• Home
  • Apa & Siapa
  • Ini Dia Irjen Pol. Arman Depari yang Berpengalaman di Reserse
Rabu, 25 Mei 2016 23:24:00

Ini Dia Irjen Pol. Arman Depari yang Berpengalaman di Reserse

BAGIKAN:
Tribunnews.com/Theresia Felisiani

Jakarta (Pelita Batak):

Sejumlah nama perwira tinggi kepolisian dikabarkan masuk dalam bursa calon Kabareskrim. Satu di antara yang disebut-sebut adalah Irjen Polisi Arman Depari.

Setidaknya, nama ini dianggap layak menjadi Kabareskrim Polri oleh Ketua Indonesia Narkotic Watch (INW) Josmar Naibaho.

Josmar merasa yakin, sebagai komandan Arman yang dikenal tegas sekaligus suka mengayomi, bisa mengawasi sekaligus memotivasi jajarannya, khususnya di lingkungan Reserse narkoba, agar bekerja lebih tulus.

"Jam terbang beliau, khususnya dalam pemberantasan narkoba cukup meyakinkan," kata Josmar, seperti dikutip dari tribunnews.com.

Keyakinan yang sama juga dikatakan Edi Hasibuan. Mantan anggota Kompolnas yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (LEMKAPI), ini menilai, Arman cukup berpeluang dalam bursa tersebut.

Arman, kata dia, adalah jenderal bintang dua, satu di antara perwira tinggi Polri yang memiliki kariernya cukup gemilang.

"Arman memiliki karier gemilang di bidang Reserse," katanya.

Dunia Reserse, memang bukan hal asing bagi Arman Dapari. Sebagai catatan, Arman Dapari lulus Akademi Kepolisian pada 1985.

Perwira muda ini langsung menjabat sebagai Kasub Unit Pembunuhan dan Penculikan Ditserse Polda Metro Jaya.

Berada di unit itu mengharuskannya setiap hari berhadapan dengan para penjahat jalanan, penjahat kambuhan, dan residivis yang tak segan membunuh.

Ada sebuah prestasi yang ditorehkan Arman Depari saat berada di unit yang namanya cukup menyeramkan tersebut.

Arman dan jajarannya saat itu berhasil mengungkap tuntas kasus pembunuhan bos Irama Tara, Nyo Beng Seng, yang kala itu sempat menggegerkan 'dunia persilatan' Ibu kota.

Sepertinya, Dunia Reserse dianggap sesuai dengan talenta Arman. Jenjang karier Anak Berastagi ini tetap dipertahankan di jajaran Reserse dengan jabatan baru yang tak jauh berbeda dari sebelumnya, sebagai Kasub Unit Kejahatan Kekerasan.

Posisi ini membuat Arman pun harus bergerak semakin cepat memburu para bandit Ibukota.

Di lingkungan Reserse Polda Netro Jaya, Arman yang sempat dijuluki 'Si Cowboy' ditugaskan ke Biak dan Papua sebagai Wakapolres.

Tapi tak berlangsung lama, mantan Kasub Unit Pembunuhan dan Penculikan ini diperintahkan kembali turun ke lapangan.

Arman dikembalikan ke 'asal'-nya, ia dipercaya mengisi pos Kasat Serse Umum Polda Riau. Selanjutnya, Arman ditarik ke Polda Sumatera Utara dengan jabatan yang sama, Kasat Serse Umum Polda Sumut.

Di Medan Arman sempat memegang tongkat komando Kapolres Langkat, tapi lagi-lagi, Arman kembali ke lingkungan Reserse dan dipercaya menjadi Wakil Direktur Kriminal Umum Polda Sumatera Utara.

Sebelum kembali ke Ibukota. Arman juga sempat menjadi KaDensus 88 Anti Teror Bom Polda Sumatera Utara. Arman Depari sepertinya memang Reserse sejati.

Menjelang tanda bintang melekat di pundaknya, ia tetap tak beranjak dari lingkungan Reserse.

Mabes Polri mempercayakan ayah tiga anak ini sebagai Dir Narkoba Polda Metro Jaya dan Dir Narkoba Bareskrim Polri.

Tentu saja, jam terbang sebagai polisi narkoba membuat Arman semakin matang. Apalagi, sesuai tuntutan tugas yang diemban, Ia harus mampu menjalin kerja sama dengan polisi lintas benua.

Dalam kiprahnya, berbagai prestasi telah ditoreh. Tentu yang masih segar dalam ingatan, ketika ia menjabat sebagai Kapolda Kepri sejak 27 Agustus 2014 lalu.

Tak hanya kampung narkoba di Batam yg diubek-ubek, Arman Depari juga tak memberi ampun kepada penjahat penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar bersubsidi yang sudah bertahun-tahun merampok BBM di Kepri. Ia juga menutupi rumah-rumah judi gelanggang permainan.

Kini Arman yang menduduki pos Deputi Pemberantasan BNN disebut-sebut masuk bursa calon Kabareskrim Polri.(tribunnews.com)
 

  BeritaTerkait
  • Irjen Pol. Arman Depari Sosok Ideal Jabat Kabareskrim

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Munculnya nama Irjen Polisi Arman Depari dibursa calon Kabareskrim Polri, merupakan angin segar bagi pemberantasan narkoba di Indonesia. Ketua Indonesia Narkotic W

  • Putera Karo, Irjen Pol Arman Depari Masuk Bursa Calon Kabareskrim Polri

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Nama-nama jenderal memasuki daftar bursa Calon Kabareskrim, kali ini Deputi Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman Depari, disebut-sebut masuk ke dalam bursa c

  • Ternyata Kota Medan Belum Bentuk BNNK

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak): Ternyata hingga saat ini Kota Medan belum membentuk Badan Narkotika Nasional Kotamadya Medan(BNNK). Sementara wilayah tingkat dua lainnya di Sumatera Utara rata-rata sud

  • Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi Jabat Kapolda Sumut

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak):<br></br> Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si, lahir di Bogor, Jawa Barat , 14 Agustus 1966. Kini sudah dijadikan sebagai tokoh Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sejak Oktober 2016, ia menjabat sebagai Kepa

  • Warga Dilarang Mendekati Lokasi Tewasnya Pelaku Narkoba

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Badan Narkotika Nasional (BNN) menangkap 3 pelaku narkoba di Medan, Sumatera Utara. Salah satu pelaku tewas ditembak karena melawan petugas dengan dua lainnya langsung diaman

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online