• Home
  • Agama
  • Ribuan Kaum Ibu Shalat Tasbih di Gubernuran
Selasa, 13 Juni 2017 12:27:00

Ribuan Kaum Ibu Shalat Tasbih di Gubernuran

BAGIKAN:
ist|pelitabatak
Medan (Pelita Batak) :
Ribuan ibu-ibu dari berbagai organisasi dan pengajian pada kegiatan shalat tasbih di rumah dinas Gubernur (Gubernuran) Jalan Jend Sudirman Medan, Senin (12/06/2017).

Didampingi istri Hj Evi Diana Br Sitorus, Gubernur menyapa sembari memberikan bingkisan serta bersalaman langsung dengan keseluruhan ibu-ibu yang hadir.

Shalat tasbih yang digelar ibu-ibu ini selain meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan, juga bertujuan untuk mempererat ukuwah Islamiyah serta menumbuh kembangkan ikatan persaudaraan.

Rangkaian sholat tasbih, zikir dan tausiyah ini langsung dipimpin oleh mualimah Nurhalimah Lubis dihadiri ibu-ibu dari Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Provsu, Muslimat Al-Washliyah Sumut, Muslimat NU Sumut, Aisyiyah Sumut, pengajian Al-Hidayah Sumut serta pengajian Mualimah Nurhalimah Lubis.

Ketua TP PKK Provsu juga Ketua Dekranasda Provsu, HJ Evi Diana Br Sitorus mengatakan, shalat tasbih ini masih awam bagi kaum muslim, karena tidak semua muslim yang melakukan shalat tersebut. Oleh karenanya kata Evi, tidak ada salahnya di hari baik dan di bulan Ramadan ini, ibu-ibu menambah ilmu agamanya dan meningkatkan keimanannya dengan melakukan shalat tasbih.

"Manfaat shalat tasbih ini cukup banyak, dapat mencegah kita dari perbuatan munkar, dapat menentramkan dan menenangkan hati, mendapatkan pahala juga menghapus dosa. Inilah makanya kita bersama-sama menggelar shalat tasbih di hari ke-17 Ramadhan," ujar Evi.

Dalam kesempatan itu, Evi juga mengatakan dengan niat untuk mengharapkan ridho illahi, semoga hal-hal yang baik dapat dilakukan secara berkesinambungan meskipun setelah bulan Ramadhan berakhir. "Saya juga mengimbau mari kita bantu saudara kita fakir miskin dan anak yatim piatu agar mereka juga dapat merasakan kebahagiaan terutama di bulan Ramadhan ini," ujar Evi sembari mengatakan bulan ramadhan akan senantiasa dapat meningkatkan rasa solidaritas, kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama.

Mualimah Nurhalimah Lubis dalam tausiyahnya mengatakan, setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah maka turunlah ayat yang mewajibkan muslim untuk berpuasa di bulan Ramadhan. "Sesuai tema ceramah kita yakni Imtaq (Iman dan Taqwa), maka Allah mengeluarkan perintah bahwa puasa hanya diwajibkan kepada orang-orang yang beriman," ujar Nurhalimah.

Lebih lanjut dijelaskan Nurhalimah, sungguh banyak manfaat puasa bagi orang yang melaksanakannya. Selain dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT juga dapat menghancurkan kesombongan.

"Kita lihat di bulan Ramadhan ini, seluruh umat di dunia melakukan hal yang sama yakni berpuasa. Seluruh umat merasakan hal yang sama yakni menahan lapar dan haus. Padahal, kita bukanlah orang yang serba kekurangan. Begitu juga di malam hari, semua kita akan merasakan hal yang sama yakni kurang tidur, padahal hal itu bukanlah disebabkan penyakit," paparnya.

Oleh karenanya, rasa lapar dan haus yang didera selama puasa agaknya dapat menyadarkan kita kata Nurhalimah, untuk turut merasakan bagaimana saudara-saudara kita yang senantiasa menahan lapar dan haus karena ketiadaan.

"Begitu juga ketika kita merasakan kurang tidur, maka kita akan menyadari bagaimana beratnya saudara-saudara kita yang harus berdagang di malam hari mencari rezeki. Oleh karenanya, mulai hari ini patutlah kita membantu sesama kita dan janganlah kita menghina sesama muslim," terang Nurhalimah sembari menyebutkan dengan kewajiban berpuasa ini, maka umat muslim juga diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah sebelum lebaran tiba.(TAp)
  BeritaTerkait
  • Israk Mikraj dan Tabligh Akbar Hari Jadi 69 Provinsi, Gubernur Panjatkan Doa untuk Masyarakat Sumut

    6 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Untaian kalimat memuji asma Allah berkumandang mengiringi tangis dan saling bermaafan ribuan warga Sumut dalam kegiatan tabligh akbar Hari Jadi ke-69 Provinsi Sumatera Utar

  • Jajaran Kementerian Agama Se-Sumut Pertama Kali Diundang Berbuka Puasa Bersama Gubernur

    4 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Ribuan keluarga besar Kementerian Agama se-Sumatera Utara mengaku gembira karena baru pertama kali diundang dan dijamu Gubernur dalam acara berbuka puasa bersama. Suasana pun men

  • Shalat Ied, Tengku Erry Ajak Masyarakat Jaga Persatuan

    4 bulan lalu

    edan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bersama ribuan umat muslim menunaikan shalat Ied (Idul Fitri) 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka Medan, Minggu (25/06/2017).Usai s

  • Tengku Erry Dinobatkan Sebagai Ninik Mamak Sumut

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Keluarga Besar Persatuan Keluarga Daerah Piaman (PKDP) menobatkan Tengku Erry Nuradi yang saat ini menjabat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) sebagai Ninik Mamak.Pemberian kehormat

  • Bermarga Hasibuan, Erry Harapkan Negeri Berbilang Kaum Makin Harmonis

    tahun lalu

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Ir H Tengku Erry Nuradi MSi ditabalkan bermarga Hasibuan oleh tokoh adat dan Raja-raja Luhut di Kabupaten Padang Lawas (Palas), Minggu (28/8/2016). Marga Hasibuan merupakan marga ketiga yang disandang Tengku Erry Nuradi set

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online