• Home
  • Agama
  • Ephorus HKBP Serukan HKBP Lhokseumawe Jadi Berkat
Senin, 11 September 2017 11:01:00

Ephorus HKBP Serukan HKBP Lhokseumawe Jadi Berkat

BAGIKAN:
Pdt Alter Siahaan
50 Tahun Pesta Jubileum HKBP Lhokseumawe

Laporan Pdt Alter Pernando Siahaan, HKBP

Lhokseumawe 10 September 2017, genap usia 50 Tahun Pesta Jubileum HKBP Lhokseumawe yang dipimpin oleh Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing. Ressort Lhokseumawe ini terdiri dari tiga jemaat yakni HKBP Lhokseumawe, HKBP Cot Girek, dan HKBP Takengon yang dipimpin oleh Pdt. Betty Manurung (Pendeta Ressort) dan Pdt. Samuel Sitompul (pagaran).

Ephorus HKBP menegaskan tidak semua jemaat bisa merayakan Jubileum dikarenakan banyak hal yang terjadi. Usia ini bukan dirayakan dengan pesta saja melainkan juga harus berbuah dalam kehidupan setiap orang secara khusus jemaat di Lhokseumawe ini. 

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan, peran kita sebagai orang percaya justru saling melengkapi. Tegurlah yang berbuat salah, tetapi jangan menghakimi, dan jangan membalaskan dengan hal jahat.

Sejarah panjang gereja ini membuktikan penyertaan Tuhan akan jemaatNya, jangan sia-siakan, berperan aktif lah di Lhokseumawe ini, demikian ungkapan Ompu i Ephorus HKBP dalam khotbahnya.

Ephorus HKBP juga menambahkan, pentingnya setiap jemaat bermasyarakat dengan baik, menjalin komunikasi dengan lintas agama, lintas suku, dan pihak keamanan, dan pemerintah, guna menerapkan Kasih Tuhan.

Ketua Panitia Jubileum  Robert Siahaan, SE juga menambahkan kalau di Lhokseumawe ini komunikasi baik gereja dengan pemerintah berjalan dengan baik, Tuhan juga memberkati gereja ini apalagi yang tak terlupakan sejarah dimana gereja ini lepas dari bencana tsunami beberapa tahun silam. Ibadah saat tsunami itu pun tetap berjalan dengan baik.

Turut hadir juga, Praeses HKBP Distrik XXIII Binjai Langkat Pdt. Juniaster Hutauruk, Kepala Depag Lhokseumawe, Utusan Walikota Lhokseumawe, Ketua FKUB Aceh. Kepala Depag dalam sambutannya memilih Pdt. Betty Manurung menjadi Pembimbing Mahasiswa/i Kristen Lhokseumawe.

Data Lhokseumawe tentang rumah ibadah; 189 Rumah Ibadah, 129 denominasi gereja, dan sekitar 70 persen adalah jemaat HKBP di Aceh Tenggara ini. Sepanjang pengamatan, umat Kristen juga berperan aktif dalam pembangunan Aceh , menjalanlan program-program pemerintan, sekaligus harapan HKBP tetap aktif.

Demikian utusan Walikota dari Kesbangpol memberikan apresiasi peran gereja HKBP di dalam masyarakat, sekaligus menyampaikan salam dari Gubernur Aceh dan dia berharap jangan ada yang mau untuk dipecah dengan issue negatif dari kelompok-kelompok yang tidak bertanggung-jawab.

Pdt. Juniaster Hutauruk mengatakan kalau di dalam keluarganya merupakan bukti bahwa kemajemukan itu dihargai. Ada saudara yang berbeda agama dan setiap bertemu keluarga terus saling menghargai. Itu sebabnya antar  warga Indonesia harus saling menghargai dalam rangka Bhinneka Tunggal Ika.(*)

  BeritaTerkait
  • Mantan Wakil Sekum PGI Weinata Sairin: Mari Doakan Sinode Godang HKBP agar Berjalan Aman

    tahun lalu

    Tarutung (Pelita Batak) Pelaksanaan Sidang Sinode Godang HKBP di Sipoholon Tarutung Sumatera Utara tanggal 12-18 September 2016. Kegiatan ini mengambil tema : "Berpautlah selalu kpd Tuhan Alla

  • Diharapkan Sinodestan Memilih Pucuk Pimpinan HKBP Sesuai Hati Nurani dan Janji Tohonan

    tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) : HKBP melaksanakan Sinode Godang ke-63 di Seminarium HKBP Sipoholon pada hari ini, Selasa, 13 September 2016 di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Sehubungan dengan itu, diper

  • Karena Kasih-NYA Hidupku Diwarnai Kemenangan

    tahun lalu

    Tuhan menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin, karena tidak ada yang mustahil bagi Dia. Demikian mukjizat demi mukjizat menyertai perjalanan hidup Pdt Saut Hamonangan Sirait, MTh.

  • Pdt Dr Darwin Lumban Tobing Terpilih Jadi Ephorus HKBP, DPP NasDem Ucapkan Selamat

    tahun lalu

    Jakarta (Pelita Batak) : DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menyambut terpilihnya Pdt. DR. Darwin Lumban Tobing sebagai Ephorus (pucuk pimpinan) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) ke-63 p

  • Sumbangsih Pemikiran untuk Diskusi Tentang Ekklesiologi HKBP

    7 bulan lalu

    1. Longang jala mansai longang situtu roha, boasa gabe adong laho PATIMBOHON SETINGGI LANGIT TOHONAN HAPANDITAON. SEDANG TOHONAN PANDITA ndang adong ditaringoti di PB, nanggo apala 1 pe, sian mulai

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online