• Home
  • Humbahas
  • Bawaslu Humbahas Sosialisasi Penertiban Alat Peraga Kampanye
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 12 April 2019 19:54:00

Bawaslu Humbahas Sosialisasi Penertiban Alat Peraga Kampanye

BAGIKAN:
Abed Ritonga
Sosialisasi
Doloksanggul(Pelita Batak): Menjelang masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), gelar sosialisasi  penertiban Alat Peraga Kampanye (APK). Sosialisasi Pemilu kepada Stakeholder  penertiban APK itu, bertempat di Grand Maju Hotel, Jumat (12/4/2019).
 
Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Humbahas Henri Wesley Pasaribu, Kordiv Pencegahan dan Hubal Jahormat Lumban Toruan, Kordiv SDM Frida Purba, Ketua KPUD Humbahas Binsar Pardamean Sihombing, para pengurus Parpol Humbahas, personil Satpol PP Humbahas, Kesbangpol, Kejari, Polri, Perwakilan PPK dan Panswaslih Kecamatan dan lainnya.
 
Ketua Bawaslu Humbahas yang juga membidangi Divisi Penindakan, Henri Wesley Pasaribu dalam kesempatan itu memaparkan, aturan dan peraturan yang berlaku dalam Pemilu 2019. Sesuai dengan PKPU Nomor 23/2018, telah diatur masa kampanye dan masa tenang dalam pemilu. 
 
Ditegaskan, dalam pasal 24 PKPU Nomor 23/2018  tentang masa kampanye rapat umum dilakukan mulai 24 Maret sampai 13 April. Sedangkan pasal 25 PKPU Nomor 23/2018 tentang masa tenang dimulai pada 14 April-16 April 2019, sebelum dilakukan pemungutan suara.
 
Katanya, pada masa tenang, bahwa semua APK dan bahan kampanye lainya harus bersih dari pajangan atau posko pemenangan Capres-Cawapres, DPD dan DPR. "APK dan bahan kampanye harus bebas dari pengaruh sebelum digelarnya pemungutan suara, Rabu 17 April 2019. Untuk itu, penertiban APK dan bahan kampanye itu diharapkan kerjasama dari semua pihak khususnya para timses dan pengurus parpol," tegasnya.
  
Henri juga menghimbau agar para timses, parpol perserta pemilu untuk sepakat mematuhi aturan dan undang-undang tentang Pemilu diatas. Sebelum masa tenang, APK dan bahan kampanye lainnya agar ditertibkan sendiri parpol pengusung atau tim pemenangan capres dan cawapres, DPD serta DPR dan DPRD Provinsi DPRD Kab/Kota.

Bilamana Parpol atau pengusung capres dan cawapres atau tim pemenangan DPD DPR dan DPRD tidak menertibkan APK dan bahan kampanye tadi, maka pihak Bawaslu merekomendasikan kepada Satpol PP untuk dilakukan penertiban.
 
Sementara, untuk branding mobil dan APK yang menempel di Betor akan direkomendasikan kepada pihak Sat lantas Polres Humbahas untuk ditertibkan. "Terhitung sampai, Sabtu 13 April 2019, pukul 24:00 Wib, APK dan alat peraga kampanye harus sudah bersih dari pajangan atau posko pemenangan," tegasnya. (Tim)
  BeritaTerkait
  • KPU Dinilai Memihak pada Satu Paslon di Pilgub Sumut

    12 bulan lalu

    ​​Medan (Pelita Batak):Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara dituding tidak independen sebagai pelaksana pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode

  • Menuju Pemilu 2019: Bawaslu Humbahas Gelar Sosialisasi Pengawasan Kampanye

    6 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menggelar sosialisasi pengawasan kampanye pada pemilihan umum (Pemilu) Anggota DPR RI, DPD,

  • Jelang Pilgubsu, APK Harus Desain KPU

    tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Dalam tahapan kampanye pemilihan gubernur sematera utara (Pilgubsu), 15 Februari - 23 Juni 2018, Panwaslih Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menghimbau para pimpinan

  • Pemko Medan Bantu Banwaslu Bersihkan APK

    satu minggu lalu

    Medan  (Pelita Batak):Pembersihan Alat Peraga Kampanye  (APK) di Kota Medan dimulai, Minggu (14/4) dini hari. Pembersihan dilakukan setelah masa kampanye berakhir dan kini memasuki masa tena

  • Pilkada Serentak 2018, Ini Tahapannya

    2 tahun lalu

    Padangsidimpuan (Pelita Batak) : Dalam waktu dekat, Pemilihan Kepala Daerah akan berlangsung serentak di beberapa Provinsi, Kabupaten / Kota seluruh Indonesia yang telah ditetapkan Komisi Pemilih

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb