• Home
  • Humbahas
  • Koalisi Kependudukan dan Pembangunan di Humbang Hasundutan Dikukuhkan
KSP Makmur Mandiri
Sabtu, 06 Oktober 2018 14:30:00

Koalisi Kependudukan dan Pembangunan di Humbang Hasundutan Dikukuhkan

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Pengukuhan
Doloksanggul (Pelita Batak): Program Keluarga Berencana (KB) yang telah dilaksanakan sejak 1970-an, yang saat ini dikenal dengan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) telah memberikan kontribusi positif bagi bangsa Indonesia. Program ini bertujuan untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk sehingga tercipta keluarga kecil bahagia dan sejahtera.  Program ini guna mewujudkan target pembangunan kependudukan untuk mencapai kualitas penduduk yang tinggi dalam mencapai kemajuan bangsa. 

Demikian dikatakan Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora dalam acara sosialisasi penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) Kabupaten Humbang Hasundutan, Jumat 5 Oktober 2018 di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Dikatakan lagi, supaya program ini terwujud maka GDPK harus membentuk kelompok kerja karena apapun ceritanya  ini tidak dapat dikerjakan dinas secara parsial. Harus melibatkan seluruh OPD (organisasi perangkat daerah) termasuk memberikan perhatian yang serius. Dengan penguatan koordinasi dan sinkronisasi antar lintas sektor dan berbagai elemen masyarakat dalam penyusunan grand design kependudukan Kabupaten Humbahas akan menghasilkan  dokumen dan rumusan perencanaan pembangunan kependudukan berkualitas.

Tujuan koalisi merupakan wadah individu dan kelompok yang memiliki kepedulian terhadap pembangunan kependudukan dan beranggotakan dari berbagai latar belakang kepentingan dan dispilin ilmu, mengingat masalah kependudukan merupakan yang sangat kompleks. Sehingga kedepan, pemerintah sangat terbantu dalam mengarahkan kebijakan kependudukan dan KB. Selain itu, tugas utama koalisi kependudukan adalah memberikan solusi kepada pemerintah tentang pembangunan kependudukan melalui advokasi, komunikasi, edukasi, informasi dan berbagai sumbangan pemikiran.

Kemudian, Ketua Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Sumut Prof Drs Heru Santoso MS PhD mengukuhkan kepengurusan Koalisi Kependudukan dan Pembangunan untuk wilayah Humbang Hasundutan periode 2018-2021. Pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Kabupaten Humbahas periode 2018-2021 yang dilantik yaitu ketua umum DR Esra Sinaga M.Mis, ketua komisi I bidang kependudukan dan KB Pdt Dirgos Charly Lumbantobing, ketua bidang pendidikan dan ketenagakerjaan Drs Pensus Sihombing, ketua bidang pemberdayaan masyarakat perempuan RW Manalu, ketua bidang gizi dan kualitas SDM Pdt Dr Sugiarto, ketua bidang kemiskinan dan penduduk rentan Pdt Jon Albert Saragih MTh. Usai dikukuhkan, selanjutnya Wakil Bupati Humbahas dan lainnya menyematkan PIN kepada pengurus yang dikukuhkan.

Dalam sosialisasi itu tampil sebagai nara sumber Prof Heru Santoso dan Kabid Pengendalian Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Laura Ance Sinaga SKM(Tim)
  BeritaTerkait
  • Bupati Humbahas: PKH Mengurangi dan Memutus Rantai Kemiskinan

    12 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. PKH b

  • Ini Pengurus Baru Kwarcab Pramuka Humbahas 2017-2022 yang Dikukuhkan

    12 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Dosmar Banjarnahor SE selaku Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Humbahas secara resmi mengukuhkan dan melantik Peng

  • Ini Dia 130 Perda yang Telah Dicabut di Sumatera Utara

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak): Pemerintah memberi perhatian serius terhadap peraturan daerah (perda) yang bertentangan dengan aturan yang di atasnya dan yang menghambat investasi. Telah dihapus 3.143 perda.

  • Ini Nama-nama Pemenang Jambore Kader PKK Kabupaten Humbahas

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak):Gerakan PKK adalah gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang b

  • Parnados Menyatukan Masyarakat Humbahas Melalui Konser Aek Sibundong In Harmony

    2 tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Parsadaan Nahumaliang Doloksanggul (Parnados) sukses menggelar Konser Amal bertajuk "Aek Sibundong in Harmony" di Balai Sarbini, Jakarta, Sabtu malam, 22 Oktober 20

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb