• Home
  • News
  • Pomparan Simamora Debataraja Sepakat Lestarikan Budaya dalam Ikatan Kekeluargaan
KSP Makmur Mandiri
Senin, 08 Oktober 2018 13:25:00

Gelar Seminar Nasional

Pomparan Simamora Debataraja Sepakat Lestarikan Budaya dalam Ikatan Kekeluargaan

BAGIKAN:
TAp|pelitabatak
Tim Formateur yang diketuai Aduhot Simamora diabadikan bersama para penasehat
Medan (Pelita Batak):
Seminar Nasional Pomparan Simamora Debataraja berjalan sukses dengan sejumlah kesepatakan untuk menjalin ikatan kekeluargaan dan melestarikan budaya serta sejarah untuk masa yang akan datang. Aduhot Simamora terpilih sebagai ketua tim formateur pembentukan panitia pembangunan tugu persatuan Pomparan Simamora Debataraja.

Seminar dengan tema 'Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan Pomparan Simamora Debataraja' dilakukan di Deli Room Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Jl Imam Bonjol Medan, sabtu (6/10/2018). Perwakilan dari hampir seluruh provinsi yang ada di Indonesia, dan bona pasogit seperti Humbahas, Taput, Tobasa, Dairi, Simalungun, Tapsel termasuk Kota Medan.



Acara yang dimoderatori Dr Janpatar Simamroa,SH,MH hadir para narasumber Janner Simamora (Babiat Naingol), Drs Djadiman Simamora (Sampe Tua), Aduhot Simamora (Marbulang), drs Aslin Simamora ( mewakili Bona Pasogit), St Richard Simamora SE (Jabodetabek), H Syarif Simamora (Tapsel) Jhonpiker Simamora (generasi Muda).

Peserta yang memberikan usulan dan masukan membuat suasana sesi diskusi hangat dan dalam suasana kekeluargaan. Informasi yang saling melengkapi sehingga muncul kembali informasi baru mengenai sejarah perjalanan Ompu Tuan Simamora Debataraja pada masa lampau dan masa kini. "Dari seluruh masukan dan paparan para narasumber, kita semua sepakat untuk melestarikan dan mengembangkan sejarah untuk menjalin kekerabatan dan kekelaurgaan Pomparan Simamora Debataraja," ujar Aduhot kepada wartawan usai seminar.


Prosesi pengukuhan tim formateur oleh penasehat yang hadir

Sebagaimana halnya ciri Bangso Batak yang kental dengan silsilah keturunan dengan sebutar tarombo, ke depan akan dilakukan pertemuan-pertemuan untuk kembali menyatukan informasi-informasi yang membangun kebersamaan.

Berkat kesatuan hati, lanjut Aduhot, disepakati untuk pembentukan pantiia pembangunan tugu Op. Debataraja. "Formateur yang terdiri dari 11 orang yang telah dipilih dan ditetapkan, akan bekerja menyusun susunan kepanitiaan. Paling lambat dua bulan sudah harus tersusun," ujarnya.

Kesepakatan lain dalam seminar, agar nama kumpulan keturunan Simamora Dibatara dimana pun berada disamakan penyebutannya menjadi 'Pomparan Simamora Debataraja'. "Tapi ini kan tentu harus diberi waktu untuk sosialiasi, sehingga keluarga besar menerima dan bisa semakin membesarkan kumpulan ini," ujar pria yang juga Wakil Ketua DPRD Sumut ini.

Adapun susunan formateur yang dipilih dan dikukuhkan yaitu Aduhot Simamora (Medan), Janner Simamora (Babiat Naingol), Kompol Maidin Simamora SH (Sampetua),  Patar Simamora (Marbulang), Drs Aslin Simamora (Humbahas/Taput/Tobasa/Samosir), St. Richard Simamroa (Jabodetabek), H Syarif Muda Simamora (Tapsel Raya), Agus P Simamora (Dairi/Pakpak Bharat/Karo), Harlin Simamora (Siantar/Simalungun), St. Drs Lammar H Simamora (Deli Serdang/Sergai/Tebingtinggi), Eben Ezer Simamora (Panitia Seminar Nasional 2018).

Dalam sambutannya, mewakili Penasehat St Drs B simamora mengapresiasi panitia dan seluruh keluarga besar Simamora Debataraja yang telah menginisiasi dan mewujudkan seminar tersebut. Dengan seminar tersebut, diharapkan Pomparan Simamora Debataraja bisa bersaing di era tekonologi saat ini.

Sebelumnya dalam laporan panitia, Eben Ezer Simamora mengatakan bahwa panitia bekerja berkat dukungan semua Pomparan Simamora Debataraja yang ada di sejumlah daerah. Berharap, apa yang menjadi keputusan dan kesepakatan dalam seminar memberi manfaat bagi Pomparan Simamora Debataraja masa kini dan masa yang akan datang. Seminar diawali dengan kebkatian dan doa bersama.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Toga Sihite dan Keluarga Doakan DR.IR.Mombang Sihite, MM Menuju DPR RI Dapil II Sumut

    3 minggu lalu

    Sileang(Pelita Batak): Pomparan Siraja Oloan (SRO) khususnya Keluarga Besar Toga Sihite Keturunan Guru Leang  Berangkatkan DR Ir Mombang Sihite MM dalam perhelatan Pesta Demokrasi Calon Legislati

  • Perayaan HUT Toga Simamora Debataraja Kota Medan ke 44 Sukses dan Meriah

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Parsadaan Toga Simamora Debataraja, Boru/Bere (PATOTA) Kota Medan merayakan HUT Ke-44 sekaligus melantik Badan Pengurus Harian Patota Kota Medan Periode 2018-2022 Wisma Taman Sari

  • RE Nainggolan: Harus Satukan Sikap dan Tekad Agar UNESCO Akui Ulos

    2 tahun lalu

    Tokoh masyarakat Dr RE Nainggolan,MM mengajak seluruh elemen masyarakat menyatukan sikap dan tekad untuk mengajukan ulos sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Rencana dan pekerjaan yang mulia, jika masih ada orang maupun kelompok yang mau memperjuangkan

  • Parlindungan Purba Lantik Forum Komunikasi Toga Simamora (FKTS) Boru, Bere, Ibebere, se-Humbahas

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Perwakilan Toga Simamora (Purba, Manalu, Debataraja, Girsang, Tarigan) dari seluruh wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menghadiri syukuran dan pelantikan pe

  • Pusat Habatakon (Batak Center) Didirikan untuk Menyelamatkan Kebudayaan Batak di Masa Depan

    2 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Kebudayaan Batak perlahan-lahan ditinggalkan oleh penganutnya yaitu orang-orang Batak itu sendiri, semakin tergerus oleh kemajuan teknologi informasi, pergaulan bebas, hedonisme

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb