KSP Makmur Mandiri
Kamis, 08 Desember 2016 00:28:00

Medan Juara Umum Festival Nasyid

BAGIKAN:
Ist|PelitaBatak

Medan (Pelita Batak) :
Kota Medan berhasil keluar sebagai juara umum Festival Seni Nasyid ke - XX  Tingkat Provinsi Sumatera tahun 2016 yang berlangsung selama sepekan ini di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (6/12/2016) malam. Sedangkan posisi runner-up diraih Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) dan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menempati peringkat ketiga.

Wali Kota Medan, Drs H T dzulmi Eldin S MSi yang menutup perhelatan ini bersama Asisten Kesejahteraan Sosial Provinsi Sumatera Utara, H Zulkarnain SH kemudian menyerahkan uang pembinaan kepada para pemenang. Eldin selanjutnya mengajak untuk menumbuhkembangkan seni dan budaya pada Festival Seni Nasyid ini guna menjadikan kekuatan sosial dalam membangun Kota Medan, khususnya membangun Sumatera Utara

Kemudian Wali kota berharap agar kegiatan ini dapat meninggalkan bekas dan pengaruh yang positif bagi pembinaan karakter pembinaan masyarakat, khususnya generasi muda yang tercermin dari meningkatnya pemahaman dan pengalaman nilai- nilai universal yang terkandung dalam ajaran agama Islam.

"Melalui syair- syair- yang dikumandangkan, kita dapat merasakan bahwa Islam selalu mengedepankan keimanan dan ketakwaan, serta keikhlasan baik dalam urusan duniawi maupun ukhrowi. Sebab, Islam adalah agama yang selalu mengajak kedamaian dan mengedepankan kerukunan, toleransi, kebersamaan dalam bingkai ukhuwah islamiyah”, kata Wali Kota.

Eldin selanjutnya mengharapkan festival ini dapat menghiasi kehidupan masyarakat, sehingga pada gilirannya  dapat menyuburkan dan memantapkan kerukunan hidup beragama, sekaligus meningkatkan harmonisasi sosial di tengah – tengah masyarakat yang multietnis, baik budaya dan agama.

"Kebersamaan yang kita bangun melalui festival nasyid ini, semoga dapat memberikan dukungan penuh untuk memacu pembangunan kota Medan menuju kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius, sekaligus berkontribusi penting bagi pembangunan Sumatera Utara secara keseluruhan", ujar WaliKota.

Di kesempatan itu mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungan atas terselenggaranya pelaksanaan Festival Seni Nasyid ke –XX tingkat Sumut di Kota Medan. Sedangkan kepada peserta yang berhasil keluar sebagai pemenang, Eldin berpesan agar tidak cepat puas dan terus meningkatkan kemampuan agar dapat meraih prestasi di festival tahun depan.

"Terima kasih dan apresiasi saya kepada semua pihak yang telah berkontribusi pada kegiatan ini dan pembangunan kota. Mari kita tumbuhkembangkan seni dan budaya  pada Festival Nasyid ini guna menjadikan kekuatan sosial dalam membangun Kota Medan, khususnya membangun Sumut,” ungkapnya.

Sementara itu Asisten Pemerintahan Setda Kota Medan, Musadad Nasution selaku ketua panitia pelaksana mengatakan, selama sepekan pelaksanaan festival berjalan dengan baik dan sukses serta selalu ramai dikunjungi warga. Hal ini tidak terlepas berkat dukungan penuh dari semua unsur dan pimpinan SKPD. “Kita harapkan pelaksanaan festival seni nasyid ini bisa lebih baik lagi pada tahun-tahun mendatang,” ungkap Musadad.

Bagi para pemenang festival ini, Musadad menjelaskan panitia telah menyiapkan uang pembinaan. Untuk cabang seni nasyid golongan dewasa putra dan putrid, juara pertama mendapatkan Rp.12 juta, juara kedua Rp.11 juta dan juara ketiga Rp.10 juta. Kemudian cabang qasidah bintang vokalis golongan dewasa, remaja dan kanak – kanak putra dan putri masing masing mendapatkan hadiah sebesar Rp 5 juta (juara pertama), Rp 4,5 juta (juara dua), dan Rp. 4 juta (juara tiga).

Selanjutnya adapun pemenang festival nasyid untuk kategori nasyid klasik remaja putra, juara pertama diraih Kabupaten Serdang Bedagai, juara kedua Kabupaten Padang Lawas Utara dan juara ketiga diraih Kabupaten Deliserdang. Untuk remaja putrid, Kota Medan keluar sebagai juara pertama, Kabupaten Serdang Bedagai juara dua dan Kabupaten Labuhan Batu Selatan juara ketiga.

Sedangkan untuk kategori nasyid klasik dewasa putra, juara pertama diraih Kabupaten Labuhan Batu Utara, juara kedua diraih Kota Medan dan juara ketiga diraih Kabupaten Serdang Bedagai.  Sementara itu untuk dewasa putri, Kota Medan juara pertama, disusul Kabupaten Labuhan Batu Utara juara kedua dan Kota Binjai sebagai juara ketiga.(TAp)

  BeritaTerkait
  • Medan Labuhan Juara Umum Festival Nasyid tingkat Kota Medan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kecamatan Medan Labuhan berhasil keluar sebagai juara umum festival Nasyid/Seni Qasidah tingkat Kota Medan tahun 1439 Hijriyah. Keputusan ini disampaikan oleh dewan juri setelah m

  • Gubernur : Mari Tumbuh Kembangkan Seni Qasidah

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Seni Qasidah/Nasyid merupakan jalan bagi seniman Islam untuk memberikan hiburan kepada masyarakat yang berisi pujian kepada Allah SWT dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. T

  • Medan Labuhan Juara Umum Festival Nasyid/Seni Qasidah 2018

    2 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Kecamatan Medan Labuhan keluar sebagai juara umum Festival  Nasyid/Seni Qasidah Tingkat Kota Medan 2018 di Asrama Haji Jalan AH Nasution Medan, Jumat (6/4).  Keberhasila

  • TDPHC/TDPF Peringati 26 Tahun In Memoriam Dr TD Pardede

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Hari berganti minggu, bulan berganti tahun, tidak terasa sudah 26 tahun almarhum DR TD Pardede (18 November 1991-18 November 2017) pergi menghadap sang pencipta. Selama itu, kary

  • Ketum Ir JB Siringoringo : Sebagai Utusan Distrik, Kontingen Harus Persembahkan yang Terbaik untuk Tuhan

    2 tahun lalu

    Panitia Tahun Keluarga HKBP Distrik X Medan Aceh melakukan kunjungan ke HKBP Teladan, menyaksikan proses latihan kontingen utusan Distrik untuk Festival Paduan Suara tingkat pusat, Kamis (25/8/2016) malam. Kontingen HKBP Teladan merupakan juara terbaik da

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. ariewebnet