• Home
  • News
  • Jelang Natal, Jadikan Medan Lebih Aman dan Nyaman
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 17 Desember 2016 14:19:00

Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Lilin Toba 2016

Jelang Natal, Jadikan Medan Lebih Aman dan Nyaman

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi dan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho SIK MHum memimpin  Rapat  Koordinasi Lintas sektoral Operaasi Lilin Toba 2016 di Balai Kota Medan, Jumat (16/8). Rapat ini dilakukan untuk memantapkan persiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017. Dengan demikian umat Kristiani dapat dengan tenang dan nyaman dalam menjalankan ibadah tanpa ada gangguan sedikitpun.

Rapat koordinasi ini turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Medan, pejabat utama Polrestabes Medan dan Kodim 0201/BS, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, serta sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan.

Di awal pembukaan rapat, Kapolretabes mengajak seluruh peserta rapat untuk menjadikan Kota Medan lebih aman dan nyaman. Seluruh image negatif tentang Kota Medan harus dihilangkan. “Untuk itu kita harus bersinergi. Mari kita ubah image Ini Medan Bung menjadi Ini Baru Medan,” kata Kapolrestabes.

Terkait dengan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2017 yang akan akan dilakukan, Kapolrestabes mengungkapkan, ada pesan dari Kapoldasu yang mengatakan Kota Medan masuk list merah bersama Jakarta dan Nusa tenggara Timur (NTT). Artinya, ibukota provinsi Sumatera Utara masuk klasifikasi satu dalam hal pegamanan.

"List merah atau klasisifikasi satu ini bukan karena Kota Medan ini tidak aman, tapi sebagai peringatan agar semua bersatu dalam melakukan pengamanan. Sebab, apabila terjadi gejolak dari Medan, maka daya getarnya sampai seluruh nusantara. Kasus tahun 1998 contohnya, awal gejolak pertama dari Medan.  Untuk itu mari kita bersatu dan bersinergi sehingga Medan benar-benar aman,” ungkapnya.

Selanjutnya Kapolrestabes memaparkan, ada 5 kriteria apabila pengamanan yang dilakukan dikatakan berhasil yakni pelaksanaan ibadah Natal berlangsung aman, baik itu menyangkut gereja, pendeta serta jemaat. Lalu, tidak ada penyerangan terhadap etnis tertentu, tidak ada konflik, tidak ada kelangkaan sembako serta tidak boleh ada kelangkaan BBM.

Sementara itu menurut Wali Kota, rapat koordinasi ini sangat perlu dan penting dilakukan dalam rangka menyamakan persepsi terkait pelaksanaan Operasi Lilin Toba 2016, guna mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru 2017 di Kota Medan. “Mari bersama  kita ciptakan rasa aman bagi masyarakat yang akan melaksanakan aktifitas Natal dan Tahun baru 2017 maupun liburan akhir tahun,”  ujar Wali Kota.

Oleh karenanya Eldin mengatakan, dirinya beserta seluruh jajaran Pemko Medan menyambut baik kegiatan rapat eksternmal Operasi Lilin Toba 2016. Eldin berharap melalui rapat ini akan muncul berbagai gagasan-gagasan baru dalam menciptakan terjaminnya rasa aman warga Kota Medan dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Di samping itu untuk terwujudnya situasi dan kondisi yang aman, kondusif dan tekendali sebelum , pada saat saat sertas pasca Natal dan Tahun Baru 2016. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan rahmat dan berkahnya kepada kita semua dalam melaksanakan peran dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat Kota Medan,” harapnya. (TAp)

  BeritaTerkait
  • Tim Gabungan Kembali Amankan Jalan Sutomo

    3 tahun lalu

    Para pedagang kaki lima terkejut saat melihat tim gabungan kembali melakukan penertiban di Jalan Sutomo dan sekitarnya, Selasa (10/5) dinihari. Mereka tidak menyangka jika penertiban kembali berlanjut setelah sekitar tiga pekan terhenti. Bagi pedagang y

  • Intan Olivia Marbun Meninggal, Warga Sampaikan Kesedihan Lewat Media Sosial

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Tragedi menyedihkan kembali mengusik Indonesia, lagi-lagi rumah ibadah digegerkan oleh ledakan bom di Gereja Oikumene di Samarinda, Minggu (13/11/2016) mengakibatkan korban. Intan Olivia Marbun, anak sekolah minggu yang tengah

  • Gubernur Sumut: Jaminan Keamanan Dan Ketersediaan Sembako, Listrik, BBM Cukup

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyebutkan seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara sangat menginginkan kondisi daerahnya senantiasa kondusif, aman dan terkendali.

  • Kidung Pujian di Malam Natal Khidmat di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu), Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel bersama Kasdam I BB, Brigjen TNI T Aritonang serta Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mengecek sejumlah gereja di Kota

  • Menkum HAM Hadiri Natal Oikumene di Stadion Teladan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Perayaan Natal strategis dalam menciptakan suasana teduh dan damai di tengah berbagai perbedaan. Natal menjadi momentum untuk penguatan persaudaraan sesama anak bangsa dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb