• Home
  • Agama
  • Perlindungan Anak Berbasis Gereja Digagas di Sumatera Utara
KSP Makmur Mandiri
Selasa, 11 September 2018 07:25:00

Perlindungan Anak Berbasis Gereja Digagas di Sumatera Utara

BAGIKAN:
Humas PKPA
Acara pembukaan
Siantar(Pelita Batak): Sebanyak 11 Gereja dari lima kabupaten di Sumatera Utara telah berkomitmen untuk mengembangkan berbagai program perlindungan anak berbasis Gereja. 

Keseriusan tersebut ditandai dengan kehadiran gembala, koordinator, staff dan mentor perlindungan anak dari 11 gereja pada Pelatihan Perlindungan Anak yang dilaksanakan Yayasan Bantuan Kasih Indonesia (YBKI) di Gereja Betel Rohul Kudus, Siantar, 10-11 September 2019. 

Flora Valentina, fasilitator dari YBKI pada laporan pembukaan pelatihan menyampaikan komitmen tersebut bukan saja ditandai dengan penandatanganan komitmen perlindungan anak (KPA) oleh 11 gembala tetapi juga akan mensinergikan dan menguatkan program perlindungan anak di gereja mereka ke depan. 

"Selain itu, di 11 gereja ini partisipasi anak-anak akan ditingkatkan, sehingga anak-anak memiliki peran maksimal dalam meningkatkan perlindungan anak berbasis gereja," ujar Flora.

Sementara Gembala GBIS Imanuel Siantar, Pdt. S. Simbolon dalam sambutannya mengatakan rasa semangat dan kemuliaan yang mereka miliki dapat memberikan pelayanan kepada anak-anak kurang mampu. 

"Anak-anak yang kita layani di pusat pengembangan anak (PPA) merupakan anak kurang mampu. Kami dari gereja dan kami sebagai pendeta merasa bangga ikut serta ambil bagian dalam keterbatasan anak-anak tersebut," ujarnya  

Kepala Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Siantar, Pariaman Silaen, yang hadir memberikan sambutan dan pembukaan pelatihan menyampaikan pentingnya gereja menerapkan undang-undang perlindungan anak dalam semua bentuk pelayanan yang dilakukan gereja.

"Kami juga mengharapkan agar 11 gereja ini mulai menerapkan data anak yang terpilah, sehingga bentuk pelayanan kita kepada anak-anak lebih spesifik," ujar Pariaman Silaen di hadapan peserta dan undangan yang hadir seperti dari Unit PPA Polres Siantar,  Kanit Reskrim Polsek Siantar Selatan, Camat dan Lurah Martimbang.

Gereja Layak Anak (GLA)

Pada keterangannya, Flora Valentina menyampaikan bahwa GLA yang akan mereka kembangkan merupakan adaptasi gereja menggunakan paradigma perlindungan anak dalam pembuatan kebijakan, program dan kegiatan dengan selalu mengedepankan kepentingan terbaik anak. 

Menurut Flora, ke 11 gereja yang telah menandatangani komitmen perlindungan anak tersebut adalah GPdI Nafiri Kemenangan Tanjung Balai dan dari Asahan adalah GBI Hessa PPA Theresia Kisaran dan  Gereja JKI Kemah Daud PPA Anak Terang Kisaran. 

Sementara dari Simalungun, Tobasa dan Siantar adalah GPdI Karmel PPA El-Shaddai Perdagangan, GPdI Shekinah PPA Shekinah Sidamanik, GBIS Balata PPA Tunas Harapan Bangsa Tiga Balata, GBR Gunung Meriah PPA Anugrah Tiga Dolok dan Gereja GPdI Karmel PPA Generasi Baru Ajibata, dan GBIS Imanuel.

Untuk penguatan dan penerapan GLA tersebut, Yayasan Bantuan Kasih Indonesia (YBKI) bekerjasama dengan Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA). 

"Pelatih dan narasumber dari PKPA yaitu Sulaiman Zuhdi Manik, Misran Lubis dan Azmiati Zuliah, yang akan membawakan materi tentang aspek hukum perlindungan anak, organisasi yang ramah anak dan pendampingan anak yang berhadapan dengan hukum," pungkas Flora Valentina.(rel)
  BeritaTerkait
  • Kembangkan Inovasi 'Unit Reaksi Cepat Anti Kekerasan Anak dan Perempuan'

    2 tahun lalu

    Batu Bara (Pelita Batak) : Untuk ke tiga kalinya Bupati Batu Bara H OK Arya Zulkarnain SH MM meraih penghargaan Kepala Daerah Innovatif dari Koran Sindo tahun 2016 di Bandung, Jawa Barat. Sebelum nya Bupati Batu Bara meraih penghargaan Kepala Daerah Inov

  • Jokowi dan HKBP

    2 tahun lalu

    HARAPAN Jokowi agar HKBP menyuarakan semangat pluralisme di negara ini harus kita respon karena memang sudah menjadi tanggung jawab semua elemen bangsa untuk mendorong kebhinnekaan sebagai anugerah

  • Serap Aspirasi, Prananda Surya Paloh Bantu Warga Sarana Olahraga Hingga Komputer Untuk Sekolah

    2 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Masa reses ke II Tahun 2016-2017 dimanfaatkan oleh Prananda Surya Paloh, anggota DPR RI Fraksi Partai NasDem dari daerah pemilihan Sumut 1 untuk menyerap aspirasi masyarakat di

  • Akhyar Nasution Dukung Program Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Medan

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution, M.Si, menerima audiensi Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kota Medan di Kantor Walikota Medan, Selasa (21/2/2017).

  • Komnas Perlindungan Anak Gelar Doa Solidaritas untuk #KiranaHero di Medan

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : Komisi Nasional Perlindungan Anak sebagai lembaga independen dibidang promosi, pemenuhan dan perlindungan anak di Indonesia akan menggelar Doa Solidaritas untuk Kirana

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb