KSP Makmur Mandiri
Jumat, 05 April 2019 13:11:00

Danau Toba Kini Miliki The Kaldera Toba Nomadic Escape

BAGIKAN:
Adol|pelitabatak
Menteri Pariwisata Arief Yahya usai menandatangani prasasti peresmian The Kaldera Toba Nomadic Escape bersalaman dengan Dr RE Nainggolan MM
Tobasa (Pelita Batak):
Pariwisata Danau Toba semakin menggeliat, objek-objek tujuan wisata dibangun dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Sebagaimana disebut Presiden Jokowi sebelumnya, dari sisi mana pun danau toba indah.

Terbukti, Kamis (4/4/2019) kemarin Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan The Kaldera "Toba Nomadic Escape". Ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pelepasan burung merpati.

Hadir bersama Menpar, Sekretaris Kementerian Pariwisata Ukus Kuswara, Staff Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media Don Kardono, juga Ketua Tim Percepatan 10 Bali Baru Hiramsyah S Thaib. Turut hadir, Bupati Tobasa Darwin Siagian, Wakil Bupati Tobasa Hulman Sitorus, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Bupati Dairi, Anggota DPD RI Asal Sumatera Utara Parlindungan Purba, Kordinator Tim Kelompok Ahli Dewan pengarah BPODT Dr RE Nainggolan,MM dan sejumlah investor.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan bahwa lahan The Kaldera lebih luas dari KEK Nusa Dua dan Tanjung Kelayang.

"Jadi harus dipahami. The Kaldera Toba Nomadic Escape itu berada di kawasan Toba Caldera Resort. Dan lebih luas dari Nusa Dua dan Tanjung Kelayang," kata Arief.

Menpar juga menjelaskan menjelaskan alasan membangun nomadic tourism di kawasan Danau Toba. Disebut sebagai nomadic tourism, berarti bisa berpindah pindah. "Kenapa bisa berpindah? Karena membangun amenitas yang tetap itu butuh waktu yang cukup lama," ujarnya.

Dijelaskannya, membangun sebuah amenitas seperti hotel berbintang butuh waktu hingga lima tahun. "Sebagai solusi, kita hadirkan nomadic tourism. Saya yakin solusi ini untuk selamanya," paparnya.

Dengan karakternya, The Kaldera dinilai sangat cocok untuk menerapkan nomadic amenitas.

"Jadi, kita membuat klasifikasi untuk wisata nomadic ini. Seperti nomadic atraksi kita terapkan di Borobudur. Di Labuan Bajo, kita buat nomadic akses. Karena disana dilengkapi dengan yacht dan lainnya. Tantangan The Kalder adalah membuat atraksi di luar The Kaldera. Dan ini menjadi tugas Kepala BPDOT," katanya.

Menpar asal Banyuwangi itu juga memberikan contoh nomadic tourism yang namanya sudah sangat populer. Namanya, Cikole Orchid Forest di Lembang, Jawa Barat.

"Fokus Orchid Forest adalah nomadic attraction. Karena, di sana ada acara live musik seperti Forchestra," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Menpar juga berharap Danau Toba bisa lebih menjual. Dan cara yang paling mudah adalah memakai 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas).

"Harus ada atraksinya. Kalau Kita ingin menjadikan Danau Toba destinasi utama, maka 3A harus kelas dunia. Yang ada saat ini baik atraksi budaya, manmade, alam semua bagus, belum mendunia," pungkasnya.

Dijelaskannya Kemenpar sedang fight agar Danau Toba dapat sertifikat sebagai Unesco Global Geopark. Menurutnya, Kemenpar akan terus berupaya agar Danau Toba mendapatkan status Unesco Global Geopark.

Usai menyaksikan peresmian lokasi wisata baru tersebut, Dr RE Nainggolan MM berharap agar proses pembangunan kawasan wisata tetap memperhatikan lingkungan, budaya dan kearifan lokal. "Kita bersyukur memiliki danau yang begitu luar biasa, alam yang penuh dengan keindahan," ujarnya. (TAp)
  BeritaTerkait
  • BPODT Bangun The Kaldera - Toba Nomadic Escape, Destinasi Kelas Dunia di Danau Toba

    3 minggu lalu

    SIBISA TOBASA (Pelita Batak):Semakin mantap. Status Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas semakin dipertegas dengan hadirnya destinasi kelas dunia. Namanya The Kaldera Toba Nomadic Escape. Dest

  • Kaldera Toba Anugerah Tuhan yang Luar Biasa, Ignasius Jonan Resmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba di Parapat

    tahun lalu

    Parapat(Pelita Batak): Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan Dalam kunjungan kerjanya ke Sumatera Utara meresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba, di Kabupaten Simalungu

  • Ini 10 Destinasi di Danau Toba Yang Oke Banget Buat Libur Lebaran

    11 bulan lalu

    Balige (Pelita Batak):Siapa yang berani meragukan keindahan Danau Toba? Danau yang ada di Sumatera Utara ini, menjadi salah satu objek wisata andalan Indonesia. Danau Toba juga lokasi tepat untuk meng

  • Pusat Habatakon (Batak Center) Didirikan untuk Menyelamatkan Kebudayaan Batak di Masa Depan

    8 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Kebudayaan Batak perlahan-lahan ditinggalkan oleh penganutnya yaitu orang-orang Batak itu sendiri, semakin tergerus oleh kemajuan teknologi informasi, pergaulan bebas, hedonisme

  • Sutrisno Pangaribuan dan Janter Sirait Nilai Pemilihan Tempat Natal Nasional 2016 Miliki Nilai Historis

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : <br></br> Kalangan DPRDSU, Sutrisno Pangaribuan ST dan Janter Sirait SE menyambut baik serta mengapresiasi rencana Pemerintah melaksanakan perayaan Natal Nasional 2016 di Dolok Sanggul. "Tentu ini kita sambut secar

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb