• Home
  • Agama
  • Perayaan Natal Nasional di Humbahas Harus Membawa Harum Nama Sumut
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 07 Desember 2016 09:35:00

Terima Audiensi Panitia, Gubernur Sumut :

Perayaan Natal Nasional di Humbahas Harus Membawa Harum Nama Sumut

16 Desember 2016, Juga Digelar Sarasehan Nasional
BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak
Gubernur Sumut Ir HT Erry Nuradi MSI berfoto bersama dengan Penasehat Panitia Natal Nasional Dr RE Nainggolan MM, Kordiantor Tempat Panitia Natal Nasional/Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Ketua Panitia Umum Lokal Saul Situmorang SE, MSi, dan yang

Medan (Pelita Batak) :
Pemprovsu siap mendukung penuh kegiatan Natal Tingkat Nasional yang dipusatkan di Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Senin, 26 Desember 2016.  Untuk mensukseskan Natal tersebut, tuan rumah Humbahas juga akan didukung 15 Kabupaten/Kota, seperti Tobasa, Samosir, Tapanuli Utara, Simalungun, Karo, Tapanuli Tengah, Dairi, Pakpak Bharat, Nias, Nias Selatan, Nias Utara, Nias Barat, Kota Gunung Sitoli, Kota Siantar, dan Kota Sibolga. "Kami mendukung penuh kegiatan ini, panitia tetap semangat dan ‎Bupati Humbahas  tidak akan kami biarkan sendirian. Kita bersama-sama semua bergandengan tangan, dengan kabupaten/kota dan provinsi Sumut," ‎kata Gubernur Sumut Ir HT Erry Nuradi MSi saat menerima panitia lokal Natal Nasional 2016, Selasa (6/12/2016) petang di lantai 10 Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro No.30 Medan.

Hadir saat itu, Penasehat Panitia Natal Nasional Dr RE Nainggolan MM, Kordiantor Tempat Panitia Natal Nasional/Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, Ketua Panitia Umum Lokal, Saul Situmorang SE, MSi, Jadi Pane SPd, Adol Frian Rumaijuk, STP dan seksi-seksi lainnya. Sementara mendampingi Gubernur Sumut hadir antara lain, Pj. Bupati Tapteng/Kadisnakertrans Provsu, Drs Bukit Tambunan MAP, Kepala Bakoorluh P2K Sumut Ir Bonar Sirait MSi, Staf Ahli‎ Gubernur Sumut Bid. Ekonomi, SDA dan Keuangan‎, Dr Ir Binsar Situmorang, M.Si, MAP, Kadis Kehutanan Provsu, Hallen Purba, dan Kadis Kominfo Sumut HM Fitriyus.


Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi merupakan suatu kehormatan besar bagi Sumut pada Natal Nasional 2016 di Sumut. "Saya berharap Panitia Lokal harus bisa memberikan yang terbaik, saya juga mengikuti betul perkembangan pelaksanaan Natal Nasional ini, sebelumnya ditarik ke Manado dan kemudian ditarik lagi ke Sumut. Walaupun akhirnya di Manado ada dan di Sumut juga ada, ini juga berkat perjuangan senior-senior kita yang ada di Jakarta, seperti Pak Luhut Panjaitan," katanya.

Makanya, Gubernur Sumut berpesan, jangan sampai acara Natal Nasional ini nantinya tidak baik. "Kita harus memberikan yang terbaik nanti dibandingkan di Manado. Salah satu indikatornya adalah kedatangan umat yang cukup banyak nanti di acara Natal itu. Ini juga perlu dirapatkan dengan para panitia lokal di kabupaten/kota. Kemudian juga Bupati/Walikota dari 15 daerah itu bisa hadir pada acara tersebut," ujarnya.

Menurut Gubernur Sumut, yang paling penting dari kehadiran Bupati/Walikota itu adalah membawa massa dari daerahnya masing-masing dengan pulang pergi dari daerahnya ke Humbahas. Jangan sampai ada masalah, terutama untuk transportasinya nanti. "Kami juga dari pemerintah Provinsi siap membantu Panitia Natal Nasional, seperti tenda V-VIP, toilet berjalan, dan mobil Damri siap diperbantukan provinsi sesuai kebutuhan panitia," katanya.

Disampaikan Gubernur Sumut, yang pasti acara ini membawa harum Provinsi Sumut dan Presiden Jokowi senang.  "Mudah-mudahan juga cuaca mendukung, dan semua pihak juga harus mendukung," katanya seraya disambut tepuk tangan para panitia yang hadir saat itu.

‎Sebelumnya Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam laporannya kepada Gubernur Sumut menyampaikan, bahwa kesiapan Panitia Lokal dalam menyambut acara besar itu sudah hampir rampung.  "Persiapan Natal Tingkat Nasional sudah dilakukan‎ sebaik mungkin. Lokasi Natal adalah di Doloksanggul, Humbahas, tepatnya di depan Kantor Bupati Humbahas. Lokasi ini diperkirakan akan mampu menampung  sekitar 30 ribu massa. Dan ada 15 daerah yang akan mendukung acara ini, termasuk mendatangkan massa ke lokasi," katanya.

Dia‎ juga mengatakan, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi akan hadir dalam acara itu. "Presiden Jokowi bersama rombongan akan tiba di Bandara Silangit siangnya dan sorenya akan bergabung di acara Natal Nasional nanti. Di sela-sela acara itu, Ibu Negara Iriana Jokowi akan memberikan bantuan sosial ke Madrasah yang ada di  ‎Dolong Sanggul. Usai acara malamnya Presiden Jokowi dan rombongan akan bermalam di Tarutung," katanya.

Sedangkan Ketua Panitia Umum Lokal Saul Situmorang sebelumnya menyampaikan kepada Gubernur Sumut, bahwa ‎kesiapan dari kabupaten Humbahas hingga saat ini masih bisa dikendalikan. "Namun karena acara ini merupakan acara tingkat nasional dan sangat besar, bagaimanapun kami masih membutuhkan ‎perhatian Gubernur Sumut dari segala hal. Antara lain kekurangan para panitia saat ini, berupa  toilet berjalan, tenda untuk V-VIP, dan Damri untuk angkutan dari Silangit ke Doloksanggul sebanyak 15 unit," katanya.

Khusus tempat, kata dia, lokasi di depan kantor Bupati kapasitas kursi 6000 kursi, lokasi belakang kantor Bupati 1000 kursi, lokasi lapangan olahraga 16.000 kursi. "Seluruh massa atau jemat yang hadir harus memakai ID Card, dan diperkirakan sebanyak 30 ribu orang.‎ Undangan sudah dibagikan kepada sejumlah gereja yang ada di Humbahas termasuk di 15 kabupaten/kota yang akan hadir. Pintu masuk Gapura Natal ada dua, yaitu pintu Gerbang Kantor Bupati dan Depan Kantor Kesbang Tibun.  Sedangkan lokasi parkir dan tim medis sudah dipersiapkan dengan baik hingga saat ini," ujarnya.

‎Dia menjelaskan, kebaktian Natal dimulai pukul 14.00 WIB hingga selesai sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan perayaan Natal dan presiden akan hadir bersama rombongan. Acara selesai diperkirakan 18.30 WIB, setelah itu Presiden dan rombongan akan bertolak ke Tarutung dan direncanakan menginap di sana," katanya.

Sementara itu, RE Nainggolan juga menyampaikan, dalam menyonsong acara Natal Nasional tersebut, pihaknya juga akan melaksanakan acara sarasehan Nasional pada 16 Desember 2016 di Inna Hotel, Parapat, dengan pembicara dari MUI Pusat, PGI, beberapa anggota DPR RI, dan para pimpinan Gereja. Juga Uskup Agung dan Ketua PGI Sumut dan Indonesia. Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pukul 12.30 WIB. "Dijadwalkan  Menteri Agama Drs H Lukman Hakim Saifuddin akan hadir, juga Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan. Dan Gubernur Sumut diharapkan dapat memberikan sambutan dalam acara tersebut. Undangan sekitar 300 orang," kata RE Nainggolan mengakhiri.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Natal Nasional di Humbahas, Gubernur : Pertahankan Suasana Damai, Aman Dalam Persaudaraan

    2 tahun lalu

    Doloksanggul (Pelita Batak) :Perayaan Natal Nasional Republik Indonesia 2016 di Kabupaten Humbang Hasundutan, Senin (26/12/2016) berlangsung khidmat. Acara yang dihadiri Menteri Koordinator Maritim Luhut B Panjaitan, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukit

  • Haornas di Madina, Tali Asih dan CSR Bank Sumut Disalurkan

    tahun lalu

    Mandailing Natal (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXIV Tahun 2017 Tingkat Propinsi Sum

  • Pimpin Rapat TePS, Caleg DPR RI Ajak Tim Tetap Jalin Kekeluargaan

    satu minggu lalu

    Medan (Pelita Batak):Mengawali tahun 2019, Tim Pemenangan Edwin P. Situmorang,SH., MH (TePS) menggelar rapat kordinasi di Rumah Pemenangan Jl Abdullah Lubis Medan, Senin (7/1/2019). Edwin P. Situmoran

  • Bishop GKPI Resmikan Koordinasi Wilayah VII untuk Dukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bishop GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Pdt Oloan Pasaribu MTh meresmikan wilayah VII yang meliputi Humbang Hasundutan - Tobasa – Samosir, dan sekaligus m

  • Dirgahayu ke 14 Humbahas: Sekilas Sejarah Peran Serta Masyarakat yang Ada di Parserahan Atas Berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan

    tahun lalu

    Oleh: Gandhi PakpahanPARNADOS (PARSAHUTAON NAHUMALIANG DOLOKSANGGUL)PARNADOS yang berdiri pada tanggal 27 Januari 1995 mempunyai benang merah dengan PERNADOS yang berdiri sebelumnya dan wadah lain set

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb