• Home
  • Agama
  • Bishop GKPI Resmikan Koordinasi Wilayah VII untuk Dukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul
Selasa, 01 November 2016 19:29:00

Bishop GKPI Resmikan Koordinasi Wilayah VII untuk Dukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul

BAGIKAN:
Freddy Hutasoit
Bishop GKPI Pdt. Oloan Pasaribu MTh didampingi Korwil GKPI Wilayah VII dan para pendeta foto bersama dengan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor didampingi istri Lidia Kristina Panjaitan, Ketua DPRD Manaek Hutasoit, Kapolres Humbahas AKBP Dr. Idodo Simangun
Doloksanggul(Pelita Batak): Bishop GKPI (Gereja Kristen Protestan Indonesia) Pdt Oloan Pasaribu MTh meresmikan wilayah VII yang meliputi Humbang Hasundutan - Tobasa – Samosir, dan sekaligus melantik Koorwil di GKPI Jemaat Khusus Doloksanggul Kota, Minggu 30 Oktober 2016. 
 
Sebelum acara peresmian dan pelantikan, terlebih dahulu dilakukan peletakan batu pertama Gedung Kantor dan Rumah Dinas GKPI Center Wilayah VII di Desa Matiti, Jalan Doloksanggul – Parlilitan, Kecamatan Doloksanggul.
 
Usai peletakan batu pertama, rombongan kembali mengikuti kebaktian minggu sekaligus pesta peresmian Koordinasi Wilayah VII di GKPI Jemaat Khusus Doloksanggul Kota yang dipimpin oleh Bishop GKPI Pdt. Oloan Pasaribu. Dalam khotbahnya yang diangkat dari nats Alkitab Yesaya 1 : 10-18, Bishop menyampaikan, bertobat lebih baik dari mempersembahkan korban. 
Dijelaskan, khotbah itu sengaja diangkat untuk menegor dan sekaligus menguatkan warga jemaat agar segera bertobat dari segala perbuatan yang kurang berkenan di hadapan Tuhan.
 
Pada kesempatan itu juga, Bishop menguraikan 3 alasan theologia yang mendasari berdirinya GKPI yakni, 1 Yohannes 10 : 11 yang berbunyi "Akulah gembala yang baik, gembala yang memberikan nyawanya bagi domba-dombanya. Selanjutnya Markus 10 : 45 yang berbunyi "Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk melayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang. Dan nats terkahir 1 Petrus 2:9 yang berbunyi "Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib".
 
"Dulu GKPI itu ada 23 wilayah, dan sekarang sudah dimerger (peleburan, red) menjadi 11 wilayah. Dan yang kita resmikan saat ini yakni GKPI Koordinasi Wilayah VII yang membidangi empat jemaat khusus dan 19 resort. Harapan kita, Koordinasi Wilayah VII ini dapat menjadi contoh dan teladan bagi Koordinasi-koordinasi lainnya yang ada di Indonesia. khotbah ini menegor kita, namun menguatkan terlebih bagi yang jarang beribadah ke gereja, supaya bertobat. Begitu juga dengan keluarga yang kurang akur, supaya bertobat. Bagi yang yang belum dapat pekerjaan, pasti akan segera diberikan Tuhan. Satu lagi, gereja sangat keras peredaran dan penyalahguaan Narkoba," kata Bishop.
 
Usai menyampaikan khotbah, Bishop selanjutnya meresmikan Koordinasi Wilayah VII ditandai dengan membuka layar tirai yang bertuliskan nama-nama resort dan jemaat khusus GKPI yang ada di tiga kabupaten, yang terdiri dari;  Resort Doloksanggul, Resort Pollung – Parsingguran, Resort Onan Ganjang, Resort Lintongnihuta, Resort Pakkat, Resort Siborongborong – Lumban Ina-ina, Resort Parsaoran Rianauli.
 
Selanjutnya, Jemaat Khusus Doloksanggul Kota, Resort Nauli Marade, Jemaat Khusus Saroha Doloksanggul, Jemaat Khusus Pardomuan, Resort Nainggolan, Resort Pangururan Buhit, Resort Sagala, Resort Ambarita, Resort Galungan Simarmàta, Resort Porsea Kota, Resort Habinsaran I – Paraoburan, Resort Balige, Resort Patane, Resort Narumonda, Resort Nasaau – Parsoburan dan terakhir Jemaat Khusus Immanuel Tambunan. Dan dilanjutkan dengan pelantikan dan pengukuhan Korwil VII yakni Pdt. Maurid Simamora dan pelantikan BKs oleh Korwil.
 
Dalam sambutannya, mewakili PGI/FKUB Praeses HKI Tobasa, Pdt LO Siregar menyampaikan selamat atas peresmian dan pelantikan Korwil VII GKPI. Dia berharap, Koordinasi Wilayah VII itu dapat menjadi mitra kerja gereja dan pemerintah yang ada di tiga wilayah. "Kita harus yakin, bahwa Tuhan mampu menguatkan dan memberikan warna baru bagi seluruh warga jemaat," kata Pdt. LO Siregar.
 
Sementara itu, Ketua DPRD Humbahas Manaek Hutasoit, dalam sambutannya pada kesempatan itu mengajak seluruh warga jemaat GKPI untuk berperan serta membangun dareah itu untuk lebih baik lagi serta menolak segala perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
 
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya atas nama Pemkab, menyampaikan selamat atas peresmian Koordionasi Wilayah VII GKPI itu. Dan memberikan sumbangan material sebesar Rp50 juta. Khusus untuk Perayaaan Natal Nasional 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Desember mendatang, bupati mengajak dan memohon doa dari seluruh elemen masyarakat dan warga jemaat untuk memberikan kontribusi yang positif dan menghilangkan perbedaan-perbedaan demi suksesnya perayaan tersebut.
 
"Mari kita bersatu dan hilangkan perbedaan-perbedaan untuk mensukseskan Natal Nasional ini. Tanggal 1 November nanti, kita akan mengundang para pendeta, dan tokoh agama untuk duduk bersama panitia membahas terkait perayaan Natal Nasional nanti," kata Dosmar.
 
Mengakhiri kata-kata sambutan, Bishop GKPI Pdt Oloan Pasaribu menyampaikan sangat mendukung Perayaan Natal Nasional di Doloksanggul. Dia mengakui penetapan Humbahas menjadi tuan rumah perayaan Natal Nasional merupakan sebuah peristiwa yang luar biasa.
 
"Sangat luar biasa Humbang Hasundutan ini. Bisa menjadi tuan rumah Perayaan Natal Nasional. Pada kesempatan ini akan saya sampaikan kepada Korwil dan pendeta dan warga jemaat GKPI, mari kita dukung Perayaan Natal Nasional di Humbang Hasundutan ini. Supaya apa yang diprogramkan dapat berjalan dengan baik. Jadilah warga jemaat GKPI yang teladan di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.Acara diakhiri dengan pemberian cinderamata berupa ulos kepada seluruh undangan yang hadir.(FH)
  BeritaTerkait
  • Natal Nasional Dialihkan dari Doloksanggul ke Manado, Ada Permohonan Kabupaten Tetangga ke Presiden

    10 bulan lalu

    Tarutung(Pelita Batak):Natal Nasional yang sebelumnya telah ditetapkan di Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, akhirnya dipindahkan ke Manado, Propinsi Sulawesi Utara Menado. Alasan pemindah

  • Rangkaian Kegiatan Natal Nasional Tetap Digelar di Doloksanggul, Bupati Humbahas Dosmar Minta Dukungan Doa

    10 bulan lalu

    Doloksanggul(Pelita Batak): Panitia Natal Nasional menggelar rapat Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional yang dipimpin  Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukito selaku Ketua Umum Perayaan

  • Serangkaian Natal Nasional di Humbahas, Akan Digelar Serasehan di Medan

    10 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Serangkaian dengan perayaan natal bersama tingkat nasional 2016 di Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), panitia juga akan menggelar Serasehan Nasional yang akan dihadiri seribuan masyarakat Sumatera Utara di Medan

  • Panitia Natal Nasional Gelar Aksi Sosial Bersama YSKI di Sicanang Belawan

    9 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) : Serangkaian dengan kegiatan sosial Perayaan Natal Nasional di Sumatera Utara, Wakil Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2016 Baginda Lumbagaol SH, MH bersama Pembina Yayasan Surya Kebenaran Internasional (YSKI) Dr RE Nainggolan meres

  • Gubernur Sumut: Jaminan Keamanan Dan Ketersediaan Sembako, Listrik, BBM Cukup

    8 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) HT Erry Nuradi menyebutkan seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara sangat menginginkan kondisi daerahnya senantiasa kondusif, aman dan terkendali.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online