• Home
  • Budaya
  • Simulasi Pesta Adat Batak 'Marlaning-laning' Digelar Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Jakarta
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 04 April 2017 11:32:00

Simulasi Pesta Adat Batak 'Marlaning-laning' Digelar Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) di Jakarta

BAGIKAN:
Courtesy Fokus Medan
Acara PSBI
Jakarta(Pelita Batak): Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) menggelar simulasi pesta untuk melestarikan adat istiadat suku Batak, Sumatera Utara, yang dikemas dalam tema 'Marlaning-laning' di Hotel Park, Cawang, Jakarta Timur, Minggu 2 April 2017.
 
Acara tersebut merupakan rangkaian pembuka dari Pesta Bolon yang puncaknya bakal dilaksanakan pada bulan Juli 2017 mendatang."Kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian untuk melestarikan adat istiadat Suku Batak. Ini acara berdiskusi untuk kakak adik. Kita keluarga besar Simbolon dalam wadah organisasi tunggal PSBI. Kita adakan tradisi sekaligus ritual adat 5 tahun sekali yaitu pesta Bolon dan juga kongres," ujar Ketua PSBI, Effendi Simbolon.
 
Pesta Bolon ini merupakan kali ketiga yang digelar marga Simbolon di seluruh Indonesia untuk menjaga tradisi budaya batak. Sekaligus, merupakan acara pemilihan ketua PSBI yang kongresnya digelar pada 3-9 Juli 2017 di GOR. Soemantri, Kuningan, Jakarta. Kongres tersebut rencananya akan dhadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
 
"Minggu lalu kami menghadap presiden sekaligus mengundang. Beliau akan hadir membukan pesta bolon dan kongres PSBI. Kami sangat terharu dan terhormat karena presiden beri perhatian khususnya bagi bangsa batak yang akan kita laksanakan di Kuningan," ungkap Anggota DPR dapil DKI Jakarta itu.
 
Pesta Bolon juga akan diwarnai kegiatan turnamen olahraga. Seperti, sepakbola, lari, dan catur. Pada bidang seni budaya akan ada lomba paduan suara pria dan wanita, vocal grup Batak, vocal solo anak, cipta lagu Batak, opera Batak, dan Lawak Batak.
 
"Ada pula lomba fashion show, design, donor darah oleh PMI, Simbolon Musical Show, dan Pesta Adat Batak," tutur Effendi.
 
Menariknya, Pesta Bolon juga menyelenggarakan acara keagamaan yang disebut "Ibadah Raya". Bukan hanya nasrani, acara tersebut juga dilaksanakan bagi ummat muslim sebagai bentuk solidaritas dan toleransi. Acara ini akan diikuti oleh seluruh keluarga besar Simbolon pada tanggal 7 dan 8 Juli 2017.
"Kami ada kebaktian raya untuk penganut kristen dan katolik. Ada juga tabligh akbar untuk agama islam di hari Jumat," jelas Effendi.
 
"Kita kedepankan toleransi umat beragama dan bermasyarakat. Kami kan ada di rantau. Kami dukung program pemerintah, pemerintah juga harus perhatikan kelestarian adat," tutupnya.(R2/indopos) 
  BeritaTerkait
  • Lomba Koreo 'Simbolon Martumba' Banjir Peminat

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Seratus grup peserta memastikan diri mengikuti lomba Koreo Simbolon Martumba 2017 di Gedung Theater Nyi Ageng Serang, Jakarta. Lomba diikuti peserta dari berbagai daerah di anta

  • Wapres Buka Musyawarah Masyarakat Adat Batak 2016

    2 tahun lalu

    Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan, perbedaan suku, adat istiadat dan agama justeru membuat Indonesia kuat. Perbedaan tersebut juga merupakan kekayaan khazanah bangsa yang tidak dimiliki bangsa lain.

  • Effendi MS Simbolon Lantik Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) Yogyakarta

    tahun lalu

    Yogyakarta(Pelita Batak): Pesta akbar adat Batak Bolon serta rakernas Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan digelar pada Juli 2017 mendatang.   Dalam rangka menghadapi ac

  • 8 Juli 2017 Puncak Pesta Bolon Simbolon Direncanakan Dihadiri Jokowi

    tahun lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Ketua Umum Punguan Simbolon Boruna Indonesia (PSBI) Effendi MS Simbolon mengatakan, pesta Bolon Simbolon puncaknya akan digelar pada 8 Juli 2017 di GOR Sumantri Brojonegoro, Kun

  • Wapres Jusuf Kalla Akan Buka Musyawarah Masyarakat Adat Batak 2016 se-Indonesia di Parapat, 29-31 Juli 2016

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Menteri LHK Siti Nurbaya , Menteri PUPR, Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Sumatera Utara, Teuku Erry Nuradi serta Ketua Umum PSBI, Effendi Simbolon, dan Deputi Setwapres menga

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb