• Home
  • Humbahas
  • Setelah Negosiasi Dengan Pemilik Lahan Kolam Balai Benih Ikan Milik Pemkab Humbahas Normal Kembali
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 24 Juli 2019 17:01:00

Setelah Negosiasi Dengan Pemilik Lahan Kolam Balai Benih Ikan Milik Pemkab Humbahas Normal Kembali

BAGIKAN:
Abed|PelitaBatak
Doloksanggul (Pelita Batak):
Sebelumnya diberitakan. Kolam Balai Benih Ikan (BBI) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Humbang Hasundutan, sempat mengalami kekeringan beberapa minggu terakhir ini. 

Kejadian tersebut, diduga akibat adanya selisih paham antara pemilik lahan Oppu Putra Siringoringo (Buyung), keberatan atas pemecatan sepihak oleh Dinas Peternakan dan Perikanan atas anak kandungnya sendiri. Lammiduk siringoringo yang merupakan anak dari Oppu Putra Siringoringo adalah karyawan harian lepas yang dipekerjakan sudah bertahun tahun di Balai Benih Ikan yang terletak di Desa Janji Hutanapa itu. 

Mengetahui hal ini, Oppu Putra langsung keberatan, alasanya karena pihaknyalah pemberi lahan BBI  sekarang untuk diolah menjadi Balai Benih Ikan hingga sekarang.

Mengutip perkataan Oppu Putra. Sumber air kolam tersebut adalah berasal dari  areal persawahan miliknya di hulu puncak sumber air, akibat merasa kesal atas pemberhentian anaknya hingga sumber air miliknya tidak dioptimalkan sedia kala.

"Memang, ada kekurangan anak kami. Tapi jangn langsung di pecat lah, kan lahan ini semuanya adalah hibah yang kami berikan ke pemerintah. Diawal juga pada saat pemberian lahan, sudah kami diskusikan dengan baik, kalau tenaga atau pekerja disini mengutamakan putra daerah," Ucapnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan  Luhut Marbun. SP melalui Kepala Bidang Perikanan Rudi TH.  Simamora SPi mengaku, jikan hal ini sudah diketahuinya. Dan sudah selesai permasalahan tersebut didiskusikan.

"Memang kalau yang disebutkan pemberdayaan putra daerah, sekarang disana ada kita pakai juga namanya Ganti Siringoringo. Tapi intinya, kita sudah berdamai, dan bicara baik-baik di Polres Humbahas baru baru ini. Pihak pemilik lahan juga  sudah melakukan kesepakatan dan sudah berjanji akan memnyalurkan  kembali seperti sedia kala air melewati areal persawahan miliknya. Dan kalau sekarang airnya juga sudah berjalan normal," ucap Rudi.

Dan, Rudi mengaku, sebenarnya bukan melakukan penyetopan anggaran dalam operasional di BBI seperti yang pernah terkabar sebelumnya.  Namun ia menjelaskan kalau biaya operasional tidak ada sama sekali, namun yang ada biaya pengadaaan pakan dan honor tenaga non PNS di BBI. 

"Biaya operasional tidak ada, bukan di stop yang ada hanya biaya pengadaan  pakan dan honor tenaga non PNS " Jelasnya. (Abed Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Melalui Kedaulatan Pangan dan Ekonomi Kerakyatan Menuju Humbang Hasundutan Hebat dan Bermentalitas Unggul

    4 minggu lalu

    PendahuluanKITA patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kini Kabupaten Humbanghasundutan usianya mencapai 16 Tahun setelah terbentuk menjadi daerah pemekaran otonomi daerah baru salah satunya di I

  • Bangunan Bertingkat Ganggu Saluran Irigasi, Warga Desa Sibolahotang Surati Bupati Tobasa

    3 bulan lalu

    TOBA SAMOSIR (Pelita Batak):Desa Sibolahotang yang terletak di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara termasuk salah satu Desa yang paling unik.Apalagi, Desa Sibolahotang mem

  • Kemajuan Teknologi Belum Berdampak Bagi Kesejahteraan Masyarakat Batak

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):   Kemajuan teknologi yang tidak dibarengi dengan kemajuan kebudayaan kita. Kita tidak mampu secara kreatif menata kembali hubungan dan struktur sosial, politik dan ek

  • Menelusuri Liku-liku Jalan di Bonapasogit dan Merajut Semangat Leluhur

    2 tahun lalu

    Pulang ke kampung saya, Sigolang di lereng pebukitan Bukit Barisan di deretan Tapanuli Selatan sangat berkesan. Keberangkatan kali ini, diawali dihari Kamis, tanggal 27 April 2017 dengan bangun san

  • Hak Milik Atas Tanah: Hak Terkuat dan Masalahnya

    2 tahun lalu

    Oleh Ronsen LM Pasaribu   Pasal 16 Undang-Undang Pokok Agraria Nomor 5 Tahun 1960, atau disebut UUPA membedakan jenis Hak Atas Tanah yaitu Hak Milik, Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb