• Home
  • Budaya
  • Ternyata Ini Arti Cicak dan Payudara Pada Simbol Batak
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 21 Oktober 2016 10:05:00

Ternyata Ini Arti Cicak dan Payudara Pada Simbol Batak

BAGIKAN:
Int|PelitaBatak
PelitaBatak.com - Dalam ornamen budaya masyarakat Batak, kerap kita menjumpai gambar maupun ukiran berupa cicak dan payudara. Seperti saat Anda sedang berwisata ke Samosir, Sumatera Utara, cobalah perhatikan lebih jeli ornamen-ornamen yang menghiasi segala bangunannya, terutama bangunan rumah. Anda pasti akan menemui ukiran seekor cicak menghadap empat buah payudara. Apa maknanya?
 
Cicak merupakan binatang yang selalu ada dimana-mana, termasuk di setiap rumah. Nah, orang Batak juga diharapkan bisa menjadi seperti cicak, bisa ‘menempel’ dimana-mana, meskipun bukan di rumahnya sendiri.
 
Para suku Batak yang seringkali merantau haruslah dapat tinggal dan beradaptasi dimanapun tempat perantauannya. Juga saat dalam situasi genting, dapat menyelamatkan diri dengan mengecoh musuhnya.
 
Sementara empat payudara dimaksudkan untuk melambangkan sosok ibu yang penuh dengan unsur kehidupan, kasih sayang, kesucian, dan kesuburan. Seperti suku-suku lainnya, suku Batak juga selalu menjunjung dan menghormati ibunya.
 
Dulu, sosok wanita ideal pada suku Batak juga digambarkan dengan wanita yang berpayudara besar karena diyakini dapat memberikan ASI yang berlimpah dan bermanfaat bagi kesehatan anak-anaknya.
 
Simbol cicak dan empat payudara tersebut juga posisinya selalu sama, yakni cicak yang menghadap keempat payudara. Ini artinya adalah orang Batak selalu mengingat dan pulang ke tanah kelahiran dimana ibunya berada, walau sejauh apapun mereka merantau. (tobatabo/TAp)
  BeritaTerkait
  • Asal Muasal Sigalegale, Patung Penari dari Tanah Batak (6)

    3 tahun lalu

    III. Penutup Perlu kita ketahui bahwa masyarakat Batak sangat kaya akan kebudayaan. Salah satunya adalah kebudayaan berupa legenda atau mitos. Legenda merupakan suatu cerita dari generasi ke g

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Keempat)

    2 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. HutaurukII. Bahasa Figuratif dalam Sejarah Penafsiran Alkitab1. Interpretasi Alegoris dan TipologisBahasa figuratif rupanya jadi alat tafsir buat para bapa gereja yang  

  • Teologi dan Bahasa Figuratif: "Pendeta Representasi Figur Kristus"? (Bagian Keenam)

    2 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Dr.  J.R. HutaurukIII. Ungkapan "Representasi"1. Pengertian UmumUngkapan "representasi" masih acap digunakan dalam komunikasi tulis dan komunikasi lisan. Sebenarnya kata "representasi"

  • Pahitnya Kehidupan Antarkan DL Sitorus 'Rebut' Kesempatan Hidup

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ternyata kisah hidup yang pahit semasa kecil yang menempah DL Sitorus atau pemilik nama lengkap Darianus Lungguk memaksanya untuk merebut kehidupan yang sukses itu baginya. Bukan

  • Jalan Dengan Segala Aspeknya

    tahun lalu

    Oleh: Ronsen PasaribuIngin tahu, kita bicarakan ihwal pentingnya pengaturan jalan bagi manusia.Jalan ya jalan. Tanpa butuh definisi, kita paham apa arti jalan. Hanya ada yang membedakan istilah di ber

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb