• Home
  • Budaya
  • Marga Lubis Lestarikan Budaya Batak Lewat Pesta Tugu
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 17 Juli 2018 14:26:00

Marga Lubis Lestarikan Budaya Batak Lewat Pesta Tugu

BAGIKAN:
IST|pelitabatak
Jakarta (Pelita Batak):
Sebagai upaya untuk memelihara budaya dan adat Batak sekaligus menghormati leluhur, Pomparan Jobit Mangaraja Lubis akan menggelar pesta budaya yang dirangkai dengan peresmian  Tugu Jobit Mangaraja Lubis (JML) yang di Haunatas, Laguboti, Toba Samosir 20-21 Juli 2018.

Rangkaian acara dimulai pada tanggal 20 Juli 2018 dengan kebaktian dan perjamuan Kudus yang dipimpin oleh Pendeta Resort HKBP Laguboti. Kemudian dilanjutkan pembukaan yang ditandai dengan pengguntingan pita sekaligus sambutan Ketua Panitia Pembangunan Tugu JML, Mangisara Marcos Lubis (Op. Tondi Lubis) dilanjutkan sambutan Ketua Peresmian, Rovinus Lubis, SH dan arahan penasehat Irjen Pol. Purn. Drs. Demak Lubis.

Puncak acara pada tanggal 21 Juli 2018, adalah acara adat manortor Keluara Besar Lubis dohot Boru dari Keluarga Besar Raja Sitorus sebagai Boru Suhut dohot boru natua-tua Raja Siahaan, Raja Silitonga, Raja Hutapea dan Raja Sihombing.

Juga, diadakan manortor Keluarga Besar Hula-Hula Raja Panjaitan, Raja Sibarani disertai mamasu-masu Keluarga Besar Lubis Pomparan Jobit Mangaraja Lubis melalui pemberian ulos .

Adapun di tugu yang menjadi simbol kebersamaan dihiasi cawan yang diletakkan di puncak Tugu Jobit Mangaraja Lubis. Cawan ini melambangkan "Perjanjian Baru yang Memateraikan Darah Kristus Yesus Untuk Pengampunan dan Penebusan Dosa Kita Sebagai anak-anak-Nya  yang diambil dari Alkitab 1 Kor 11 ayat 24-26 dan Matius 26: 27)."

Ketua Panitia Pembangunan Tugu JML, Mangisara Marcos Lubis (Op. Tondi Lubis) mengutarakan melalui Pembangunan Tugu JML diharapkan terpelihara budaya dan adat Batak sekaligus menghormati leluhur. 

"Pun, menjadi wadah mempersatukan Keluarga Besar Pomparan Jobit Mangaraja Lubis sehingga generasi muda yang akan datang bisa memahami asal-usulnya dan melestarikan adat budaya Batak serta menghormati leluhurnya," ujar dia.

Lebih lanjut Mangisara mengatakan acara peresmian Tugu JML ini dalam rangka memperlihatkan potensi budaya yang bisa dikemas untuk "Wisata Budaya". 

"Acara inipun untuk memuliakan Tuhan sebagai Sang Pencipta kita dengan melakukan kebaktian bersama untuk menyembah dan memuji Tuhan Yesus Kristus dengan harapan Pomparan Jobit Mangaraja Lubis kedepan semakin bersatu, maju, berjaya, sejahtera dan berguna untuk pembangunan Bangsa Indonesia," tandasnya.(red)
  BeritaTerkait
  • Bakti Sosial Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Urat Diserbu Warga

    6 hari lalu

    Samosir (Pelita Batak):Tim pelayanan Bakti Sosial pelayanan kesehatan dalam rangka Pesta Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Desa Parsaoran Urat Palipi Samosir dengan suka cita memberi

  • Ini Dia Enam Jenis Kultur Material Batak Toba

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):   Bentuk kultur material dari hasil budaya Batak Toba nampak dalam berbagai bentuk, seperti kultur mengalit, ukiran, gorga, tenun ulos, rumah adat, dan lain-lain.

  • Ini Kekuatan Orang Batak Toba Menurut Pastor Dr. Herman Nainggolan, OFMCap

    3 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):   Orang Batak Toba memiliki kelebihan-kelebihan. Demikian disampaikan Pastor Dr. Herman Nainggolan, OFMCap dalam Seminar Tahun Keluarga HKBP Distrik X Medan-Aceh,

  • Pagelaran Adat Budaya Sianturi Lumban Gambiri

    3 bulan lalu

    Muara, Tapanuli Utara (Pelita Batak):Pesta partangiangan bolon atau doa syukuran Sianturi Lumban Gambiri se-Indonesia 2019 yang digelar selama tiga hari berturut-turut, di Huta Sihilap, Kecamatan Muar

  • Pesta Syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang Adakan Pangelaran Seni dan Budaya

    3 minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Parsadaan Situmorang Sipitu Ama dohot Boruna (PSSAB) akan menggelar pesta syukuran Revitalisasi Tugu Ompu Tuan Situmorang di Desa Parsaoran Urat, Kecamatan Palipi, Kabupaten Samos

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb