• Home
  • Artis
  • PARFI Sumut Siap Gali Kearifan dan Kekayaan Budaya Lokal
Kamis, 20 Juli 2017 02:37:00

Dilantik 22 Juli 2017

PARFI Sumut Siap Gali Kearifan dan Kekayaan Budaya Lokal

Dr RE Nainggolan,MM : Saatnya Pemerintah Beri Perhatian
BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Tokoh Masyarakat Sumut Dr RE Nainggolan MM diabadikan bersama Ketua PARFI Sumut Dra Murni Huber, Shaut Hutabarat, Hartaulina Sembiring, Christian Verdi Fau dan Adol Frian Rumaijuk.
Medan (Pelita Batak) :
Ketua Umum PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia) Febriyan Aditya dijadwalkan akan melantik kepengurusan PARFI Sumut, Sabtu (22/7/2017) di Gedung Binagraha Jl Pangeran Diponegoro No 21 Medan. PARFI Sumut bertekad mengangkat nilai-nilai budaya dan kearifan lokal ke dunia film.

Demikian disampaikan Ketua PARFI Sumut Dra Murni Huber ketika menemui Tokoh Masyarakat Sumut Dr RE Nainggolan,MM di Medan, Rabu (19/7). Banyak konsep yang sudah dirancang PARFI Sumut, untuk diwujudkan dalam memacu para actor dan aktris lokal yang terpendam selama ini.

Murni yang juga didampingi Shaut Hutabarat, Hartaulina Sembiring dan Christian Verdi Fau mengatakan, selain mengundang RE Nainggolan hadir di acara pelantikan juga untuk meminta masukan dan arahan. "Kami berencana untuk mengangkat konten-konten lokal. Seperti pembuatan film "Siantarmen", sudah kami rencanakan dan kami sudah mendapat respon dari Wakil Wali Kota Siantar Herfiyansah," ujarnya sembari menjelaskan pelantikan nantinya akan dihiasi dengan tema budaya Nias.

Kemudian ditambahkan Shaut Hutabarat yang juga telah banyak makan asam garam di dunia perfilman di Sumut, masih banyak potensi lokal yang belum terangkat sebagai bahan pembuatan film. Menurutnya, dari pengalaman pembuatan film lokal, banyak bibit actor maupun aktris yang terbenam karena tidak ada fasilitasi untuk itu.

"Kami selama ini masih kesulitan untuk mendapat perhatian dari pemerintah, bagaimana caranya untuk mendapatkan dukungan dari pemerintah masih belum bisa kami mengerti," ujar Shaut.

Menurut Shaut, dengan menggalakkan dunia perfilman di Sumut akan membantu generasi muda jauh dari narkoba. Akan banyak kegiatan untuk mengisi waktu generasi muda dengan hal-hal yang bermanfaat.

Sebelum pelantikan, pada Jumat 21 Juli 2017, akan dilakukan workshop tentang perfilman dengan melibatkan sejumlah sekolah negeri maupun swasta tingkat SLTA yang ada di Medan.

Menanggapi hal ini, Dr RE Nainggolan MM, berharap dengan adanya kepengurusan PARFI Sumut nantinya bisa mempromosikan kawasan Danau Toba dan potensi daerah lainnya.
"Memang sudah saatnya PARFI Sumut diaktifkan, di Indonesia sudah dimulai sejak 1956. Dan kita harus memulai dan berusaha untuk itu," ujarnya.

Dia menyarankan, agar PARFI Sumut memulai dengan hal-hal yang sederhana namun bermanfaat. Seperti film documenter kebudayaan yang ada di Sumut. Dan tidak berhenti hanya di produksi, namun juga dipromosikan. "Film pendek dengan durasi 15 menit tentang documenter, kearifan lokal, dan sebagainya. Kemudian hasilnya dikirim ke lembaga-lembaga internasional, sehingga benar-benar dinikmati oleh semua pecinta film," ujarnya.

Sebagai tokoh yang juga selalu memberikan waktunya kepada pengembangan pariwisata di Kawasan Strategis Nasional Danau Toba, agar PARFI ke depan lebih banyak mengangkat budaya dan kondisi yang ada di Danau Toba.

"Sudah saatnya jugalah, pemerintah provinsi maupun kabupaten dan kota memberikan perhatian untuk itu. Satu hal yang baik misalnya mengangkat film, 'Siantarmen', documenter tentang Danau Toba, film lingkungan tentang Bahorok dan lain sebagainya," ujarnya.(TAp)


  BeritaTerkait
  • Ulos Warisan Budaya Bangso Batak Jadi Media Diplomasi Kebudayaan

    12 bulan lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) memandang perlu dan penting untuk mengangkat kembali ulos menjadi warisan leluhur bangsa Batak untuk dilestarikan. Karena itu, di Sekretariat YPDT di Cawang, Jakarta Timur, YPDT mengadakan disku

  • Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) Gelar Diskusi Kamisan: Dulu, Ada Doa Khusus untuk Tenun Ulos Batak

    12 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Ulos adalah salah satu kekayaan warisan leluhur bangsa Batak. Kondisi warisan leluhur tersebut makin tergerus oleh minimnya minat kita mencintai ulos. Generasi muda makin tid

  • Buka FDT 2016, Pagar Betis Siswa Puluhan Kilo Meter Sambut "Karnaval Pejabat"

    tahun lalu

    Muara (Pelita Batak) :<br></br> Pembukaan Festival Danau Toba 2016 di Muara, Tapanuli Utara berlangsung dengan "karnaval pejabat". Ratusan siswa/siswi SMA menjadi pagar betis sepanjang jalan dari Bandara Silangit hingga lokasi acara

  • Festival Kuliner 2016 Digelar di Atrium Hermes Place

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi membuka Festivasl Kuliner 2016 di Atrium Hermes Place Jalan Walter Monginsidi Medan, Jumat (30/9/2016). Diharapkan even yang berlangsung selama tiga hari inidapat mempromosikan pariwisa

  • Gubsu Minta Gali dan Kembangkan Kearifan Lokal

    tahun lalu

    Sidikalang (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Ir H T Erry Nuradi MSi menutup Pesta Budaya Njuah-njuah Tahun 2016, Jumat (30/9/2016) di Stadion Panji Sidikalang Kabupaten Dari. Ribuan warga Dairi menyaksikan kemeriahan Penutupan Pesta Budaya

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online