• Home
  • Agama
  • Bangun Ukhuwah Islamiyah Melalui Safari Ramadhan
Kamis, 01 Juni 2017 18:33:00

Bangun Ukhuwah Islamiyah Melalui Safari Ramadhan

BAGIKAN:
ist|PelitaBatak
Medan (Pelita Batak) :
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi buka puasa bersama dengan ratusan masyarakat beserta para ulama dalam Safari Ramadhan 1438 H di Masjid As Sa'adah di Lingkungan I, Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Rabu (31/5). Kegiatan ini digelar dalam upaya memupuk tali silatrurahmi antara pemerintah dengan ulama dan masyarakat, sehingga terbangun ukhuwah Islamiyah. Dengan demikian akan terbangun hubungan yang harmonis anatara pemerintah, ulama dan masyarakat.

Buka puasa dan safari Ramadhan ini turut dihadiri Gubsu, Ir H T Erry Nuradi MSi beserta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Sandi Nugroho, Dandim 02/01 BS, Kol Inf Bambang Herqutanto, Ketua MUI Kota Medan, Prof Mohd Hatta serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemko Medan.

Dijelaskan Wali Kota, Safari Ramadhan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama ini merupakan kegiatan rutin Pemko Medan setiap tahunnya. Kegiatan ini merupakanlangkah yang dilakukan Pemko Medan dalam upaya membangun ukhuwah Islamiyah, sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara pemerintah, ulama dan masyarakat.

"Semoga hubungan baik ini dapat menjadi spirit besar bagi kita semua, sehingga berbagai program pembangunan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik guna mewujudkan misi kota Medan yakni meningkatkan kualitas masyarakat Kota," kata Wali Kota.

Oleh karenanya, jelas Wali Kota, kegiatan Safari Ramadhan  yang digelar ini memiliki beberapa makna pokok, diantaranya mempersatukan semua dalam membangun kota yang lebih baik, terutama di bidang keamanan dan ketertiban. Untuk itu Wali Kota mengajak semua bersama-sama menjaga situasi di wilayah masing-masing tetap kondusif, serta tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan.

Selain itu, tambah Wali Kota, Safari Ramadhan ini juga memiliki makna kohesi sosial yang mencerminkan sikap-sikap toleransi yang kokoh diantara warga kota dengan terus menjaga serta memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan bermasyarakat, baik antara sesama maupun pemeluk agama lain.

"Safari Ramadhan juga memiliki makna persatuan dan kesatuan, persaudaraan dan kesetiakawanan sosial. Serta makna partisipatif yang menunjukkan semua ingin memberikan sumbangsih terhadap pemabngunan kota. Mari kita tingkatkan etos kerja, disiplin serta pengabdian sesuai dengan tugas dan fungsi kita amsing-masing, sehingga roda penyelenggaraan pemerintah dan pelaksanaan pembangunan di Kota Medan tetap berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Yang lebih penting lagi bilang Wali Kota, melalui Safari Ramadhan ini untuk bersama-sama meningkatkan kualitas keimanan, ketakwaan dan keilmuan agar dapat terbentuk masyarakat Kota medan yang berkemampuan  ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) serta semangat beriman dan bertakwa (imtak)

Sementara itu Gubsu, Ir H T Erry Nuradi MSi dalam sambutannya, mengajak seluruh masyarakat Sumut, terutama Kota Medan mampu terus menjaga dan memelihara kerukunan hidup beragama, baik sesama Muslim maupun dengan umat lainnya. Kemudian, Gubsu menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada amsyarakat Kota Medan dan para alim ulama yang ikut serta mendukung pembangunan dan terus menjaga kekondusifan di Sumut, khususnya Kota Medan.

Selanjutnya, Gubsu menyampaikan apresiasi atas digelarnya Safari Ramadhan ini. Dikatakannya, Safari Ramadhan ciri khas  di Indonesia, sebab kegiatan seperti ini tidak ditemukan di negara lain. "Safari Ramadhan, termasuk halal bi halal tidak dikenal di negara mayoritas Muslim lainnya. Oleh karenanya Safari Ramadhan menjadi kearifan dan keunikan masyarakat yang harus tetap dijaga dan dilestarikan," jelasnya.

Safari Ramadhan ini dirangkaikan dengan pemberian bantuan sebesar Rp.40 juta untuk BKM Masjid As Sa'adah, termasuk paket Ramadhan. Sedangkan Gubsu menyerahkan bantuan satu unit peralatan sound system serta santunan kepada anak yatim paitu yang bermukim di lingkungan tersebut.

Selain pemberian bantuan, Safari Ramadhan ini juga diisi dengan tausiah singkat oleh Ketua MUI Kota Medan, Prof DR M Hatta. Dikatakannya, banyak ibadah yang dapat dilakukan selama bulan Ramadhan guna mendapatkan pahala, seperti membangun hubungan baik dengan Allah SWT maupun kepada manusia lainnya. Setelah itu dilanjutkan dengan buka puasa, Shalat Magrib serta makan malam bersama. (H|TAp)
  BeritaTerkait
  • Bupati Tapsel Safari Ramadhan di Ponpes Sijungkang

    6 bulan lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Hari kelima safari Ramadhan Pemkab  Tapanuli Selatan dilaksanakan di mesjid Jabalul Madaniyah Pondok Pesantren Sijungkang Kecamatan Angkola Timur, Kamis (8/6/2017)Bupati T

  • Bupati Tapsel Minta Pejabat Pahami Daerah Tugas

    6 bulan lalu

    Tapsel (Pelita Batak) : Para Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan diminta untuk tidak hanya bekerja dibelakang meja saja tetapi mampu menguasai teritorial atau wilayah kerjanya.

  • Medan Juara Umum Festival Nasyid

    12 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Kota Medan berhasil keluar sebagai juara umum Festival Seni Nasyid ke - XX Tingkat Provinsi Sumatera tahun 2016 yang berlangsung selama sepekan ini di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (6/12) malam.

  • Tengku Erry: Jaga Madina, Bumi Sejuta Santri

    6 bulan lalu

    Mandailing Natal (Pelita Batak) : Memasuki hari ke-20 Ramadhan, rombongan tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi dipimpin Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi Gubsu Erry Nuradi sin

  • Wali Kota Hadiri Rukyatul Hilal Untuk Tetapkan 1 Ramadhan 1438 H

    7 bulan lalu

    Medan (Pelita Batak) :Pemko Medan menggelar rukyatul hilal (pemantauan hilal) di Gedung Observatorium Ilmu Falak (OIF) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Jalan Denai, Kelurahan Tegal Sari

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Pelita Batak Online