• Home
  • Budaya
  • Wali Kota Apresiasi Gebyar Suroan Budaya Jawa
Kamis, 19 Oktober 2017 14:54:00

Wali Kota Apresiasi Gebyar Suroan Budaya Jawa

BAGIKAN:
Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  sangat mengapresiasi digelarnya Gebyar Suroan Budaya Jawa  yang akan berlangsung di Lapangan Gajah Mada Jalan Krakatau Medan besok malam, Sabtu (21/10). Acara yang dimulai sekitar pkul 19.00 WIB itu akan menyungguhkan pagelaran wayang kulit dengan menghadirkanm  dalang asal Kota Solo, Jawa Tengah, Ki Jarot Soewarno.

Selain wayang kulit, acara yang digagas Keluarga Besar Suku Jawa di Kota Medan ini juga akan menampilkan pertunjukan Tarian Gatot Kaca Gandrung. Diharapkan pertunjukan yang disajikan ini dapat menghibur masyarakakat. Di samping itu  mengedukasi masyarakat, terutama generasi tentang seni budaya Jawa.

"Kita sangat mengapresiasi dan mendukung penuh digelarnya Gebyar Suroan Budaya Jawa ini. Selain sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya Jawa, kegiatan ini juga sebagai wadah silaturahmi seluruh masyarakat maupun komunitas etnis Jawa yang ada di Kota Medan," kata Wali Kota di Balai Kota kemarin.

Dikatakan Wali Kota, Pemko Medan selalu mendukung penuh seluruh kegiatan yang dilakukan dalam upaya pelestarian seni dan budaya tersebut. Dalam rangka pelestarian itulah, jelas Wali kota, Pemko Medan menggelar Pentas Seni dan Budaya (PSB) setiap malam Minggu di Jalan Pulau Penang.

"Melalui kegiatan ini kita harapkan masyarakat, terutama generasi muda dapat mengenal lebih jauh mengenai seni dan budaya seluruh etnis yang ada di Kota Medan.  Dengan mengetahuinya, masyarakat tentunya akan mencintai sehingga melestarikannya. Kita tidak mau seni dan budaya tergerus arus globalisasi. Jadi kita wajib melestarikannya," ungkapnya.

Ungkapan senada disampaikan Ketua Dewan Kesenian Medan (DKM) Rianto Ahgly SH, Gebyar Suroan Budaya Jawa ini harus didukung sebagai upaya untuk melestarikan seni dan budaya Jawa. Apalagi pagelaran wayang ini dinilainya mempunyai nilai estetis dan filosofis yang sangat mendalam.

Selanjutnya menurut pria yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Pendowo Sumut ini, pertunjukan wayang juga dapat membangun motivasi diri sekaligus mengandung ajaran hidup dari lakon-lakon yang disampaikan oleh sang dalang. Untuk itu Rianto mengajak seluruh masyarakat beramai-ramai menyaksikan digelarnya Gebyar Suroan Budaya Jawa.

Diakui Rianto di tengah kemajuan teknologi dan derasnya arus globalisasi, kesenian wayang ini kurang menarik perhatian generasi muda. "Untuk itu perlu dilakukan trik agar generasi muda mencintai kesenian tradisionil wayang ini. Salah satunya dengan menanamkan kesenian wayang ini sejak dini kepada para generasi muda," ungkap Rianto.

Selain Wali Kota, Gebyar Suroan Budaya Jawa  ini juga rencananya akan dihadiri Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi, tokoh dan sesepuh masyarakat Jawa serta masyarakat Jawa yang ada di Kota Medan. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Ini Makna Pemberian Wayang Kulit untuk Gubernur Sumut

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H Tengku Erry Nuradi, MSi mengatakan tingginya kultur adat budaya di Sumatera Utara (Sumut) yang penuh dengan keanekaragaman, masyarakat umumnya dan khususnya

  • Masyarakat Diajak Saksikan Pertunjukan Seni & Budaya Tapteng Sabtu Malam

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Plt Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan, Drs Hasan Basri MM mengajak warga Kota Medan untuk menyaksik

  • Lewat Tangan Dingin Hj Rita Batik Medan Semakin Dikenal Publik

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Selama ini batik Medan mungkin belum dikenal banyak orang dibandingkan dengan batik yang diproduksi para pengerajin batik dari Pulau Jawa. Namun lewat kerja keras dan tangan dingin Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasd

  • Peragaan Busana Batik dan Songket Medan Meriahkan Grand Launching Layanan Bank Sumut Prioritas

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Peragaan busana Batik dan Songket Medan hasil kreasi  Ketua Dekranasda Kota Medan, Hj Rita Maharani  Dzulmi Eldin SH ikut memeriahkan acara Grand Launching Layanan Bank

  • Wali Kota Canangkan Kampung KB Sehat Sejahtera Kota Medan 2016

    2 tahun lalu

    Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi mencanangkan Kampung KB Sehat Sejahtera Kota Medan tahun 2016 di Jalan Takenaka, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Selasa (10/5). Melalui program ini diharapkan dapat menggalakkan revolusi mental

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online