• Home
  • Budaya
  • Pagelaran Festival Seni dan Budaya Sumut Sukses Memikat Hati Generasi Milenial
KSP Makmur Mandiri
Senin, 25 Maret 2019 08:59:00

Pagelaran Festival Seni dan Budaya Sumut Sukses Memikat Hati Generasi Milenial

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Medan (Pelita batak):
Pagelaran Festival Seni dan Budaya yang diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Sumatera Utara (DKSU) di Taman Budaya Sumatera Utara. Di mana kegiatan ini berlangsung dari tanggal 19 s/d 24 Maret 2019 sukses dan memikat hati para generasi milenial.

Ketua Panitia, Jimmy Sihahan mengatakan kegiatan hari ini menjadi sejarah bagi DKSU yang berkiprah dalam memajukan seni dan budaya saat ini. Kegiatan kali ini dikemas dari 9 komite dalam bentuk krasi seni seniman Sumut dan ada berbagai perlombaan serta workshop. 

Ada 5 perlombaan seperti tari kreasi, vocal, akting, film pendek, puisi dan sketsa di mana kegiatan ini banyak dari kalangan pelajar di Sumut.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman panitia yang bekerja keras dalam terselenggaranya kegiatan ini, Kegiatan ini merupakan tonggak dari kebangkitan seni dan budaya yang selama terabaikan oleh kita semua. 

Semoga kegiatan ini nanti mampu menjadikan agenda rutin dan sebagai wadah para pecinta seni yang ada di Sumut," papar Jimmy Sihahan.

Dalam sambutannya Ketua DKSU Baharuddin Saputra SH mengatakan Festival Seni Budaya Sumut yang berlangsung dari 19-24 Maret 2019. didukung penuh oleh Bapak Gubernur yang menampilkan berbagai kegiatan melibatkan beragam seni dan budaya yang ada di Sumut dari berbagai kegiatan dari 9 komite yang ada di DKSU.

Menurutnya, tanpa dukungan Gubsu sebagai Ketua Dewan Pembina DKSU tentunya Festival Seni Budaya Sumut 2019 tidak mungkin berjalan sesuai yang beliau harapkan, untuk mendorong kemajuan seni, budaya dan pariwisata Sumut.

Dia menjelaskan momentum ini baik untuk mendukung terselenggaranya event promosi seni dan budaya Sumut yang diprakarsai DKSU. Lebih jauh menjadi arena berkreasi bagi para Seniman Dan Pekerja seni untuk berekspresi lewat berbagai karya terbaiknya.

"Sesuai harapan Gubernur Edy Rahmayadi, festival ini mendukung kemajuan pariwisata dan seni budaya menjadi salah satu visi dan misi "Sumut Bermartabat' yang prioritas dalam meningkatkan kunjungan wisatawan," paparnya.

Dalam sambutannya, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Kadisbudpar Sumut, Wan Hidayati mengatakan atas nama Pemprovsu menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini dan mengucapkan terimakasih atas partisipasi seluruh penggiat seni di Sumut yang telah ikut serta pada Festival Seni dan Budaya 2019 kali ini.

"Para penggiat seni harus tetap semangat terus menerus dalam mempertahankan keberlangsungan tatanan nilai sehat dan dinamis dalam sebuah kompleksitas masyarakat yang heterogen dan multikultural," jelasnya.

Dia menjelaskan melalui kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan hal-hal yang positif yakni meningkatkan partisipasi dan apresiasi masyarakat pada umumnya dan generasi muda pada khususnya serta mampu menumbuhkan rasa kecintaan terhadap seni dan budaya dalam rangka menata kehidupan masyarakat baik aspek sosial, ekonomi, politik maupun bidang lainnya.

"Festival seni dan budaya 2019 ini merupakan media dan forum kegiatan nasional, upaya menghayati semangat tersebut sehingga bersentuhan budaya akan semakin intensif. Jadi, diharapkan kegiatan ini dapat dijadikan ruang silaturahmi dan interaksi seni serta menjadi tolak ukur sehingga keberadaannya mampu memberikan kontribusi bagi dunia pariwisata dab meningkatkan citra Sumut dan mampu ikut ambil bagian dalam peta pembangunan budaya bangsa," paparnya.

"Saya berharap Festival Seni Budaya Sumut menjadi agenda rutin tahunan bagi Dewan Kesenian Sumut dan terjadwal setiap tahunnnya yang nantinya dapat diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara," tambahnya.(TAp|*)
  BeritaTerkait
  • Hebat ! Festival Budaya Batak di Kalbar Dihadiri Ribuan Orang

    2 tahun lalu

    Kalbar (Pelita Batak) : Merantau jauh dari kampung halaman, bukan berarti harus terlepas dari akar budaya dan kebersamaan dengan kerabat. Hal itu tampaknya yang ingin dibuktikan ribuan orang

  • Liber Simbolon : Bandara Silangit Sumatera Utara Dibangun Saat Pendudukan Jepang

    tahun lalu

    Pangururan(Pelita Batak): Upaya pemerintah untuk membenahi berbagai sektoral infrastruktur antara lain pariwisata, perkebunan, pelabuhan, pertanian, jalan tol, lapangan udara  di Sumatera Utara m

  • Sekda Berharap Ja'far Hasibuan Harumkan Nama Sumut Dikancah Internasional dengan Temuan Obat Kulit

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) menerima kunjungan silaturahmi Muhammad Ja'far Hasibuan sebagai Delegasi Indonesia yang mengikuti Kompetisi Penemu Inovasi

  • Medan Juara Umum Festival Nasyid

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kota Medan berhasil keluar sebagai juara umum Festival Seni Nasyid ke - XX Tingkat Provinsi Sumatera tahun 2016 yang berlangsung selama sepekan ini di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (6/12) malam.

  • SAFE : Festival Seni Budaya Rasa Tamasya

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Rumah Karya Indonesia kembali melanjutkan'misi'-nya puluhan kilometer, tak jauh dari Kabupaten Karo setelah sebelumnya menggelar Dokan Arts Festival pada 1 2017 lalu. T

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb