• Home
  • Agama
  • Jubileum 90 Tahun HKI : Sumut Seperti Pelangi, Berbeda Namun Indah
Minggu, 09 Juli 2017 20:08:00

Jubileum 90 Tahun HKI : Sumut Seperti Pelangi, Berbeda Namun Indah

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Pematangsiantar (Pelita Batak) :
Masyarakat Sumatera Utara seperti pelangi, walaupun berbeda-beda, namun tetap terlihat indah dalam balutan harmonisasi.

Hal itu disampaikan Gubernur Tengku Erry Nuradi pada pembukaan acara Syukuran Jubileum 90 tahun berdirinya Huria Kristen Indonesia (HKI) yang diselenggarakan di Lapangan Farel Pasaribu Kota Pematang Siantar, Minggu (09/07/2017).

Hadir pada kegiatan tersebut Ephorus HKI Pendeta M Pahala Hutabarat, Staf Ahli Bidang Ekbang Binsar Situmorang, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Ferlin H Nainggolan serta para jemaat Gereja HKI se-Sumut. "Saya gembira bisa hadir, walaupun tidak pada acara puncaknya. Yang pasti sebagai warga Sumatera Utara, kita bersyukur sebagai negeri berbilang kaum, banyak budaya, suku dan agama di dalamnya, namun tetap harmonis," ucap Erry.

Erry pun mengibaratkan Sumatera Utara seperti sebuah pelangi. Terdiri dari banyak warna yang berbeda satu sama lain, namun dengan perbedaan itu justeru menjadi terlihat indah. Perbedaan itu yang menurutnya merupakan hakekat bernegara bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Disebutkan Gubernur bahwa di samping pembangunan fisik yang kini terus dilakukan pemerintah, juga diperlukan pembangunan non fisik. Karenanya diperlukan peran tokoh agama seperti HKI guna membangun mental dan kerohanian yang baik. "Dengan baiknya pembangunan kerohanian, maka pembangunan fisik juga akan bisa menjadi baik. Jadi ini ibarat dua sisi mata uang yang saling terkait," sebut Erry.

Selain itu, Tengku menyambut baik pesta syukuran Jubelium 90 Tahun HKI. Dirinya berharap seluruh jemaat HKI bisa menjadi tauladan di masyarakat. Diantaranya ikut membangun hubungan harmonis dengan sesama jemaat dan juga dengan agama lain.

"Pembinaan umat juga perlu didukung sarana dan prasarana yang memadai. Dengan senang hati, kami akan memberikan dukungan atas rencana pembangunan HKI Center. Dengan begitu, pelayanan kepada umat juga bertambah baik," ungkap Erry yang menyampaikan salam hormat kepada seluruh jemaat di Lapangan Farel Pasaribu.

Dalam sambutannya, Pdt Pahala Hutabarat menyampaikan rasa terimakasih atas perhatian Gubernur Sumut HT Erry Nuradi terhadap keberadaan HKI yang telah berdiri sejak 1 Mei 1927, di mana sebelumnya bernama Huria Kristen Batak sebelum 1946. Untuk HKI sendiri, sebagai gereja yang ikut memperjuangkan Nasionalisme dan kemerdekaan Indonesia, Pahala menyebutkan kini keberadaannya telah menyebar ke berbagai pelosok negeri seperti Pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga pelosok Kalimantan. Sebagaimana disebutkannya, HKI berasal dari Kota Pematang Siantar.

"Saat ini sudah ada 850 gereja, 310 ribu jiwa (jemaat) untuk menjangkau banyak orang agar bisa hidup rukun, damai dan saling menopang," katanya.

Pendeta Pahala juga menyampaikan rasa sukacita atas kehadiran Gubernur yang sekaligus memberikan dukungan bantuan rencana pembangunan HKI Centre. Karena itu mereka mempersiapkan kedatangan orang nomor satu di Sumut itu. "Kami sudah menikmati perhatian Gubernur, telah menerima bantuan Rp500 juta pembangunan rumah dinas untuk daerah Silindung Pangaribuan," sebutnya.

Sebelum beranjak, Gubernur pun disematkan cinderamata oleh Ephorus HKI berupa ulos berbagai corak sebagai tanda kesatuan, membuat kehangatan satu dengan yang lain. "Pemberian ulos ini artinya HKI di hati Gubernur, dan Gubernur di hati HKI. Semoga cita-cita dan rencana Bapak, kiranya Tuhan memberkati," pungkasnya.(TAp)
  BeritaTerkait
  • 'Kebersamaan' Kata Kunci Menuntaskan Persoalan di Sumatera Utara

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Gubernur Sumatera Utara H Tengku Erry Nuradi mengajak seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara senantiasa meningkatkan kerukunan antar umat beragama. "Kebersama

  • Gubernur DKI Jakarta Sebaiknya Setingkat Menteri

    5 bulan lalu

    Bercermin pada Pilkada DKI Jakarta saat ini, banyak permasalahan yang timbul dalam masyarakat luas yang bukan hanya di DKI Jakarta, tapi berpengaruh ke seluruh Indonesia. Dampaknya sangat memengaru

  • Kabar Baik atau Buruk? Pemprov Sumut Batasi Produksi Ikan Danau Toba Hanya 10 Ribu Ton Per Tahun

    4 bulan lalu

    Jakarta(Pelita Batak): Kementerian Kelautan dan Perikanan mengusulkan agar Pemprov Sumatra Utara melakukan uji publik terkait pembatasan kapasitas produksi budidaya perikanan hanya 10.000 ton per t

  • Kompetisi Sehat, Perbedaan Bisa Membuat Daerah Maju

    3 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Provinsi Sumatera Utara memiliki kekayaan tersendiri dengan masyarakatnya yang plural. Sebab, dengan pluralisme maka daerah tersebut diyakini akan mengalami kemajuan yang pesat.

  • Anggota Paskibraka Sumut Harus Jadi Teladan

    satu bulan lalu

    Medan (Pelita Batak):Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengukuhkan 66 orang siswa calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) Provinsi Sumut yang akan bertugas untuk mengibarka

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online