• Home
  • Budaya
  • Bupati Samosir Hadiri Peletakan Batu Pertama "Ruma Parsaktian Raja Ompu Tamba Tua"
KSP Makmur Mandiri
Senin, 21 Mei 2018 15:46:00

Bupati Samosir Hadiri Peletakan Batu Pertama "Ruma Parsaktian Raja Ompu Tamba Tua"

BAGIKAN:
Ist
Dr Bongsu Tamba
Samosir (Pelita Batak): Bupati Samosir menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Rumah Parsaktian dan Mess Raja Tamba Tua,  di Huta Sibabiat Desa Tamba Dolok Negeri Tamba Kecamatan Sitiotio Kabupaten Samosir, Minggu, 20 Mei 2018.

Rumah parsaktian dan Mess Tamba Tua dibangun tepat disamping Tugu Op.Raja Tamba  Tua yang dibangun untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di antara keturunan Op.  Raja Tamba Tua diseluruh dunia dan menjadi tempat persinggahan dan pertemuan.

Bupati Samosir dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Samosir sangat mendukung pembangunan ini. Hal ini menunjukkan adanya kebersamaan di keturunan Tamba Tua. Intinya untuk mewujudkan pembangunan ini mari kita tingkatkan kebersamaan sedikit demi sedikit membantu bisa jadi banyak dan cukup. 

Pemerintah Kabupaten Samosir sangat mendukung kegiatan ini yang menunjang kebudayaan. "Kita punya Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga, bangunan ini bisa dijadikan penunjang kebudayaan bisa nanti jadi salah satu pusat wisata. Keturunan Raja Tamba Tua akan tau sejarah dan Budayanya dengan berkunjung ke bangunan ini," ujar Bupati.

Untuk masyarakat Tamba, lanjut Bupati, akan terus memperbaiki sarana dan prasarana antara lain pembangunan jalan.

"Kita akan memperlebar dan memperbaiki jalan akan kita bangun jalan tembus ke daerah lain sehingga akan mempermudah masyarakat dalam memasarkan produk pertaniannya. Kita minta masyarakat mendukung setiap kegiatan pembangunan seperti penyerahan lahan bila dibutuhkan dalam proses pembangunan," kata Rapidin. 

Bupati berjanji akan mendukung proses pembangunan Rumah Parsaktian dan Mess Raja Tamba Tua,  karena kegiatan ini mendukung Budaya. "Kita akan berusaha membantu dari APBD dimana pada acara ini hadir juga Ketua DPRD Samosir dan beberapa anggota," ujarnya.

Tampak hadir diacara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Samosir Risma Simarmata,  Anggota DPRD Samosir Sarokel Tamba dan Saut Tamba.

Kepala SKPD yang mendampingi Bupati seperti Asisten II Saul Situmorang, Asisten III Marsinta Sitanggang,  Kepala Bappeda Rudi Siahaan,  Kepala Dinas Parawisata  Ombang Siboro, Kadis Pertanian Erkanus Simbolon, Kadis Nakerkoperindag Viktor Sitinjak, Camat Sitiotio Dumoch Pandiangan, Kabag ULP Sardo Sirumapea dan Sekretaris Dinas Kominfo Rohani Bakara.(ril)
  BeritaTerkait
  • Pesta Bolon Raja Sonang Sedunia Dihadiri Puluhan Ribu Pinompar Oppu Raja Sonang Sedunia

    2 bulan lalu

    Samosir(Pelita Batak): Pesta Siraja Sonang Sedunia berlangsung meriah dan sukses di huta Riniate, desa Pardomuan, kabupaten Samosir yang dihadiri puluhan ribu Keturunan Siraja Sonang Sedunia Dari Selu

  • Museum HKBP: Terobosan Pendidikan dan Pariwisata

    3 bulan lalu

    Tarutung(Pelita Batak): Seminarium Sipoholon Kab. Tapanuli Utara, 4 Juli 2018, HKBP mengadakan Peletakan Batu Pertama Museum HKBP di Seminarium Sipoholon.  Pembangunan Museum ini sangat pent

  • Bishop GKPI Resmikan Koordinasi Wilayah VII untuk Dukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bishop GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Pdt Oloan Pasaribu MTh meresmikan wilayah VII yang meliputi Humbang Hasundutan - Tobasa – Samosir, dan sekaligus m

  • Panitia Lomba Antar Desa dan Masyarakat Kecewa, Pemkab Simalungun dan Tobasa Tak Hadiri Pengumuman

    2 tahun lalu

    Ambarita-Samosir (Pelita Batak) : Panitia Lomba Antar Desa kawasan Danau Toba beserta masyarakat kecewa ketidakhadiran perwakilan Pemerintah Kabupaten Simalungun dan Toba Samosir (Tobasa) pada pe

  • Pembangunan PLTA Hasang Didukung Penuh Pemerintah Toba Samosir

    2 tahun lalu

    Pembangunan PLTA Hasang Didukung Penuh Pemerintah Toba Samosir

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb