• Home
  • Humbahas
  • Lewat Germas, Bupati Humbahas Ajak Masyarakat Hidup Sehat
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 16 November 2018 18:42:00

Lewat Germas, Bupati Humbahas Ajak Masyarakat Hidup Sehat

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Foto bersama
Doloksanggul(Pelita Batak): Dalam kegiatan Pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) tingkat Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) yang diselenggarakan di halaman Komplek Perkantoran Aula Hutamas Simpang Tano Tubu Doloksanggul resmi di buka Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, Jumat, 16 Nobember 2018.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor mengatakan pembangunan kesehatan pada hakekatnya upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Menurutnya, saat ini bangsa Indonesia tengah menghadapi masalah kesehatan, dimana masih ada penyakit Infeksi dan juga meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi namun hingga saat ini belum teratasi secara keseluruhan.

*Di era 90 penyakit menular seperti ISPA, TBC dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan", ujar Bupati.

Seiring perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola Penyakit (Transisi Epidemiologi) dimana sekarang ini penyakit tidak menular (PTM) justru menduduki peringkat tertinggi, antara lain Stroke, Penyakit jantung koroner, kanker dan diabetes.

"Demi situasi ini perlu pembelajaran berharga dan ada langkah-langkah yang diperbuat sesuai dengan tujuan Germas perlu dilaksanakan oleh seluruh masyarakat yakni melakukan Aktivitas, mengkonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengkonsumsi Alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan juga menggunakan Jamban tidak sembarangan", sebut Dosmar.

Melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Humbang Hasundutan dr Budiman Simanjutak, senada dengan bupati menyebut bahwa Germas itu dalam rangka memasyarakatkan hidup sehat masyarakat di kabupaten humbang hasundutan, agar seluruh masyarakat sehat jasmani, untuk itu kita buat pendekatan kepada masyarakat melalui Germas.

Ditambahakan juga seluruh masyarakat harus terlibat dalam kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat karena gerakan ini perlu digaungkan sebagai salah satu perwujudan dari revolusi mental sesuai yang dicanangkan oleh bapak Presiden.

"Saya berharap melalui kegiatan pencanangan Germas ini merupakan langkah awal bagi kita semua untuk dapat bekerja sama dan membangkitkan rasa tanggungjawab bahwa sehat itu harus diawali dari diri kita sendiri," sebut Budiman. (Tim)
  BeritaTerkait
  • Gubernur Ajak Masyarakat Peduli Hidup Sehat

    tahun lalu

    Labuhan Batu (Pelita Batak):Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dicanangkan pemerintah yang bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, da

  • Pencanangan Germas di Deli Serdang dan Serdang Bedagai

    tahun lalu

    Serdang Bedagai (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Deli Serdang dan Serdang Bedagai, Selasa (17/10/2017).Pencanan

  • Bupati Humbahas Ajak TP PKK Berperan Aktif Mensukseskan Penanaman Jagung

    10 bulan lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak): Tahun 2018 ini Kabupaten Humbang Hasundutan mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat untuk melaksanakan pembudidayaan jagung seluas 20.000 hektare. Ini menjadi tugas uta

  • Ini Nama-nama Pemenang Jambore Kader PKK Kabupaten Humbahas

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak):Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang b

  • Bupati Humbahas:Jambore Kader PKK Harus Dapat Membawa Perubahan Bagi Masyarakat

    tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Plt Asisten Administrasi dan Kesra Drs AP Marbun membuka kegiatan jambore kader PKK tahun 2017 yang diselenggarakan di Aula H

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb