• Home
  • Agama
  • Tokoh Agama se-Kota Medan Gelar Dialog
Rabu, 31 Mei 2017 19:47:00

Tokoh Agama se-Kota Medan Gelar Dialog

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Pemerintah Kota Medan menggelar Dialog Antar Tokoh Agama Se-Kota Medan dalam tajuk Pertemuan Tokoh Agama Dalam Rangka Membangun Kota Medan 2017. Pertemuan yang diselenggarakan di Hotel Santika Medan, Rabu (31/5/2017).

Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, M.Si hadir membuka secara langsung dialog yang diikuti oleh ratusan Tokoh Agama yang ada di Kota Medan antara lain tokoh agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu dan Budha.

Turut hadir Dandim 0201/BS Kolonel. Inf Bambang Herqutanto, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandy Nugroho, Ketua PN Medan, DR. Marsudin Nainggolan, Dandenpom I/5 Letkol CPM David Medion, Camat dan Lurah se-Kota Medan.

Di awal sambutannya, Walikota mengingatkan bahwa hubungan kerukunan umat beragama adalah hubungan yang dilandaskan dengan toleransi, saling pengertian, saling menghormati, saling menghargai dalam ajaran agamanya masing-masing dalam kehidupan bernegara.

"Syukur Alhamdulillah, harmoni sosial di Kota Medan selama ini masih tetap terjaga dengan baik. Tentu ini semua berakar dari terciptanya kerukunan hidup beragama di Kota Medan yang dikenal sebagai masyarakat multi etnis," ujar Eldin.

Ditengah perkembangan informasi teknologi, masyarakat harus cerdas dalam menelaah setiap informasi yang masuk kedalam pikirannya. Saat ini terdapat jutaan informasi yang bisa diakses setiap harinya. Kita harus cerdas melihat informasi mana yang berifat positif dan juga yang bersifat propaganda.

Untuk itu Walikota berpesan kepada seluruh tokoh agama yang hadir, bahwa mereka berperan penting sebagai filter informasi kepada masyarakat luas terkait isu-isu sensitif yang bisa menyebabkan perpecahan. Terutama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa khususnya dalam menentukan arah pembangunan Kota Medan kedepannya. Sehingga diyakini mampu menghadirkan kehidupan Kota Medan yang tentram dan damai dalam lingkar keberagaman serta multikultural.

"Kita jadikan moment harmonis dalam dialog ini menjadi motivasi kita bersama dalam meningkatkan peran Tokoh Agama sebagai kutub penyelamat terhadap potensi timbulnya konflik di Kota Medan," harap Eldin.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Sandy Nugroho sendiri turut menambahkan bahwa kehati-hatian dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan yang menyangkut urusan agama perlu diperhatikan.

"Persoalan agama harus bisa diselesaikan dengan duduk bersama antar umat beragama. Saya sangat mengapresiasi pertemuan dialog antar tokoh agama se-Kota Medan ini. Dengan sering para Tokoh Agama berdialog tentang pembangunan umat manusia di Kota Medan bisa mencegah konflik sejak dini," kata Sandy.

Sebelumnya oleh Asisten Pemerintahan dan Sosial Kota Medan Drs. H. Musaddad, M.Si selaku panitia pelaksana menyebutkan bahwa dialog antar tokoh agama ini adalah dalam rangka mendapatkan saran dan masukan dari para tokoh agama di Kota Medan untuk mewujudkan Kota Medan yang Multikultural dan Religius.

Dalam pembahasan materinya akan diisi oleh sejumlah narasumber seperti Drs. Palit Muda Harahap, Mgr. DR. A.B Sinaga, Eddy Suyono Setiawan. DR. H. Ahmad Zuhri dan DR Muriyanto

Selain itu kegiatan dialog ini dirangkaikan dengan kegiatan buka bersama antara Pemerintah  Kota Medan dengan segenap Tokoh Agama se-Kota Medan. (HS|TAp)
  BeritaTerkait
  • Pemegang Rekor Muri Gelar Halal Bi Halal 2016  

    tahun lalu

    prestasi Bapak DR H Rahmat Shah, ini menjadi kebanggan bagi Kota Medan dan pemerintah Kota Medan memberikan apresiasi dan terimakasih semoga rekor Muri ini tidak hanya menjadi motivasi bagi Bapak Rahmat Shah sekeluarga tetapi menjadi motivasi bagi&a

  • Ini Cerita Tentang Mayor Jenderal TNI Fransen G. Siahaan

    tahun lalu

    Mayor Jenderal TNI (Purn.) Fransen G. Siahaan (lahir di Medan, 27 Mei 1958; umur 58 tahun) adalah seorang Purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat lulusan Akademi Militer tahun 1983 dari kecabangan Infanteri. Saat ini Perwira Tinggi Mabes TNI dalam

  • 4 November, Gubernur Sumut Harapkan Demo Berjalan Damai

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi berharap rencana aksi demo besar-besaran ormas Islam pada Jumat, 4 Nopember 2016 untuk menyampaikan aspirasi di sejumlah kota di Indonesia termasuk di Provinsi Sumatera Utara dihimba

  • Ketua Komite II DPD RI, Parlindungan Purba : Sumut Pasti Kondusif

    11 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Masyarakat Sumatera Utara diharapkan tetap menjaga kondusifitas dan kekompakan bersama pasca gelar perkara Gubernur non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Percayakan kepada aparat hukum dalam menyelesaikan masalah tersebut.

  • Akhyar Nasution Ajak Semua Elemen Terus Jaga Kekondusifan Kota Medan

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Meskipun Kota Medan hingga saat ini masih dalam kondisi kondusif namun Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengingatkan semua untuk selalu waspada dan jangan terlena. Sebab, tidak tertutup kemungkinan ada yang ingin merusak

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online