• Home
  • Humbahas
  • Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Dalam Rangka Pemilu 2019 di Humbanghasundutan
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 27 Februari 2019 16:29:00

Bawaslu Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Dalam Rangka Pemilu 2019 di Humbanghasundutan

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Sosialisasi
Doloksanggul(Pelita Batak): Badan Pengawas Pemilihan umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Utara bersama Bawaslu Kabupaten Humbanghasundutan menggelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif  dalam rangka Pemilihan Umum 2019.

Kegiatan ini bertempat di Aula Hotel Martin Anugerah Doloksanggul  Kabupaten Humbanghasundutan, Rabu, 27 Februari 2019.

Dari pihak Komisioner Bawaslu Sumatera Utara diwakili oleh  Koordinator Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran Herdi Munte, Koordinator Divisi Pengawasan Suhadi Sukendar Situmorang. Sedangkan Bawaslu Humbanghasundutan dihadiri oleh Ketua Bawaslu Jhon Wesly Pasaribu STh, beserta komisioner dan jajaran Bawaslu.

Ketua Bawaslu Humbanghasundutan Henry W Pasaribu STh, pada acara  pembukaan sosialisasi ini menjelaskan Kabupaten Humbanghasundutan merupakan salah satu daerah yang melaksanakan kegiatan ini dari daerah lainya di Sumatera Utara.

"Dari seluruh Kabupaten/Kota di daerah Sumatera Utara, Humbanghasundutan merupakan salah satunya yang ikut dalam sosialisasi ini. Selamat datang kami sampaikan kepada Bapak Komisioner Bawaslu Provinsi dan seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir," ucapnya.

Setelah sambutan, Komisioner dari Bawaslu Sumatera Utara diulosi sekaligus memberikan kesempatan kepada Komisioner Bawaslu untuk membuka acara sosialisasi.

Suhadi Sukendar Situmorang pada kesempatan itu dalam paparanya menjelaskan detail tahapan pemilu mulai dari landasan hukum hingga tahapan pelaksanaan Pemilu  Serentak 2019 dan pelanggaran-pelanggaran yang harus di awasi hingga pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Diketahui dari jumlah pemilu kita pemilu pemula atau generasi milenieal terdapat  30% Ikut menentukan haknya pilihnya dalam pemilu mendatang. Artinya, kita jangan sampai golput dan pastikan anda menggunakan hak pilih anda, jangan mau diberi uang untuk memilih calon tertentu dan bapak/ ibu yang hadir saat ini adalah bagian dari pengawas partisipatif dalam pemilu," tandasnya.

Di kesempatan yang sama melalui paparan Herdi Munte menjelaskan  
pengawasan partisipatif adalah mengajak dan mengawasi pemilu.

Herdi menambahkan, untuk. Tujuannya lebih memaksimalkan pengawasan pemilu yang dibantu oleh masyarakat dalam melakukan pengawasan pada pelaksanaan Pemilu 2019 mendatang, untuk itu diharapkan agar sama-sama mengawasi serta  mengawal pemilu 2019 dan jika ditemukan ada pelanggaran segera di laporkan baik ke panwas kecamatan atau kabupaten dan atau pun berupa pelanggaran yang dilakukan oleh Bawaslu sekalipun.

"Pada pemilu 2019, Bawaslu mempunyai tiga peran,yakni Pencegahan, penindakan dan pelayanan, saya berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman pengawasan pemilu sehingga dapat menyebar ke seluruh elemen masyarakat, kami sangat mengharapkan agar semua peserta sosialisasi dapat mengajak masyarakat untuk memastikan  pada pemilu 2019 berjalan dengan baik serta  jujur dan adil," ujarnya.

Setelah selesai pemaparan Panitia, kesempatan bertanya pada peserta juga diberikan oleh panitia sekaitan topik sosialisasi dan dijawab oleh narasumber.

Selain Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Utara dan Bawaslu Humbanghasundutan, acara ini juga dihadiri oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kabupaten Humbanghasundutan.

Acara ini juga dihadiri  oleh peserta dari pemilih pemula  Siswa/Siswi SMA dan SMK Negeri 1 Doloksanggul, Mahasiswa Akbid/Akper Kesehatan Baru Doloksanggul. Para Kelompok Tani, Penyandang Disabilitas Humbanghasundutan, Tokoh  adat dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Unsur Pramuka, Lembaga Kursus Informal, dan Insan Pers. (Abed Ritonga)
  BeritaTerkait
  • Pemkab Deli Serdang Bersama Bawaslu RI Gelar Sosialisasi Persiapan Pengawas Pilkada 2018

    2 tahun lalu

    Lubuk Pakam (Pelita Batak) ;Pemkab Deli Serdang bersama Bawaslu RI (Badan Pengas Pemilihan Umum) menggelar sosialisasi Tatap muka kepada Stakeholder dan masyarakat dalam rangka persiapan Pengawas Pemi

  • PDI Perjuangan Tapsel Gelar Rakorda Pemenangan Pilpres Dan Pileg 2019

    7 bulan lalu

    Sipirok (Pelita Batak): Struktural, kader dan simpatisan Partai Demokrasi Indonesia di Kabupaten Tapanuli Selatan diharapkan berbaur dengan masyarakat mengetahui kondisi, keluhan, harapan dan  k

  • Menuju Pemilu 2019: Bawaslu Humbahas Gelar Sosialisasi Pengawasan Kampanye

    7 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar sosialisasi pengawasan kampanye pada pemilihan umum (Pemilu) Anggota DPR RI, DPD,

  • Sosialisasi Kebijakan Pembinaan Netralitas dan Disiplin ASN

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Sekda Kota Medan Ir Wiriya Al Rahman MM menghadiri Sosialisasi Kebijakan Pembinaan Netralitas dan Disiplin Aparatur Sipil Ne

  • KPID Sumut Imbau Lembaga Penyiaran Patuhi Ranbu-Rambu Pemilu 2019

    satu bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Dalam rangka pengawasan Pemberitaan dan penyiaran iklan kampanye Pemilu 2019 di daerah dan memasuki masa tenang, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumatera Utara telah meng

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb