah Balai Kota Medan, Senin (11/7). Dari 771 Apratur Sipil Negara (ASN) di Sekretariat Pemko Medan, ter

  • Indonesia Butuh 13 Juta Rumah, Pemda Diminta Beri Perhatian

    tahun lalu

    Hingga saat ini, Indonesia masih butuh rumah menengah ke bawah 13 juta unit. Sayangnya, pemilik modal di Indonesia justru mau membangun properti di luar negara Indonesia. Kini Indonesia kalah bersaing dengan negara-negara tetangga di Asia, seperti Thailan

  • Rekayasa Lalu Lintas Solusi Kemacetan Kota Medan Sukses

    tahun lalu

    Akhyar mengatakan, mengatasi kemacetan merupakan tanggungjawab bersama. Dibutuhkan masukan dan solusi untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Medan. "Seminar ini tentunya kita harapkan akan menjadi cikal bakal untuk menghasilkan rumusan kebijaka

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online