• Home
  • News
  • 'Kebersamaan' Kata Kunci Menuntaskan Persoalan di Sumatera Utara
Senin, 13 Februari 2017 00:08:00

'Kebersamaan' Kata Kunci Menuntaskan Persoalan di Sumatera Utara

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi mengajak seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara senantiasa meningkatkan kerukunan antar umat beragama.

"Kebersamaan antara satu pemeluk agama dengan pemeluk agama lainnya merupakan kata kunci untuk menuntaskan berbagai masalah atau persoalan di daerah ini," tutur Tengku Erry saat meletakkan batu pertama pembangunan Kuil dan gedung Serbaguna Yayasan Missi Gurdwara Medan di Jalan Polonia Medan, Minggu (12/2/2017).

Hadir pada kesempatan itu Konjen India di Medan Shalia Shah, Yayasan Shree Guru Tegh Bahadur Gurdwara Dalbir Singh Kapor serta para pengurus yayasan lainnya, tokoh komunitas Sikh dr Geeta, Asisten Perekonomian dan Pembanganan Setdaprovsu Ibnu S. Hutomo, tokoh agama Sikh, dan masyarakat Sikh yang ada di Medan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Erry mengharapkan pembangunan kuil dan gedung serbaguna yayasan missi Gurdwara Medan terus memberikan kontribusi bagi peningkatan kerukunan umat beragama, serta masyarakat hidup berdampingan secara nyaman, damai dan harmonis dengan masyarakat disekitarnya.

Dengan modal kebersamaan, kita ciptakan kepemimpinan dan tata kelola pemerintahan yang baik, profesional dan transparan serta bebas KKN. “Diharapkan masyarakat Sumatera Utara selain mampu memanfaatkan potensi dan peluang yang dimiliki, juga dapat hidup lebih sejahtera lahir dan batin bagi penganut agamanya masing-masing,” sebut Erry.

Tengku Erry mengingatkan agama memiliki peran penting dalam membentuk karakter umat dalam menjalani aktifitas sehari-hari, peletakan batu pertama ini diharapkan menjadi momentum bagi Yayasan Missi Gurdwara Medan dan seluruh masyarkat untuk meningkatkan suasana kehidupan yang saling menghargai dan saling menghormati antara sesama umat beragama. “Karena Sumut merupakan negeri yang berbilang kaum, semua agama, etnis, kelompok, golongan, partai dan perbedaan ada di Sumatera Utara. Tapi ibarat pelangi kalau hanya satu warna tidak indah, namun karena berbeda-beda warna akan kelihatan indah,” kata Gubsu.

Selain itu Gubsu juga berharap, yayasan missi Gurdwara Medan terus meningkatkan partisipasi dan menyukseskan pemmbangunan di Provinsi Sumatera Utara, meningkatkan kerukunan umat beragama yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan persatuan dan kesatuan. “Sumbangsih pemikiran, gagasan, ide kreatif dari Yayasan Missi Gurdwara Medan sangat diharapkan oleh pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk dapat mewujudkan kerukunan umat di Provinsi Sumatera Utara, khususnya kota Medan yang kita cintai ini,” sebut Gubsu.

Sementara Konjen India di Medan, Dr Shalia Shah Medan pada kesempatan itu mengapresiasi yayasan yang akan melaksanakan pembangunan kuil. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat penting, khususnya untuk generasi muda. Karena dengan adanya pembangunan ini generasi muda khususnya dari agama Sikh yang ada di Sumut akan mengetahui sejarah dan kegiatan Sikh yang ada di India. “Terima kasih atas kesempatan ini dan diharapkan pembangunan ini dapat cepat selesai,” ujarnya.

Sementara yang mewakili Yayasan Shree Guru Tegh Bahadur Gurdwara  Dalbir Singh Kapor merasa sangat bangga atas waktu dan kesempatan Gubsu untuk hadir pada acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kuil dan Gedung Serbaguna Yayasan Missi Gurdwara Medan. Walaupun lanjutnya selama ini Bapak Gubsu terus mendukung masyarakat turunan India khususnya agama Sikh.

Dikatakannya dengan dukungan dan kehadiran Bapak Gubsu ini akan memberikan semangat bagi komunitas agama Sikh yang ada di Sumatera Utara dalam melaksanakan pembangunan Kuil dan Gedung Serbaguna agama Sikh. “Masyarakat turunan India khususnya agama Sikh tambah semangat dengan kehadiran dan dukungan Bapak Gubsu untuk membangun kuil dan gedung serbaguna ini, diharapkan pembangunan nantinya akan berjalan dengan baik dan lancar serta kerukunan antar umat beragama khususnya di Provinsi Suamtera Utara akan tetap harmonis dan terjaga kondusifitasnya,” kata Dalbir.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Sesalkan Pengerahan Massa ke YLBHI, GMKI Ajak Warga Tidak Terprovokasi Hoaks di Medsos

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia menyesalkan terjadinya mobilisasi massa dan penggerudukan ke kantor YLBHI di Jl. Diponegoro. Apalagi pengerahan massa ini dikarenakan adanya pr

  • Medan Berbenah Jadi Kota Jasa

    tahun lalu

    Dalam rencana pembangunan Kota Medan, tengah diupayakan menjadikan ibukota Provinsi Sumatera Utara ini sebagai kota jasa, salah satunya di bidang kesehatan. Sebagai kota metropolitan Medan seyogyanya sudah memiliki pusat-pusat pelayanan kesehatan yang te

  • Semua Pihak Tidak Bisa Lengah dan Lelah Jaga Kondusifitas

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Siapapun pihak terkait diminta untuk tidak lengah dan lelah dalam menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan nasional dan daerah. Hal itu dikatakan Gubernur sumut H T Erry Nuradi saat membuka pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakorda)

  • Masyarakat Tanjung Balai Rajut Lagi Persaudaraan

    tahun lalu

    Tanjungbalai (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengajak segenap masyarakat Tanjung Balai untuk bersatu membangun Kota Tanjung Balai tanpa harus memandang agama dan suku. Harapannya agar rasa kebersamaan dan persaudaraan

  • Akhyar Nasution Buka Muscab VI DPC Organda Kota Medan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Musyawarah Cabang (Muscab) VI Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Organda Kota Medan di Hotel Dharma Deli Medan, Kamis (9/2/2017

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online