• Home
  • News
  • SPAK Sumut Ajak Warga Pilih Sosok Pemimpin yang Bersih dari Tindakan Koruptif
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 20 Juni 2018 15:34:00

Pilkada Serentak di 7 Kabupaten, 1 Kotamadya dan Provinsi Sumut,

SPAK Sumut Ajak Warga Pilih Sosok Pemimpin yang Bersih dari Tindakan Koruptif

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Kordinator SPAK wilayah Sumut Enni Martalena Pasaribu SH MH (kiri) dalam suatu kesempatan sosialisasi anti korupsi belum lama ini
Medan (Pelita Batak):
Masyarakat Sumatera Utara (Sumut) menjadi bagian dari peserta pesta demokrasi 171 daerah di Indonesian yang melaksanakan Pilkada Serentak pada 27 Juni 2018. SPAK (Saya Perempuan Anti Korupsi) Sumut mengajak masyarakat Sumut untuk memilih sosok calon pemimpin yang tidak berperilaku koruptif.

Sumut akan menggelar pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur. Kemudian Pemilihan Wali Kota/Wakil walikota Padangsidempuan, Bupati/Wakil Bupati di Batubara, Padang Lawas Utara, Tapanuli Utara, Deli Serdang, Dairi, Langkat, dan Padang Lawas.

"Masyarakat Sumut sudah melek akan pendidikan  politik, untuk itu, kita ajak untuk tidak memilih sosok calon pemimpin yang koruptif. Ini demi masa depan Provinsi Sumut dan kabupaten serta kotamadya yang akan memilih pemimpin yang baru," kata Kordinator SPAK Sumut Enni Martalena Pasaribu SH MH kepada wartawan, Rabu (20/6/2018).



Dikatakan Enni, dengan memilih sosok pemimpin yang tidak koruptif akan memajukan pembangunan daerah; akan  memberikan warganya kebebasan untuk berpartisipasi dalam  pembangunan daerah di semua sektor; Akan mengutamakan keterwakilan perempuan dalam pembangunan daerah; Akan  menghantarkan daerah kita menjadi bagian penting dalam  upaya peningkatan martabat bangsa di mata dunia.

SPAK juga mengajak agar perempuan aktif dalam memberikansuara saat pilkada. Perempuan juga memiliki hak suara yang sama dengan laki-laki. "Jangan berfikir apalah arti suara saya atau apalah arti satu suara. Setiap suara penting untuk daerah kita dan Indonesia 5 tahun ke depan," jelasnya.

Money politic juga menjadi tantangan saat tahun politik seperti saat ini. Dengan tegas dikatakannya, agar warga Sumut tidak menjual atau menukar suara dengan apapun.
"Ingat! tentang praktik politik uang, dalam UU No. 10/2016 tidak hanya pemberi yang bisa dipidana penjara dan denda,  tapi juga yang menerima uang (pidana bagi yang menyuap dan menerima suap)," pungkasnya.

Warga Sumut juga diajak untuk proaktif untuk melakukan pengecekan terdaftar sebagai pemilih. Menjadi warga pasif bukan ciri masyarakat yang cerdas, namun harus memastikan terdaftar tidaknya dalam daftar pemilih.

"Setiap perempuan di Sumut kami ajak untuk tidak terlibat money politic, dan turut melaporkan tindakan money politic jika menemukan dilingkungan masing-masing," ujarnya.

Dikatakan Enni, secara nasional SPAK menggalakkan gerakan mengajak kaum perempuan memilih di seluruh Indonesia. "Gerakan ini diselenggarakan di seluruh Indonesia yang bertujuan untuk menghasilkan pemimpin daerah berkualitas terutama pemimpin daerah yang bebas dari perilaku koruptif," katanya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Ini Pendapat Ephorus Emeritus HKBP Pdt JR Hutauruk tentang Pdt Robinson Butarbutar

    2 tahun lalu

    Sipoholon (Pelita Batak) :<br></br> Emeritus Ephorus HKBP (Periode 1998-2004) Pdt Dr JR Hutauruk meminta kepada seluruh warga jemaat dan para calon untuk tetap menjaga semangat kedamaian serta persatuan HKBP dalam melaksanakan Sinode Godang d

  • Depriwanto Sitohang Solusi Cerdas Bagi Dairi di Era Millenial dan Digital

    4 bulan lalu

    Tulisan ini bukan untuk mengkultuskan seseorang, tetapi hanyalah bagian dari pendidikan politik. Saya sangat menerima saran dan kritik aats tulisan ini. Tetapi tujuan saya hanya untuk mmeberikan sebua

  • Victor Edison Simanjuntak : Perlu Pemimpin Kuat, Berani, Jujur dan Sederhana untuk Melibas Korupsi

    2 tahun lalu

    Gunung Tua (Pelita Batak) :Mantan Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol (Purn) Victor Edison Simanjuntak mengatakan korupsi berkaitan dengan moral, sistem, ekonomi, politik dan hukum. Karena itu korups

  • Pencanangan Kampung Bebas Narkoba

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi bersama Kapolrestabes Medan, Kombes pol Sandi Nugroho dan Dandim 0201/BS, Kol Inf Bambang Herqutanto berinisiatif membentuk Kamp

  • Golkar Inginkan Sosok Birokrat Berpengalaman Pimpin Dairi

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak):Jelang Pilkada Kabupaten Dairi, sejumlah nama bakal calon sudah bermunculan. Salah satunya adalah  Kegiatan deklarasi pasangan calon pasangan Depriwanto Sitohang-Ebdi

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet