• Home
  • Agama
  • Ephorus HKBP Letakkan Batu Alas HKBP Sipultak Dolok
KSP Makmur Mandiri
Minggu, 02 Juli 2017 22:05:00

Ephorus HKBP Letakkan Batu Alas HKBP Sipultak Dolok

BAGIKAN:
Alter Pernando Siahaan
Ephorus HKBP tanda tangani prasasti
Laporan: Pdt. Alter Pernando Siahaan, Sekretaris Khusus Ephorus HKBP

HKBP Sipultak Dolok mengukir sejarah dengan diadakannya Peletakan Batu Alas Gereja (Mameakhon Batu Ojahan) yang dilayani oleh Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing, Minggu, 2 Juli 2017. HKBP Sipultak Dolok adalah salah satu jemaat/gereja yang tergabung dalam Ressort Rurajulu Sihombing Distrik XVI Humbang Habinsaran.

Turut hadir Anggota DPR RI  Sukur Nababan yang merupakan salah satu putra daerah ini beserta Orangtua, para Pelayan HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran, dan teristimewa pada pendeta yang pernah melayani di HKBP Sipultak Dolok ini, Asisten III yang merupakan perwakilan Bupati Tapanuli Utara. 

Ibadah ini dilayani Praeses HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran Pdt. Kancon Nababan, S.Th sebagai Liturgist, Pdt. Samuel Sitompul memimpin doa syafaat. 
HKBP Sipultak Dolok berdiri pada tanggal 9 September 1979 dan saat ini terdiri dari 190 KK yang mayoritas hidup dengan mata pencaharian bertani. 

HKBP Sipultak Dolok ini dilayani oleh Pdt. Robinson Tumanggor dan Biv. Mardiana Hutajulu. Para jemaat sungguh bersukacita, terlihat jelas ketika sejak Ompu i Ephorus, Ompu Boru, dan rombongan tiba di Sipultak Dolok disambut oleh panitia dan jemaat. Dimulai dengan Prosesi yang berangkat dari rumah salah satu jemaat, iringan prosesi disambut meriah oleh seluruh jemaat dengan senyuman, dan sambutan dengan kata horas tiga kali. 

Setibanya di kompleks gereja Sipultak Dolok, Ompu i Ephorus, Ompu Boru, Praeses bersama Isteri menerima pengalungan bunga dan bunga pangku, sembari iringan prosesi juga disambut oleh Tarian Tortor Sekolah Minggu, yang kemudian dilanjut dengan penandatanganan Prasasti Peletakan Batu Alas Gereja. Ompu i Ephorus dan Ompu Boru didampingi Kabiro Jemaat Pdt. Ebsan Hutabarat, Kabiro Oikoumene Pdt. Samuel Sitompul, Kabiro Hukum Pdt. Betty Sihombing, Wakabiro Jemaat Pdt. Daslan Rajagukguk, Kabag Informasi Pdt. Daniel Manalu, dan Sekretaris Khusus Ephorus HKBP. 

Dalam perayaan gereja, Peletakan Batu Alas adalah satu perayaan besar dinantikan setiap gereja. Perayaan ini bukan sekedar menunjukkan kemampuan huria melainkan bahwa huria itu sudah matang karena dasar yaitu Firman yang tertera di setiap dokumen-dokumen Firman diletakkan menjadi dasar berdiri dan kebenaran gereja.

Ompu i Ephorus menjelaskan Firman dari Yeremia 28: 5-9 "Apa yang diletakkan sebagai batu alas gereja? Yaitu Alkitab, Buku Ende HKBP, Ruhut Parmahanion dohot Paminsangon, Konfessi, Katekhismus, Agenda, dan Sejarah Gereja. Firman Allah lah yang menjadi Batu Alas bukan sekedar batu bahkan bukan asal batu yang menjadi dasar melainkan Firman Allah saja yang menjadi Dasar Iman Kristen kita. Semua dokumen HKBP itu berdasarkan dari Firman Allah". 

Ini sangat sejalan dengan Firman di Kitab Yeremia ini, Yeremia memberitakan Firman yang menyangkut Berita Sukacita tetapi juga berita penghukuman bagi yang tidak mau berubah. Firman bukan untuk menyenangkan pendengaran saja dan bukan untuk membuat kita semata-mata tertawa dan terpuaskan melainkan Firman juga mengkoreksi dan mengevaluasi kita semua baik di sikap dan maupun berpakatan agar ada perubahan dalam hidup. 

Bila tidak ada perubahan, maka penghukuman dari Tuhan akan datang. Bangsa Israel tidak tahu mengucap syukur kepada Tuhan. Peletakan Batu Alas menjadi momen penting kalau jemaat HKBP Sipultak teguh akan Firman Allah. HKBP Sipultak selama ini telah mencipta generasi-generasi gereja maupun bangsa yang sudah tersebar di negeri ini, itu adalah karunia Tuhan apalagi kalau gereja ini telah bersedia dan bersama-sama merencanakan untuk Peletakan Batu Alas. 

Menjelang akhir acara, Ompu i Ephorus dan Ompu Boru mangulosi bapak Sukur Nababan yang telah banyak memberikan perhatian terhadap daerah dan gereja ini, demikian secara khusus orangtua beliau yang terus memberikan nasehat dan mengarahkan keluarganya untuk memberikan perhatian untuk kemajuan kampung halaman. (*)
  BeritaTerkait
  • Panitia Peletakan Batu Alas Gereja HKBP Martoba Temui Wakil Wali Kota

    2 tahun lalu

    Medan (Pelita Batak) :Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi mengatakan, Pemko Medan tidak hanya fokus pada pembangunan fisik akan tetapi juga fokus terhadap pembangunan spritual dan mental mas

  • Jubileum 125 Tahun HKBP Pangombusan, Ephorus Berpesan Agar Jemaat Setia Kepada Tuhan

    4 bulan lalu

    Pangombusan(Pelita Batak): Minggu 4 Agustus 2019, HKBP Pangombusan merayakan Jubileum 125 Tahun  dipadu dengan Ibadah Minggu yang dilayani Ompu i Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing. Diawal

  • Bupati Humbahas Hadiri MBO dan Jubileum 50 Tahun HKBP Pakkat Dolok di Doloksanggul

    2 tahun lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama pimpinan SKPD hadiri pesta MBO (mameakhon batu ojahan) dan mangompoi (memasuki) sekaligus jubileum 50 tahun HKBP Pakkat Dolok

  • Ephorus HKBP Pimpin MBO - Jubileum 75 Tahun dan Resmikan Gereja HKBP Sarimatondang

    2 tahun lalu

    Oleh: Pdt. Alter Pernando Siahaan, S.Th (Sekretaris Khusus Ephorus)Sarimatondang(Pelita Batak): Peletakan batu alas gereja dan Jubileum 75 Tahun HKBP Sarimatondang dipimpin Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin

  • Ephorus HKBP Layani MBO dan Tahbiskan HKBP Puteri Deli

    2 tahun lalu

    Medan(Pelita Batak): Minggu 13 Mei 2018, Ephorus HKBP Pdt. Dr. Darwin Lumbantobing layani Ibadah Mameakhon Batu Ojahan (MBO - Peletakan Batu Alas Gereja) dan Mentahbiskan HKBP Puteri Deli Ressort Meda

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 Pelita Batak Online. All Rights Reserved. Design by. heriweb