KSP Makmur Mandiri
Selasa, 20 Juni 2017 11:16:00

Pre Event SAFE #2 digelar di Medan

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Rumah Karya Indonesia melalui ketujuh agenda yang dirancang sepanjang 2017 ini semakin serius memaknai, merawat dan menghidupkan tradisi. Setelah menggelar Dokan Arts Festival #3 Mei 2017 lalu, kali ini bergeser beberapa kilometer ke Kabupaten Dairi tepatnya di Tao Silalahi dengan mengusung Silahisabungan Arts Festival #2. Agenda yang dirancang sebagai bagian pengenalan Tao Silalahi sebagai konsep geopark ini akan dilaksanakan pada 21-23 Juli 2017 mendatang.

Ojax Manalu, Direktur Rumah Karya Indonesia mengatakan bahwa panggung seni dan budaya akan diisi oleh masyarakat lokal Dairi sebagai lakon tradisi daerah. Bahkan, pertunjukan Opera Batak yang mengangkat cerita Sagu-sagu marlangan tersebut akan diperankan langsung oleh pemuda Paropo dengan bantuan pelatih teater dan sekaligus sutradara cerita, Agus Susilo.



Tidak hanya itu saja, Silahisabungan Arts Festival yang memiliki peranan penting dalam mengekspos kearifan lokal Tao Silalahi agar menghidupkan perekonomian masyarakat pun menghadirkan konsep Camping yang diberi nama "Seribu Tenda". Bekerjasama dengan beberapa komunitas pejalan, kegiatan ini diharapkan mampu memanjakan pengunjung untuk berwisata sekaligus menikmati pertunjukan dari panggung budaya dan kesenian yang diadakan di Bukit Baha, Desa Paropo.

Dalam rangka publikasi dan pencarian dana, maka Rumah Karya Indonesia turut menggelar Pre event diantaranya di Desa Paropo, Tongging, Silalahi, Medan dan Sidikalang. Dalam Pre event yang baru-baru ini dihelat di Medan, tepatnya di De Caldera Coffee Jalan Sisingamangaraja, sekitar 70 orang hadir dan berkontribusi mendukung kegiatan tersebut. Diantaranya Alimin Ginting, Gagarin Sembiring dan Karmel Simatupang yang merupakan pengurus di Geopark Kaldera Toba.

Dalam presentasinya, Alimin Ginting menyampaikan konsep Geopark (Taman Bumi) dan strategi kebudayaan serta kekayaan alam yang ada di Tao Silalahi. Setelah itu, Drs.Passiona M.Sihombing Manager SAFE juga menjelaskan potensi-potensi Tao Silalahi dan langkah-langkah yang ingin diwujudkan melalui manajemen seni dan hudaya yang digelar.



Bahkan, Ojax Manalu juga mempresentasikan capaian-capaian SAFE #1 2016 yang berdampak pada perekonomian masyarakat. Tak hanya itu, bahkan hadir pula Siti Aminah Perangin-angin dan Jenny Berutu yang keduanya merupakan Anggota DPR Provinsi Sumatera Utara komisi Pariwisata dan Kebudayaan daerah pemilihan Dairi turut hadir dalam undangan.

"Acara seperti ini harus didukung dan diapresiasi, sebab kegiatan didalamnya sangat bermanfaat dalam menunjang kelestarian kebudayaan. Sayang dilewatkan begitu saja," ujar Jenny Berutu, disela-sela kata sambutannya. Bahkan, keduanya mengatakan siap membantu Rumah Karya Indonesia untuk menjalankan kegiatan Silahisabungan Arts Festival ini.

Dalam Pre event ini, Naposo Silahisabungan Medan juga diundang secara resmi untuk mengikuti wadah diskusi bersama panitia SAFE. Virgo Silalahi, Ketua dari Perkumpulan tersebut memberikan saran agar dapat mewujudkan wadah pendidikan bagi anak-anak perkampungan. Bahkan, ia menawarkan kesediaannya untuk membantu memfasilitasi wadah tersebut. Respon ini ditanggapi positif bahkan mewujudkan kerjasama yang harmonis agar meningkatkan kontribusi pemuda Silahisabungan dalam penguatan kerja SAFE #2.

Selain daripada wadah diskusi, juga dihadirkan pertunjukan musik akustik, tarian Batak Toba, pembacaan puisi, serta penjualan kaus untuk donasi SAFE #2. Pre event ini akan dilanjutkan di Sidikalang, tepatnya pada 1 Juli 2017.

  BeritaTerkait
  • Pre Event Silahisabungan Arts Festival #2 digelar di Paropo

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Danau Toba bukan hanya Parapat dan Samosir saja, namun Tao Silalahi yang memiliki situs sejarah dan kebudayaan Raja Silahisabungan perlu dipromosikan sebagai kawasan Geopar

  • SAFE : Festival Seni Budaya Rasa Tamasya

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Rumah Karya Indonesia kembali melanjutkan'misi'-nya puluhan kilometer, tak jauh dari Kabupaten Karo setelah sebelumnya menggelar Dokan Arts Festival pada 1 2017 lalu. T

  • Hujan Tak Halangi Pengunjung Nikmati Seni & Tari Karo

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Meski diguyur hujan deras namun panggung hiburan rakyat yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan tetap berlangsung dengan meriah di Jalan Bukit Barisan, Sabtu malam (24/9/2016). Untuk edisi kedua ini, Dis

  • Danau Toba Siap Sambut Presiden Jokowi pada Perayaan Natal Nasional di Humbahas

    2 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Menjadi salah satu destinasi prioritas yang ditetapkan Presiden Joko Widodo dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar), membuat Danau Toba semakin banjir acara. Jumlah wisatawan yan

  • Akhyar Nasution Minta Masyarakat Berpartisipasi Dukung Porwil

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mendukung penuh digelarnya Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) III Kota Medan tahun 2017. Selain menjadi ajang pembinaan atlet-atl

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb