• Home
  • Humbahas
  • Keren! ! 5 Pegiat Arung Jeram Warga Perancis Uji Nyali di Sungai Simonggo Parlilitan Humbahas
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 30 November 2018 15:22:00

Keren! ! 5 Pegiat Arung Jeram Warga Perancis Uji Nyali di Sungai Simonggo Parlilitan Humbahas

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Arung jeram warga Perancis
Parlilitan( Pelita Batak): Federation Fransaise Canor Kayak (FFCK) adalah salah satu perkumpulan pegiat Arung Jeram. Pegiat arung jeram yang berasal dari negara Perancis ini diketahui sudah dua hari (Selasa 27-28 September 2018)  menjejaki sungai Simonggo Desa Sion Timur Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbanghasundutan.

Sungai Simonggo yang dikenal dengan derasnya aliran sungainya adalah bukan rahasia umum lagi. Diketahui karena sungai ini selain sudah dipergunakan di beberapa titi aliranya sebagai pembangkit tenaga listrik, sungai ini merupakan salah satu sungai terbesar di Kabupaten Humbanghasundutan Sumatera Utara.

Informasinya, kelima turis asing, sengaja datang ke Indonesia untuk melihat potensi alam arus deras yang ingin dijajaki dalam petualang arung jeram. 

Kepada media ini, Michael yang merupakan salah satu petarung arung jeram mengaku, bahwa komunitasnya mengetahui potensi salah satu yang dijejaki adalah  Kabupaten Humbang Hasundutan dan setelah mengetahui lewat dalam pencarian di internet melalui google.

"Melalui pencarian di google, kami dapat kecamatan Parlilitan yaitu sungai Simonggo,  adalah salah satu yg kami kunjungi hari ini," ujarnya.

Menurut pengakuannya, Michael merupakan salah satu petarung arus deras yang sudah beberapa kali dapat juara di kanca ajang arung jeram tingkat Internasional.

"Kami datang dari negara kami Perancis untuk melihat potensi alam arus deras di Simonggo yang sudah kami coba dan ini sangat menantang dan bagus," katanya.

Saut Tumanggor yang merupakan warga setempat, sekaligus yang mendampingi warga Perancis itu selama di Parlilitan.  Mengaku sangat senang atas kehadiran pegiat arung jeram sekelas internasional menjejaki sungai Simonggo.

"Kami sangat bangga atas kedatangannya. Kan sudah luar biasa itu melalui aplikasi GPS Google jauh jauh dari Perancis datang kemari.  Katanya banyak lagi yang akan dikunjungi nanti ke sini. Mereka akan datang lagi ke sini mencoba arus sungai yang di Siantar Sitanduk Tarabintang dan Mungkur," ucap Saut. 

Saut berharap, kehadiran pegiat arus jeram dari Negara Perancis ini bisa menambah promosi potensi wisata arung jeram yang ada di Kecamatan Parlilitan dan Kecamatan Tarabintang di hari mendatang.

"Mereka katanya jangka dekat ini akan datang lagi, dan mengakui potensi sungai Simonggo ini sangat cocok katanya dalam potensi arung jeram dan mereka sangat senang berkunjung kemari dan semoga potensi ini dikembangkan pemerintah" ujarnya.(Abed Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Ada legenda Ular Menjadi Batu di Humbahas

    2 tahun lalu

    Terletak di Dusun Parduaduaan Desa Sihas Tonga Kecamatan Parlilitan. Desa ini merupakan batas Kecamatan Parlilitan dengan Kecamatan Tarabintang Kabupaten Humbanghasundutan.   Kalau kit

  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    2 tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Komisi V DPR RI Kunjungi Humbahas, Lihat Sipinsur dan Parulohan

    tahun lalu

    Humbahas(Pelita Batak): Anggota Komisi V DPR RI yang terdiri atas Dr Michael Wattimena SE MM selaku ketua tim (Partai Demokrat), Dr Capt Anthon Sihombing (Partai Golkar), Hj Saniatul Lativa SE MM (Par

  • 17 Tim Siap Adu Skil di Toba Kaldera Asahan River 2017

    tahun lalu

    Balige (Pelita Batak):Danau Toba makin intens menebarkan pesonanya. Kali ini, pesona destinasi yang sedang dipersiapkan menjadi ,10 Bali Baru, itu bakal membius wisatawan lewat Toba Kaldera Asahan Riv

  • Masyarakat Apresiasi Bupati Tempatkan Damkar di Pakkat Humbahas

    10 bulan lalu

    Pakkat(Pelita Batak): Bupati Humbanghasundutan Dosmar Banjarnahor  baru baru ini menempatkan 1 unit Pemadam Kebakaran beserta 11 Orang Personel di Kecamatan Pakkat Kabupaten Humbanghasundutan.Dos

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb