• Home
  • Agama
  • Medan Tuan Rumah MTQ Nasional 2018
KSP Makmur Mandiri
Rabu, 12 September 2018 21:04:00

Medan Tuan Rumah MTQ Nasional 2018

BAGIKAN:
Ist
Persiapan MTq
Medan(Pelita Batak): Medan menjadi provinsi terpilih untuk menjadi tuan rumah pada pelaksanaan ajang bergengsi Musabaqah Tilawatil Quran Nasional(MTQN) XXVII yang akan digelar pada tanggal 6-12 oktober 2018 mendatang.

Seluruh masyarakat bukan hanya kota Medan saja namun seluruh Indonesia ikut berpartisipasi di dalamnya dengan tema "Mewujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Quran". Medan berkesempatan untuk menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya , yang pertama yaitu di tahun 1968.

Dirjen Humas Islam Kemenag RI Prof Dr Muhammadiyah Amin, MAG dalam acara seminar informasi aktual yang diselenggarakan oleh Biro Humas & Setda Provsu  mengatakan ada 5.000 orang yang akan datang untuk mengikuti MTQ tersebut. Diharapkan masyarakat antusias serta mendayagunakan potensi daerah untuk kemajuan daerah, dibukanya stand-stand untuk UKM untuk menunjukan hasil hasil karya serta ciri khas kota tertentu.

MTQ nasional  akan memperlombakan 7 cabang dan 18 golongan yang akan diikuti oleh seluruh utusan kalifah dari 34 Provinsi di Indonesia serta seluruh jajaran masyarakat.

Pemerintah Medan akan siap menyukseskan acara ini. Sarana, fasilitas terutana di arena utama sudah memasuki tahap 80 % dan akan diselesaikan pada tanggal 20 September. Kwasan tersebut berada di kawasan gdung serbaguna Pemprov Sumut iskandar/pancing, perlombaan juga akan diadakan di sejumlah titik, Istana Maimun, Asrama Haji Medan, UIN Sumut , Akademi Pariwisata Medan dan di Lapangan Merdeka Medan.

Maskot MTQN kali ini adalah ayam jago yang melambangkan shalat 5 waktu pada saat fajar serta pakaian Melayu bermakna masyarakat Sumut yang kental dengan nilai Islami.

Turut hadir sebagai pembicara Guru besar UIN Sumatera Utara  Prof.Dr.H Syahrin Harahap, MA mengatakan kata-kata Alquran sangat lah bermakna bagaikan intan yang memancarkan cahaya , bila umat islam memiliki komitmen untuk mengamalkan Alquran maka akan member kontribusi kemajuan daerah Sumatera Utara.

"Selain itu , Pemprovsu juga telah berkoordinasi dengan panitia dan semua pihak terkait seperti pemerintahan Pusat dari seluruh Provinsi di Indonesia , bukan hanya itu masyarakat serta Media berperan penting dlam mensukseskan acara ini , ini adalah acara kita mari kita ciptakan suasana yang bermakna dan bersejarah bagi Medan," kata Sekertaris Daerah Provinsi Sumatera Utara(Sekdaprovsu) Hj Sabrina yang juga menjadi narasumber dalam seminar.(Hazeline Vera)
  BeritaTerkait
  • Raih Sumut Paten di MTQ Nasional 2018 Dengan SDM Handal Berakhlak

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengatakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-14 ini agar dijadikan sebagai salah satu sarana pembentuk SDM yang handal. SDM yang tanggap, cakap dan berakhlak.

  • Musprov KONI, Sumut Miliki Tekad Besar Tuan Rumah PON 2024

    2 tahun lalu

    Berastagi (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi membuka secara resmi Musyawarah Provinsi (Musprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumatera Utara (Sumut) kepengurusan periode 2012/2016 di Grand Mutiara Hotel, Berastagi,

  • Tengku Ryan Erry Nuradi Jabat Bendahara JCI Indonesia.

    2 tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak):Menpora Imam Nahrawi bertekad menggerakkan seluruh potensi para pemuda Indonesia melalui beragam kegiatan

  • Sumut Siap Tuan Rumah Hari Pers Nasional 2018

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mendukung penuh usulan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 diadakan di Sumatera Utara. Penyelenggaraan even berkelas na

  • Sumut Tuan Rumah MTQ Nasional 2018, Gubernur Siapkan Bonus dan Asuransi

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi mengharapkan agar Provinsi Sumut tidak hanya sukses pada penyelenggaraan tetapi juga sukses dalam prestasi pada MTQ Tingkat N

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb