• Home
  • Budaya
  • Pertamina Turut Jaga Kelestarian Monumen Raja Sisingamangaraja XII
KSP Makmur Mandiri
Jumat, 29 Juli 2016 14:08:00

Pertamina Turut Jaga Kelestarian Monumen Raja Sisingamangaraja XII

BAGIKAN:

Medan (Pelita Batak)

Sebagai bentuk kepedulian dan upaya menjaga keselstarian budaya, PT Pertamina (Persero) memugar monumen pahlawan nasional asal Sumatera Utara Sisingamangaraja XII di Medan, Jumat (29/7/2016). Aksi ini diawali dengan pengecatan monumen secara simbolis oleh Direktur SDM dan Umum Pertamina Dwi Wayhu Daryoto didampingi GM Pertamina Marketing Operation Region I Romulo Hutapea.

Direktur SDM dan Umum Pertamina Dwi Wayhu Daryoto mengatakan, monumen Sisingamangaraja XII memiliki makna yang sangat besar bagi rakyat Indonesia, terutama bagi masyarakat Sumatera Utara.

Keberadaan monumen tersebut merupakan salah satu bagian dari sejarah nasional yang memiliki kekayaan budaya dan kearifan lokal.

Diberitakan antarasumut, Pertamina berkeinginan agar kekayaan budaya dan kearifan lokal tersebut dapat terus dijaga sehingga keberadaan monumen Sisingamangaraja XII harus dirawat.

Karena itu, BUMN yang bergerak dalam penyediaan BBM tersebut melakukan pemugaran agar keberadaan monumen itu bisa selalu diketahui masyarakat.

"Pemugaran ini wujud nyata kepedulian Pertamina sebagai perusahaan energi nasional dalam menjunjung tinggi kearifan lokal dan nilai-nilai budaya," katanya.

Sementara itu, GM Pertamina Marketing Operation Region I Romulo Hutapea mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan BUMN tersebut diharapkan dapat mendorong kesadaran berbagai pihak dalam melestarikan berbagai monumen penting di Kota Medan.

"Monumen Sisingamangaraja XII adalah salah satu monumen penting. Pemugaran ini diharapkan dapat membuat monumen Sisingamangaraja XII lebih dinikmati masyaraka sebagai objek wisata," katanya.

Selain pengecatan, pemugaran tersebut juga dilanjutkan dengan pembersihan area monumen Sisingamangaraja XII oleh puluhan karyawan Pertamina dan pemberian bantuan sebesar Rp40 juta dalam bentuk barang untuk memperbarui monumen itu.

Pemugaran monumen itu disaksikan Ketua Umum Yayasan Sisingamangaraja XII R Boru Hutagalung dan pengurus Lembaga Sisingamangaraja XI Sanggam SH Bakkara.

Ketua Umum Yayasan Universitas Sisingamangaraja XII R Boru Hutagalung mengungkapkan apresiasinya dan terima kasihnya atas kepedulian Pertamina dalam merawat monumen pahlawan nasional tersebut.

"Kami bersukur kepada Tuhan perusahaan sebesar Pertamina peduli dengan monumen Sisingamangaraja XII," katanya.

Pengurus Lembaga Sisingamangaraja XI Sanggam SH Bakkara menjelaskan, Raja Sisingamangaraja XII lahir di Bakkara, Kabupaten Tapanuli Utara dan meninggal pada tahun 1907 setelah dikejar selama 30 tahun oleh Belanda.

Pahlawan nasional itu terkenal sebagai sosok yang sakti, tetapi berlaku adil kepada rakyatnya.

Raja Sisingamangaraja XII nelawan Belanda karena melakukan penindasan dan menerapkan politik adu domba. "Karena itu, beliau melawan karena tidak mau Tanah Batak dijajah Belanda," katanya.

Meski tokoh masyarakat Batak, tetapi Sisingamangaraja XII memiliki nasionalsme tinggi sehingga mau bekerja sama dengan Kesultanan Melayu dan kerajaan di Aceh. (TAp/Ant)

  BeritaTerkait
  • Pre Event SAFE #2 digelar di Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Rumah Karya Indonesia melalui ketujuh agenda yang dirancang sepanjang 2017 ini semakin serius memaknai, merawat dan menghidupkan tradisi. Setelah menggelar Dokan Arts Festival #3

  • Opera Batak Turut Jaga Kebersihan Lingkungan di Balige Toba Samosir

    3 tahun lalu

    "Inilah karya nyata Opera Batak kali pertama, setelah didirikan bulan Mei 2016 lalu. Meskipun umurnya baru satu bulan lebih, kami sudah langsung menunjukkan identitas Opera Batak. Karena organisasi ini didirikan dari niat tulus, ikut membantu pemerin

  • Ini Lokasi Wisata Bagus di Humbahas

    3 tahun lalu

    Kabupaten Humbanghasundutan menyimpan panorama alam yang luar biasa untuk dunia pariwisata. Wisata alam, kuliner, wisata air dan yang lainnya bisa memberikan sentuhan pengalaman yang alami dan spektakuler.

  • Jemaat HKBP Banda Aceh: Satukanlah Kami ya Tuhan

    2 bulan lalu

    Aceh (Pelita Batak):Satukanlah kami ya Tuhan, satukan dengan ikatan yang kuat. Satukanlah kami, ya Tuhan, satukan dengan kasihMu yang kekal. Allah yang Esa, Raja yang Esa, umat yang esa, pujian bergem

  • Jokowi Minta Jaga dan Lindungi Danau Toba,  

    3 tahun lalu

    Presiden Joko Widodo beserta Ny Iriana didampingi Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi dan Ketua TP PKK

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb